20 Mar 2023 | Edukatips

Manfaat Mencatat Pengeluaran yang Perlu Kamu Ketahui

Sebagian orang kerap menganggap bahwa mencatat pengeluaran adalah kegiatan yang remeh dan sulit dilakukan secara konsisten. Padahal, manfaat mencatat pengeluaran sangat banyak, loh. Salah satunya untuk bisa lebih bijak dalam mengelola keuangan. Selain itu, pencatatan pengeluaran juga bermanfaat untuk aset dan kekayaan. Untuk mengetahui apa saja manfaat mencatat pengeluaran, simak ulasannya di bawah ini ya!

Manfaat Mencatat Pengeluaran

Setidaknya ada lima manfaat mencatat pengeluaran yang bisa didapatkan.

1. Tahu pengeluaran dipakai untuk apa saja

Kenapa harus mencatat pengeluaran? Salah satunya untuk mengetahui pengeluaran dipakai untuk apa saja. Misalnya apakah pengeluaran itu untuk membeli keperluan bulanan, perawatan kecantikan, atau hiburan. 

Dengan mengetahui ke mana uang dikeluarkan sehari-hari, seseorang jadi bisa lebih memahami apakah alokasi biaya atau budget sudah tepat. Jika alokasi biaya belum tepat atau ada kendala, penyesuaian bisa dilakukan sesegera mungkin. Dengan begitu, uang pun bisa dikeluarkan dengan lebih bijak. 

2. Tahu besaran rata-rata pengeluaran harian, mingguan, bulanan

Sering mencatat pengeluaran juga bermanfaat dalam mengetahui besaran rata-rata pengeluaran harian, mingguan, dan bulanan. Dengan begitu, jika pengeluaran lebih dari normal, tentu saja akan mudah mengevaluasinya. Pada akhirnya, uang akan digunakan untuk hal-hal yang memang dibutuhkan saja dan bahkan bisa dialokasikan untuk menabung atau investasi.

3. Tahu pengeluaran yang penting dan tidak penting

Catatan pengeluaran harian juga bermanfaat untuk mengidentifikasi pengeluaran yang penting dan tidak penting. Misalnya, berdasarkan catatan pengeluaran, ternyata selama ini sering berbelanja dengan tidak efektif karena menghabiskan untuk membeli barang-barang yang kurang penting atau bermanfaat. Selain itu, catatan pengeluaran juga bisa mengidentifikasi kebutuhan mendadak yang ternyata tidak sedikit jumlahnya. Pada akhirnya, hal ini bisa membantu dalam memutuskan untuk menyisihkan anggaran dana darurat dan mengurangi belanja yang tidak penting.

4. Mempermudah dalam merencanakan keuangan

Bagaimana cara mencatat pengeluaran? Ada banyak langkah-langkahnya. Namun, perlu diketahui bahwa manfaat mencatat pengeluaran yang paling penting adalah bisa mempermudah dalam merencanakan keuangan. Selain itu, membiasakan diri mencatat pengeluaran juga bisa membuat seseorang terbiasa dengan budgeting. Artinya, ketika pengeluaran harian sudah biasa diatasi dengan baik, tidak akan merasa berat membuat perencanaan keuangan dalam jangka panjang. Dengan bekal ini, seseorang jadi lebih percaya diri untuk segera mencapai target finansial jangka panjang yang dimiliki.

5. Mengetahui limit transaksi yang diperlukan

Dengan mengetahui rata-rata pengeluaran dan untuk apa saja uang tersebut digunakan. Maka, bisa membantu dalam mengatur limit transaksi per hari yang bisa dilakukan. Salah satunya mengatur limit transaksi Debit BCA melalui myBCA. Kamu bisa mengatur limit tarikan tunai, transfer ke sesama rekening BCA ataupun antar bank, dan transaksi debit dengan lebih mudah, sehingga pengeluaranpun jadi lebih terkontrol. Cek caranya di sini ya.

Setelah mengetahui berbagai manfaat dalam mencatat pengeluaran di atas, yuk mulai catat pengeluaranmu secara rutin!