27 Jul 2022 | Edukatips

Begini Contoh Tabel Perencanaan Keuangan Keluarga

Untuk menyukseskan perencanaan keuangan keluarga, kamu perlu menyusun dan memperinci keuangan keluarga setiap periodenya. Ada banyak contoh tabel perencanaan keuangan keluarga yang bisa dipelajari.

Baik keluarga yang telah memiliki banyak anak, atau baru memiliki satu sampai dua anak, maupun para pasangan yang baru saja menikah dan membangun keluarga penting untuk mengetahui dan mempelajari tabel perencanaan keuangan keluarga.

Dengan begitu, anggota keluarga mampu mengontrol keuangan dengan baik melalui perencanaan keuangan yang matang.

Tabel Penghasilan Keuangan Keluarga

Hal pertama yang harus disusun adalah tabel penghasilan keuangan keluarga rutin per periode. Biasanya tabel perencanaan keuangan akan berlaku selama satu bulan. Jadi, kamu bisa mulai dengan menyusun sumber penghasilan keuangan selama satu bulan.

Tabel di bawah ini adalah contoh tabel perencanaan keuangan keluarga dengan dua anak yang bersekolah, suami dan istri yang bekerja, serta adanya penghasilan lain seperti join bisnis bersama teman.

Sumber Penghasilan

 

Nominal

 

Gaji Suami

Rp10 juta

Gaji Istri

Rp7 juta

Bisnis Bersama

Rp5 juta

Total Penghasilan

Rp22 juta

Tabel Pengeluaran Keuangan Keluarga

Selanjutnya, kamu bisa menyusun perencanaan pengeluaran keluarga selama satu bulan. Berikut ini contoh tabel pengeluaran keuangan keluarga dari kasus yang sama seperti tabel sebelumnya.

Kebutuhan atau Pengeluaran

 

Nominal

 

Cicilan Rumah

Rp3 juta

Cicilan Kendaraan

Rp2,5 juta

Biaya Anak Sekolah (2 Anak)

Rp1,5 juta

Belanja untuk Dapur

Rp1 juta

Belanja Kebutuhan Rumah Tangga

Rp600 ribu

Iuran RT (Iuran Keamanan dan Sampah)

Rp100 ribu

Tagihan Listrik

Rp700 ribu

Tagihan Air

Rp440 ribu

Pulsa Telepon

Rp400 ribu

Transportasi

Rp400 ribu

Uang Jajan Anak (2 Anak)

Rp560 ribu

Lifestyle Keluarga

Rp2 juta

Lifestyle Suami

Rp1 juta

Lifestyle Istri

Rp1 juta

Dana Darurat

Rp1 juta

Total Pengeluaran

Rp16,2 juta

Perlu untuk merencanakan biaya lifestyle atau biaya hiburan untuk keluarga agar bisa memperkirakan seberapa besar dana yang dibutuhkan. Biasanya biaya lifestyle suami atau istri merupakan biaya untuk memenuhi berbagai keinginan atau hobi dari suami atau istri secara individu.

Sementara itu, biaya lifestyle keluarga meliputi kegiatan bersama dengan keluarga seperti makan di restoran bersama, menonton bioskop, melakukan rekreasi dan aktivitas fisik di luar ruangan, hingga liburan.

Simulasi Keuangan Rumah Tangga

Setelah seluruh penghasilan dan pengeluaran tercatat dengan detail, maka kamu akan mengetahui berapa sisa penghasilan setiap bulannya.

Total Penghasilan

Rp22 juta

Total Pengeluaran

Rp16,2 juta

Sisa Penghasilan

Rp5,8 juta

Setelah mengetahui sisa penghasilan setiap bulannya, kamu bisa mengalokasikannya dalam bentuk tabungan, investasi, ataupun asuransi untuk melindungi keluarga. Mengalokasikan sisa dana bulanan tersebut juga bisa bermanfaat dalam jangka panjang.

Untuk membantu mempermudah pemenuhan kebutuhan keluarga, BCA memiliki Fitur Lifestyle di aplikasi BCA mobile, di mana kamu bisa melakukan transaksi seperti transaksi belanja harian, tiket bioskop, tiket pesawat dan kereta api, memesan hotel, tiket rekreasi dan atraksi, membeli tiket event tertentu hingga membeli voucher game, streaming, dan shopping voucher. 

Seluruh pengeluaran lifestyle sehari-hari bisa kamu lakukan di Fitur Lifestyle. Tak perlu khawatir biaya lifestyle akan membludak karena seluruh pengeluaran melalui Fitur Lifestyle akan lebih tercatat dan mudah diakses.