09 Feb 2023 | Edukatips

Cara Pinjam Uang di Bank dan Hal yang Harus Diperhatikan

Meminjam uang di bank masih dilakukan oleh sebagian besar orang untuk mencukupi berbagai kebutuhan. Namun, ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum meminjam uang di bank.

Sejumlah faktor ini bisa berpengaruh pada banyak aspek dalam proses peminjaman uang. Ada hal yang bisa membuat nasabah bisa mendapatkan pinjaman dana sesuai dengan yang dibutuhkan. Di samping itu, nasabah pun bisa mengembalikan dana yang dipinjam tanpa kendala berarti.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Meminjam Uang di Bank

Meminjam uang di bank tentunya ditentukan oleh dua faktor, nasabah yang meminjam dan bank pemberi pinjaman. Semua faktor ini harus saling mendukung untuk kelancaran aliran dananya. Berikut hal penting yang perlu diperhatikan jika ingin meminjam uang dari bank:

1. Tahu kebutuhan

Sebelum memutuskan untuk meminjam dana dari bank, nasabah perlu tahu dulu uang tersebut akan digunakan untuk apa. Banyak orang yang memanfaatkan dana tersebut untuk modal usaha, renovasi rumah, atau kebutuhan lainnya. 

2. Menentukan jumlah pinjaman

Jumlah pinjaman dari bank juga harus sesuai dengan kebutuhan. Pinjaman yang lebih kecil tidak akan mencukupi kebutuhan. Hal ini akan membuka peluang untuk mencari pinjaman di tempat lain. 

Di sisi lain, pinjaman yang berlebihan juga tidak baik untuk finansial pribadi. Hal ini bisa membuka kecenderungan pemborosan karena hal-hal yang bersifat konsumtif. Selain itu, pengembalian dananya pun menjadi lebih berat.

3. Cara pengembalian dana

Mengembalikan dana pinjaman kepada bank merupakan kewajiban dari nasabah. Hal ini juga perlu masuk ke dalam pertimbangan besar sebelum meminjam uang di bank. Nasabah harus bisa memastikan memiliki kemampuan untuk mengembalikan dana setelah meminjam.

Karena itu, cobalah mengatur keuangan pribadi terlebih dulu. Sisihkan anggaran yang digunakan untuk mengembalikan dana pinjaman setiap bulannya.

4. Syarat mengajukan pinjaman

Pihak bank akan mengajukan sejumlah syarat yang wajib dipenuhi oleh nasabah yang ingin meminjam. Syarat yang dibutuhkan biasanya berupa aplikasi pengajuan, KTP, NPWP, keterangan penghasilan, dan beberapa dokumen penunjang lainnya.

Pastikan sudah mengumpulkan semuanya sebelum datang ke bank. Dengan begitu, proses pengajuan pinjaman pun akan lebih cepat dan mudah.

5. Mencari informasi tentang pinjaman

Jangan lupa untuk menanyakan semua proses yang harus dijalani saat melakukan pinjaman. Cari tahu tentang tenor, proses pencairan, tanggal jatuh tempo, serta metode pengembalian dananya. Selain itu, tanyakan tentang bunga dan biaya tambahan yang ditetapkan oleh bank kepada pihak peminjam. Informasi ini bisa didapatkan di website resmi atau dengan bertanya ke customer service. 

Itu dia sejumlah aspek penting saat ingin meminjam uang di bank. Temukan juga produk Pinjaman Personal dari BCA yang menawarkan pinjaman tanpa agunan hingga Rp100 juta. Bunga yang ditetapkan pun relatif ringan mulai dari 1% per bulan dengan tenor hingga 36 bulan. Ajukan pinjaman sekarang dengan datang ke kantor cabang BCA terdekat atau menghubungi Halo BCA.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Personal Loan BCA, bisa klik tombol di bawah ini: