26 Jul 2022 | Edukatips

Daftar Persiapan Pernikahan yang Tidak Boleh Terlewat

Menikah merupakan momen yang sakral sekali seumur hidup. Setiap orang memiliki impian pernikahannya masing-masing. Ini sebabnya, persiapan pernikahan penting untuk dilakukan beberapa bulan sebelum pernikahan. 

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan dari mulai waktu, biaya dan berbagai hal penting lainnya. Berikut sejumlah daftar persiapan pernikahan yang penting untuk dilakukan menjelang acara pernikahan:

1. Tanggal, waktu dan venue pernikahan

Awalnya, kedua calon mempelai bersama keluarga akan menentukan tanggal, waktu dan venue pernikahan yang tepat. Persiapan pernikahan ini sangat krusial dan berpengaruh pada faktor lainnya, jadi harus dipikirkan jauh-jauh hari supaya resepsi pernikahan menjadi semakin personal dan bermakna. Tentukan kapan dan di mana resepsi akan dilakukan, selanjutnya kamu bisa menentukan daftar tamu dan siapa saja yang akan diundang pada acara pernikahan. Selain itu, siapkan juga souvenir menarik dan berkesan tapi sesuai dengan budget pernikahan. 

2. Konsep, Dekorasi dan Hiburan

Konsep dan dekorasi pernikahan juga tak kalah penting untuk mendukung suasana. Konsep akan membantu menemukan dekorasi yang tepat. Beberapa konsep pernikahan yang umum dipilih, seperti adat, elegan atau sederhana.

Tak hanya itu, hiburan juga penting untuk membangun suasana meriah di pesta pernikahan. Salah satu hiburan yang populer adalah organ tunggal atau band akustik. Sesuaikan dengan budget dan konsep yang sesuai dengan pesta pernikahan.

3. Catering

Salah satu hal terpenting dalam resepsi pernikahan adalah makanan. Supaya memilih catering yang tepat dengan rasa yang enak dan harga yang sesuai dengan budget, lakukan survei harga dan rasa terlebih dahulu tentunya. 

Jangan lupa pilih menu yang seimbang dari mulai ada sayur, sup, daging sampai dengan dessert. Harga katering ini umumnya bergantung pada menu yang dipilih dan seberapa banyak jumlah tamu undang.

4. Make-up Artist

Siapa yang tidak ingin tampil memukau di acara paling penting dalam hidupnya? Semua orang pasti ingin tampil menawan di hari pernikahan. Ini sebabnya penting untuk memilih make up artist (MUA) terbaik.

5. Tabungan untuk menikah

Paling penting adalah menyiapkan tabungan pernikahan dengan pasangan. Setelah perencanaan dan mengetahui perkiraan budget yang dikeluarkan, kamu bisa menentukan target tabungan yang harus dikumpulkan. 

Supaya mudah mencapai target tabungan menikah, kamu bisa pakai Tahapan Berjangka dari BCA. Sistem tabungan ini akan melakukan penarikan otomatis dari rekening tabungan utama di setiap tanggal yang sama setiap bulannya sesuai keinginan.

Kalau sudah menentukan jumlah menabung dan jangka waktu yang diinginkan, kamu tidak bisa melakukan penarikan sebelum jatuh tempo yang sudah ditentukan di awal. Sehingga, kamu dan pasangan akan lebih disiplin dan berkomitmen untuk menabung rutin setiap bulan agar tujuan keuangan untuk persiapan pernikahan bisa tercapai.

Segera buka Tahapan Berjangka BCA untuk mulai menyiapkan budget rencana pernikahan. Pastikan juga untuk melakukan perencanaan secara teratur agar acara bisa dilakukan dengan lancar ya.