19 Sep 2022 | Edukatips

5 Tips Menjalani Aktivitas Sehari-Hari Selama Pandemi

Seiring berjalannya waktu, masyarakat mulai kembali melakukan aktivitas di luar ruang dan hidup berdampingan dengan pandemi. Mobilisasi masyarakat makin tinggi sehingga membuat sejumlah tempat umum sudah mulai dipadati pengunjung. Biarpun begitu, ada baiknya tetap menjalankan protokol ketat saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Tetap pakai masker dan mencuci tangan secara rutin setelah memegang apa pun. Selain itu, cari juga aktivitas bermanfaat dan menyehatkan.

Simak sejumlah tips melakukan kegiatan sehari-hari di luar ruang selama masa pandemi:

1. Hindari tempat yang terlalu padat

Sejumlah tempat umum sudah sangat dipadati oleh para pengunjung, seperti mal, kafe, dan tempat rekreasi lainnya. Pilihlah tempat yang tidak terlalu ramai pengunjung demi kenyamanan.

Tidak ada salahnya juga mengundang teman dekat atau keluarga untuk makan bersama di rumah. Langkah ini terbilang lebih nyaman dan santai bahkan tidak diburu oleh waktu. Menu makanannya pun bisa lebih banyak pilihan, bisa masak sendiri atau memesannya secara online.

2. Selalu membawa perlengkapan pribadi

Pandemi sudah membiasakan untuk lebih peduli terhadap diri sendiri. Hal sederhana yang bisa dipraktikkan adalah membawa peralatan sendiri saat bepergian. Peralatan tersebut terdiri dari alat makan, botol minum, alat kebersihan, hingga perlengkapan ibadah.

Langkah ini akan meminimalkan penggunaan peralatan bersamaan, terlebih saat berada di tempat umum. Tidak ada yang tahu tingkat kebersihan dari perlengkapan yang disediakan, khususnya untuk alat makan.

3. Taat prokes saat melakukan perjalanan jauh

Sudah banyak juga masyarakat yang memilih berlibur ke luar kota atau negeri. Sejumlah transportasi umum pun sudah tidak lagi mewajibkan memberikan hasil tes PCR atau antigen. Syarat perjalanan dengan transportasi umum hanya sudah melakukan vaksin sebanyak tiga kali.

Namun, kemudahan ini jangan langsung membuat protokol kesehatan menurun. Sangat disarankan untuk tidak melakukan perjalanan jauh pada waktu yang sangat ramai. Tetap kenakan masker selama perjalanan dan hanya melepasnya saat makan atau minum.

Bawalah juga lebih dari satu masker sebagai cadangan untuk mengganti masker yang sudah terlalu lama dipakai. Jangan lupa simpan di tempat yang bersih dan higienis.

4. Selalu membersihkan diri saat tiba di rumah

Mandi dan mengganti pakaian sangat disarankan setelah bepergian dari tempat umum. Cara ini pun dapat mencegah penyebaran virus dari pakaian yang dikenakan. Lalu, pastikan untuk mandi dengan sabun pembersih yang tepat.

Tidak memegang benda apa pun di dalam rumah sebelum membersihkan diri juga jadi hal yang disarankan. Jangan lupa untuk membersihkan pakaian yang sudah dikenakan dari tempat umum.

5. Selalu pakai transaksi online

Dengan sudah tingginya mobilitas, transaksi belanja secara langsung di warung, minimarket, dan merchantoffline pun makin tinggi. Bisa dibilang, berbelanja secara offline ini lebih mudah karena bisa memilih barangnya secara langsung. Namun, tetap disarankan menyelesaikan transaksinya dengan menggunakan pembayaran secara online untuk mengurangi penyebaran virus.

Sejumlah minimarket sudah menyediakan pembayaran melalui scan QR. Langkah ini meminimalkan pembayaran melalui uang fisik. Di samping itu, pembayaran secara digital juga mempermudah karena nominal transaksi bisa dimasukkan secara tepat. Jadi, penjual pun tidak perlu repot mencari uang kembalian.

Manfaatkan aplikasi BCA mobile memudahkan kamu bertransaksi secara online. Coba juga Fitur Lifestyle di BCA mobile yang menyediakan berbagai layanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mulai dari belanja harian, booking tiket pesawat, kereta, voucher streaming, tiket bioskop dan banyak lagi.

Share informasi bermanfaat ini ke temanmu ya, GoodFriends!