03 Jun 2022 | Edukatips

Cara Agar Pinjaman Modal Usaha Cepat Cair

Membuka usaha mungkin merupakan mimpi dari banyak orang. Namun, terkadang modal usaha sering kali menjadi hambatan untuk mewujudkan mimpi tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, pinjaman modal usaha bisa menjadi solusi untuk memodali usaha yang ingin dibuat. Salah satunya melalui produk Kredit Multiguna Usaha (KMU) dari BCA.

Namun sebelum mengajukan KMU BCA, pastikan untuk mempersiapkan hal-hal berikut:

1. Siapkan model bisnis dan proyeksi keuangan

Kelayakan dalam model bisnis menjadi salah satu pertimbangan dalam menyetujui pinjaman. Oleh karena itu, diperlukan model bisnis yang kuat serta proyeksi keuangan yang jelas untuk model bisnis tersebut.

2. Tentukan jumlah pinjaman dan tenor

Ketahui jumlah pinjaman uang dibutuhkan berdasarkan model bisnis yang sudah dibuat. Besaran pinjaman baiknya disesuaikan dengan kemampuan dalam membayar cicilan sehingga tidak memberatkan. Setelah itu, tentukan tenor yang pas dan sesuai dengan kebutuhan.

3. Lengkapi persyaratan

Lengkapi dokumen yang diperlukan seperti KTP, NPWP, Kartu Keluarga, Akte Nikah/Cerai, dan rekening koran sebagai persyaratan dalam pengajuan Kredit Multiguna Usaha (KMU) BCA.

4. Gunakan jaminan aset

Siapkan jaminan aset untuk meningkatkan kredibilitas saat mengajukan pinjaman. Untuk pengajuan jaminan aset, ada kelengkapan dokumen yang harus disertakan. Jika jaminan aset berupa tanah atau properti, dokumen yang diperlukan antara lain fotokopi sertifikat, fotokopi IMB, dan fotokopi bukti bayar PBB. Sedangkan untuk deposito, dokumen kelengkapan bisa berupa fotokopi bilyet giro.

5. Skor kredit baik

Skor kredit menjadi pertimbangan pihak bank dalam menyetujui pinjaman yang diajukan. Skor kredit ditentukan dari riwayat kredit yang dimiliki dan bisa dicek melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). Bila skor kredit baik, maka kemungkinan pengajuan pinjaman diterima semakin tinggi. Sebaliknya, jika skor kredit tidak baik, maka kemungkinan pengajuan pinjaman diterima semakin rendah. Usahakan selalu menjaga skor kredit dengan membayar cicilan yang dimiliki secara tepat waktu.

Setelah mempersiapkan hal-hal yang di atas, Kredit Multiguna Usaha (KMU) BCA dapat diajukan secara online di sini. Untuk informasi lebih lanjut terkait Kredit Multiguna Usaha (KMU) BCA, bisa klik tombol di bawah ini: