16 Des 2022 | Edukatips

Tips Mengatur Keuangan Saat Liburan ke Luar Negeri

Liburan ke luar negeri tentu jadi waktu yang tepat untuk bersenang-senang dan berbelanja oleh-oleh. Sayangnya, asyiknya momen liburan membuka peluang untuk melakukan pemborosan. Karena itu, para traveler harus pandai mengatur keuangan selama berada di destinasi liburan.

Akomodasi makan dan tempat tinggal selama di luar negeri perlu dipertimbangkan. Dua faktor inilah yang biasanya membutuhkan alokasi budget yang cukup besar. Cobalah untuk menghitung alokasi budget dengan lebih teliti dan detail. Dengan begitu, kesehatan keuangan akan tetap sehat setelah kembali dari liburan nanti.

Tips Mengatur Keuangan Saat Liburan ke Luar Negeri

Pada dasarnya, mengatur keuangan dalam momen apa pun tidak jauh berbeda. Pastikan selalu mengedepankan kebutuhan di atas keinginan. Berikut cara mudah untuk mengatur keuangan selama liburan ke luar negeri.

1. Membuat anggaran belanja harian

Anggaran belanja mencegah pemborosan sekaligus menjaga pengeluaran berlebihan. Anggaran ini baiknya dibuat sebelum berangkat ke destinasi liburan. Seletah anggaran dibuat, diperlukan kedisiplinan untuk mengikuti anggaran. Pastikan juga merencanakan anggaran sesuai dengan kondisi keuangan yang dimiliki.

2. Tidak berlebihan menukar uang tunai

Disarankan untuk tetap membawa uang tunai untuk memenuhi keperluan selama di negara tujuan. Namun, pastikan jumlah penukaran uang yang dilakukan tidak terlalu sedikit atau malah terlalu banyak. Apabila ternyata uang tunai yang dibutuhkan kurang, maka bisa melakukan penarikan uang tunai di luar negeri melalui ATM untuk mendapatkan mata uang negara tersebut. Caranya dengan menggunakan Kartu Debit BCA Mastercard atau Kartu Kredit BCA berlogo Mastercard atau Visa. Untuk cara lengkapnya bisa cek di sini.

3. Mencatat pengeluaran harian

Pencatatan keuangan harian juga penting, baik untuk liburan singkat maupun jangka panjang. Catatan ini juga sebagai pengingat saat pengeluaran pada satu hari sudah hampir melebihi budget yang dianggarkan. Catatan keuangan selama liburan juga bisa jadi informasi jika ada kelebihan uang. Siapa tahu kelebihannya bisa digunakan untuk keperluan lain, seperti membeli cinderamata khas di negara tersebut.

4. Catat pembelian oleh-oleh

Oleh-oleh kadang menjadi kewajiban saat liburan ke luar negeri. Namun, bukan berarti oleh-oleh membuat budget liburan jadi membengkak. Untuk itu, catat siapa saja yang mau dibelikan oleh-oleh sekaligus budget untuk membelinya. Selain itu, cari tau terlebih dahulu tempat untuk membeli oleh-oleh dengan harga terjangkau.

5. Manfaatkan kartu kredit

Pemegang kartu kredit bisa mengubah transaksi menjadi cicilan sehingga pembayaran menjadi lebih ringan karena dilakukan secara bertahap. Selain itu, ada juga merchant yang memberikan penawaran cicilan dengan bunga 0% atau promo spesial dengan transaksi kartu kredit. Untuk informasi mengenai Kartu Kredit BCA, bisa dilihat di sini.

Itulah tips mengatur keuangan saat berlibur ke luar negeri. Semoga pengeluaran untuk liburan bisa lebih terkontrol dengan tips-tips di atas ya!