21 Mar 2022 | Edukatips

Tips Melakukan Modifikasi Motor untuk Kendaraan Baru

Modifikasi motor merupakan salah satu hobi yang sangat digandrungi oleh banyak kalangan. Aktivitas ini membuat tampilan motor menjadi lebih unik dan menarik. Tidak jarang tampilan setelah dimodifikasi pun menjadi benar-benar baru.

Bukan hanya itu, modifikasi juga bisa meningkatkan performa berkendara. Semua jenis motor bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhannya. Namun, tetap batasi modifikasi supaya tidak melakukannya secara berlebihan.

Lakukan modifikasi pada bagian yang benar-benar butuh diubah atau ditambahkan, terlebih itu adalah motor baru. Simak tips modifikasi motor baru yang bisa dicoba.

1. Mengganti velg

Velg merupakan bagian dari motor yang paling mudah untuk diganti. Part dari roda ini pun bisa membantu mengubah tampilan motor menjadi seperti yang diinginkan. ada dua jenis tipe velg yang bisa dipilih, yaitu velg jari-jari dan palang.

Tipe velg jari-jari membuat tampilan motor jauh lebih klasik dan elegan. Jenis velg inipun biasa memang disematkan dalam berbagai motor klasik. Sebut saja tipe café racer dan scrambler.

2. Mengubah knalpot

Bagian lain yang juga bisa diubah adalah knalpot motor. Bukan hanya tampilan, performa motor akan sedikit banyak berpengaruh dengan modifikasi knalpot ini. Pasalnya, knalpot masih menjadi bagian dari sistem pembakaran yang dilakukan oleh mesin.

Pilihlah knalpot yang memiliki suara halus dengan sirkulasi udara yang bagus juga. Tetapkan batas suara yang dihasilkan oleh knalpot. Terlalu bising tentu tidak diperbolehkan oleh peraturan lalu lintas.

Di sisi lain, memberikan sentuhan modifikasi pada bagian knalpot akan memberikan tampilan yang benar-benar baru. Berikan dimensi knalpot yang lebih besar untuk membuat motor tampil lebih gagah.

3. Modifikasi jok

Jika sudah melakukan perubahan terhadap performa dan tampilan, sekarang saatnya memberikan kenyamanan ekstra di motor. Mengganti jok menjadi langkah modifikasi yang pas untuk membuat motor baru lebih nyaman.

Sesuaikan dengan kebiasaan berkendara sehari-hari. Pastikan hanya menggunakan busa dan kulit penutup terbaik saat modifikasi motor. Tidak ada salahnya memberikan sandaran di bagian belakang untuk pembonceng.

4. Tingkatkan bagian pengereman

Semua motor tipe baru pastinya sudah dilengkapi dengan sistem pengereman yang baik. Namun, tidak ada salahnya membuatnya lebih baik lagi dengan melakukan modifikasi. Mengganti rem tromol dengan rem cakram tentu akan membuat sistem pengeram menjadi lebih baik.

Pemilihan piringan cakram pun menjadi bagian modifikasi motor. Piringan cakram rem motor juga akan membuat tampilan pada bagian ban sedikit berbeda. Namun, tetap sesuaikan dengan diameter ban motor supaya tampilannya menjadi lebih keren.

5. Menambah stiker motor

Modifikasi motor yang juga akan memberikan nuansa baru adalah mengganti sticker. Aktivitas ini yang bisa membedakan satu motor dengan motor yang lain dari sisi tampilan. Pasalnya, orang akan melihat dari bagian bodinya terlebih dulu.

Pilihlah stiker dengan kualitas baik supaya tidak mudah terlepas. Selain itu, pastikan juga pemasangan sticker dilakukan dengan benar. Hindari gelembung karena itu menandakan sticker tidak terpasang dengan baik.

Itu dia beberapa tips modifikasi yang bisa dilakukan untuk motor baru supaya lebih nyaman dan keren. Ingin memiliki motor baru? Segera ajukan Kredit Sepeda Motor (KSM) dari BCA untuk dapatkan motor idamanmu. Mulai dari motor keperluan sehari-hari hingga motor premium untuk menjalani hobi.

Jangan ketinggalan juga BCA Expoversary Online 2022 yang diselenggarakan pada 24 Februari–30 April 2022. Ada penawaran khusus untuk kamu yang ingin segera memiliki motor idaman sekarang juga. BCA menawarkan DP ringan mulai dari 0% untuk mengajukan kredit sepeda motor. Bunga yang ditawarkan pun sangat bersaing mulai dari 5,6% flat per tahun. Tunggu apalagi, segera ajukan KSM BCA di Expoversary 2022.