21 Apr 2022 | Edukatips

Tips Belanja Persiapan Menu Buka Puasa yang Sehat dan Praktis

Memilih menu buka puasa sebaiknya bukan hanya mementingkan rasa tapi juga nutrisi pada makanan. Mengonsumsi makanan sehat dapat membantu menjaga daya tahan tubuh dan stamina sehingga badan lebih kuat selama menjalankan ibadah puasa.

Penting untuk mengalokasikan anggaran belanja agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik. Untuk kebutuhan sehari-hari, kamu bisa Belanja Harian dengan mudah dan Praktis melalui Fitur Lifestyle di BCA mobile. Berbagai kebutuhan makanan sehat dari mulai beras, sayuran, atau kurma dan buah-buahan lain yang pas untuk berbuka.

Nah, setelah menyiapkan bahan baku dengan belanja bulanan, kamu juga bisa mulai mengatur menu buka puasa. Untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga, pastikan juga untuk tetap mengadaptasi kebiasaan hidup sehat dengan menu buka puasa berikut ini.

Tips Memilih Menu Buka Puasa yang Menyehatkan

1. Awali kurma sebagai menu berbuka

Kurma memang identik menjadi makanan berbuka puasa. Bukan hanya memiliki rasa yang manis, buah yang satu ini juga diperkaya dengan sejumlah nutrisi penting termasuk, serat, protein, kalsium, zat besi, tembaga, mangan, hingga vitamin B6. 

Bukan hanya itu, kurma juga memiliki kandungan gula alami yang dapat membantu mengembalikan kadar gula tubuh selama berpuasa. 

2. Sayuran hijau

Kamu juga bisa mengonsumsi sayuran hijau yang baik untuk pencernaan selama berpuasa. Sayuran memiliki vitamin, serat dan mineral yang tinggi namun rendah kalori. Kandungan serat pada sayuran hijau juga membantu tubuh merasa lebih cepat kenyang. 

Beberapa kreasi berbahan sayuran hijau adalah sup, capcay, oseng kailan dan berbagai makanan lainnya. Meski menyimpan stok bahan makanan yang dibeli di awal bulan, kreasi menunya juga masih bisa bermacam-macam. 

3. Pilih karbohidrat yang baik 

Karbohidrat kompleks sangat penting untuk tubuh, terutama saat menjalankan ibadah puasa. Karbohidrat berperan sebagai sumber energi yang baik. Beberapa makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks adalah nasi merah, roti gandum, kentang, dan pasta. 

4. Protein tanpa lemak

Tips memilih menu buka puasa selanjutnya adalah pilih makanan dengan kandungan protein tanpa lemak. Mengonsumsi protein berkualitas tinggi mengandung asam amino esensial yang berguna untuk membangun serta mempertahankan massa otot. 

Contohnya susu rendah lemak, telur, ikan, daging sapi, daging unggas, kacang-kacangan, dan polong-polongan. Jika ingin mencari sumber protein segar, kamu juga bisa beli makanan seminggu sekali.

5. Hindari makanan tinggi lemak, gula, dan garam

Selanjutnya adalah hindari menu makanan dengan kandungan tinggi lemak, gula dan garam. Asupan gula, garam dan makanan tinggi lemak perlu dibatasi selama berbuka. 

Mengonsumsi gula berlebih dapat menyebabkan diabetes dan kegemukan.. Begitu juga dengan mengonsumsi makanan tinggi lemak karena dapat menyebabkan kenaikan berat badan berlebih, meningkatkan risiko hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung. 

Guna mengurangi gula dan garam berlebih dalam masakan, kamu bisa menggunakan rempah sebagai pengganti. Alih-alih makan dan minum minuman manis dengan tambahan gula, ada baiknya mengganti berbagai makanan dan minuman tersebut dengan gula alami atau madu.

Itulah sejumlah tips menu berbuka puasa yang menyehatkan. Berbagai bahan makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan segar bisa kamu dapatkan dengan Belanja Harian melalui Fitur Lifestyle di BCA mobile. 

Selain kebutuhan pokok, kamu juga bisa memenuhi berbagai kebutuhan seperti pakaian, peralatan rumah tangga, produk perawatan diri, kebutuhan anak, dan banyak lagi. Di bulan ramadan ini kebutuhan yang meningkat bisa terpenuhi meskipun hanya di rumah. Belanja Harian dengan Fitur Lifestyle di BCA mobile hanya dengan satu aplikasi biar #LahirBatinReady.

Informasi lengkapnya cek di sini.