26 Apr 2022 | Edukatips

Cara Mengalokasikan Uang THR dengan Bijak

Menjelang lebaran atau hari raya Idulfitri, perusahaan akan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) sebagai hak dari masing-masing karyawan. Tidak sedikit yang menggunakan uang THR untuk berbelanja baik untuk diri sendiri maupun keluarga menjelang hari raya lebaran.

Namun, tidak sedikit pula yang menggunakan uang tersebut untuk menabung bahkan berinvestasi. Setiap orang memang memiliki pilihan yang berbeda dalam menggunakan THR.

THR yang diterima dapat langsung habis tidak tersisa untuk sesuatu yang kurang bermanfaat jika tidak dikelola dengan baik. Karena itulah, penting untuk dapat merencanakan penggunaan uang THR agar tidak terbuang sia-sia.

Cara Mengalokasikan Uang THR dengan Bijak

Menggunakan uang dengan tepat dan bijak artinya memaksimalkan yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan. Menjalani gaya hidup hemat serta menerapkan cara yang tepat untuk menghemat THR dengan penggunaan uang yang baik.

Dengan berbagai kebutuhan baik secara personal dan profesional, kamu harus belajar mengalokasikan kebutuhan dengan baik. Berikut beberapa tips mengelola THR dengan bijak.

1. Bayar Kewajiban

Pergunakan uang tersebut untuk membayar kewajiban terlebih dahulu. Sebagai umat muslim, membayar zakat merupakan hal wajib yang harus dijalankan. Besaran zakat yang perlu dikeluarkan tiap individu yakni setara dengan 2,5 kilogram beras atau makanan pokok lainnya seperti jagung dan sagu. 

Selain menerima THR dari tempat bekerja, kamu juga perlu memberikan THR kepada orang yang bekerja denganmu. Hal ini biasanya diberikan untuk sopir, asisten rumah tangga, atau tukang kebun jika memang ada. 

Selain itu, kewajiban lain yang perlu dibayarkan adalah hutang. Uang THR bisa membantu untuk melunasi hutang tersebut. Jika hutang dilunasi, beban keuangan pun dapat berkurang. 

Pengalokasian THR untuk keperluan ini sekitar 30 persen dari uang yang diterima. Namun, besaran tersebut dapat berbeda tergantung dengan kondisi setiap orang. 

2. Jangan lupa menabung

Pengalokasian uang THR selanjutnya adalah gunakan untuk menabung. Jika selama ini sumber tabungan berasal dari gaji, THR dapat menjadi tambahan tabungan kamu. Tabungan bisa menjadi salah satu alokasi dana darurat, persiapan dana pensiun, atau persiapan biaya liburan. Sebaiknya kamu memiliki tabungan untuk persiapan saat ada kebutuhan mendesak atau di luar pengeluaran wajib bulanan. Kamu bisa mengalokasikan THR sebesar 20 persen untuk keperluan yang satu ini. THR baiknya juga disisihkan untuk investasi yang bermanfaat bagi keuangan di masa mendatang.

3. Pengeluaran tambahan

Tidak bisa dipungkiri, saat lebaran tiba memang perlu bersiap dengan pengeluaran tambahan, salah satunya mudik. Apalagi, mudik juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, sebaiknya biaya mudik bukan berasal dari THR agar tidak langsung habis untuk satu keperluan. 

Selain itu, pengeluaran tambahan lain adalah untuk membeli makanan lebaran dan pakaian baru. Namun, tentu pengeluaran tersebut perlu diatur sehingga tidak menggunakannya secara berlebih. 

Apalagi pada momen lebaran nanti sudah menjadi tradisi untuk memberikan salam tempel pada sanak keluarga. Pastikan kamu juga mengatur pembagian uang sesuai dengan budget, ya. Supaya tradisi salam tempel atau bagi bagi THR lebih praktis dan seru, kamu bisa menggunakan Fitur BagiBagi di BCA mobile.

Dengan Fitur BagiBagi, pengirim uang bisa menyesuaikan nominal yang dikirimkan dan memilih mode fixed agar penerima mendapatkan jumlah sama rata dengan penerima lain atau mode random agar penerima menerima jumlah yang berbeda-beda.

Serunya lagi, dengan menggunakan Fitur BagiBagi di BCA mobile bisa pakai kartu ucapan yang menarik. Nantinya, pengirim tinggal mengirimkan link BagiBagi melalui platform chatting, lalu penerima harus klik link tersebut untuk menerima BagiBagi. 

Kamu tidak perlu lagi mengirim ke nomor rekening satu-satu, karena dengan BagiBagi 1 (satu) link bisa dikirim sekaligus ke dalam group chatting. Pastikan orang-orang yang akan menerima uang tersebut memiliki aplikasi Sakuku, ya.

Simpel dan menarik, bukan? Yuk cobain serunya BagiBagi THR di BCA mobile.

Cek informasi lengkapnya di sini.