Kembali ke halaman Infrastructure

Host to Host ERP Integration (HEI)

Transaksi mudah tanpa banyak syarat

Host to Host ERP Integration (HEI)

Kenali Layanan Perlu Diketahui Biaya dan Limit Dapatkan Layanan

Kenali Layanan


Host to Host ERP Integration (HEI) merupakan bentuk kerjasama dalam melakukan transaksi perbankan secara online dan real time langsung dari sistem Enterprise Resource Planning (ERP) yang digunakan oleh Nasabah pemilik KlikBCA Bisnis (KBB) yang merupakan Nasabah Korporasi.

Keuntungan


Real-time
Transaksi dilakukan secara online dan real-time
Terintegrasi
Mempermudah proses integrasi layanan perbankan BCA dengan sistem ERP nasabah bisnis
Fleksibel
Transaksi dapat dilakukan dengan atau tanpa menggunakan otorisasi dari KlikBCA Bisnis

Perlu Diketahui


Persyaratan dan Tata Cara:

  • Nasabah pengguna fasilitas HEI wajib mengisi dan menandatangani Formulir KBB dan Ketentuan KBB PT Bank Central Asia Tbk (BCA).
  • Nasabah pengguna fasilitas HEI wajib membangun infrastuktur jaringan untuk dapat menggunakan fasilitas HEI.
  • Nasabah pengguna fasilitas HEI wajib membangun sistem HEI berdasarkan Dokumen Spesifikasi Teknis dari BCA.

Nasabah dapat menyampaikan pertanyaan dan pengaduan melalui:

Hubungi Kami:

Halo BCA Layanan KBB 1500777
Email: halobca@bca.co.id
WA: +628111500998
www.bca.co.id

Media Sosial:

Facebook : GoodLife BCA
Instagram : @goodlifebca
Youtube : Solusi BCA
X (Twitter) : @BankBCA

Fitur Utama HEI

HEI menyediakan fitur-fitur yang dapat dipilih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan nasabah bisnis dalam memudahkan transaksi perbankan secara online.

Fitur untuk Transaksi Finansial  

  • Auto-Collection
    Fitur transfer dana dari satu atau lebih rekening debet yang terdaftar di KBB untuk dikreditkan ke satu rekening tujuan yang dapat berupa rekening BCA atau rekening bank lain.
  • Multi Auto-Transfer
    Fitur transfer dana dari satu atau lebih rekening debet yang terdaftar di KBB untuk dikreditkan ke satu atau lebih rekening tujuan yang dapat berupa rekening BCA atau rekening bank lain menggunakan file upload.
  • Multi Payroll
    Fitur pembayaran gaji dengan mata uang IDR dari satu atau lebih rekening debet yang terdaftar di KBB untuk dikreditkan ke satu atau lebih rekening tujuan yang dapat berupa rekening BCA atau rekening bank lain.

Fitur untuk Transaksi Non-Finansial

  • File Transfer
    Fitur pengiriman file non-finansial yang bersifat customized antara ERP Nasabah pengguna fasilitas HEI dengan sistem BCA melalui HEI. 
  • Notifikasi Workflow Otorisasi Transaksi HEI
    Notifikasi transaksi workflow yang telah berhasil diproses, dikirimkan melalui email kepada user Approver/Releaser sebagai informasi atas otorisasi transaksi yang harus dilakukan.
  • Fitur Pendukung Mutasi Rekening Bulk
    Fitur pendukung API Mutasi Rekening Bulk yang dimana file mutasi Nasabah di-request Nasabah melalui API dan dikirimkan melalui sarana pengiriman BCA Client atau SSH File Transfer Protocol (SFTP).
  • Fitur Pendukung Laporan MT940
    Laporan yang menyajikan data mutasi rekening dalam format MT940.
  • Fitur Pendukung Business Debit Card
    Layanan dalam bentuk kartu yang ditawarkan kepada Nasabah bisnis, untuk mempermudah Nasabah dalam mengelola aktivitas keuangannya, yang meliputi pengelolaan setoran kas masuk dan pengelolaan kas keluar, baik di internal perusahaan maupun kepada value chain dari perusahaan berupa reward/loyalty kepada mitra/pelanggannya.
  • Fitur Pendukung Khusus Perusahaan Efek
    Fitur Khusus HEI untuk perusahaan efek yang disesuaikan untuk mendukung proses bisnis perusahaan efek yang terdiri dari
    • Laporan Saldo Akhir Hari RDN
      Laporan yang berisi informasi saldo akhir hari atas RDN yang terdaftar pada Corporate ID KBB perusahaan efek. Informasi saldo berupa saldo rekening sebelum dikurangi saldo ditahan/saldo minimum.
    • Laporan Mutasi Bulanan RDN
      Laporan yang berisi informasi mutasi transaksi bulanan atas RDN yang terdaftar pada Corporate ID KBB perusahaan efek, termasuk informasi bunga, pajak bunga, koreksi, dan biaya administrasi (apabila ada).
    • Laporan Saldo Investor
      Laporan saldo atas setiap RDN yang terdaftar pada perusahaan efek, dengan format sesuai standar ketentuan KSEI yang digunakan oleh seluruh perusahaan efek yang bekerja sama dengan BCA.
    • Laporan Mutasi Investor
      Laporan mutasi atas setiap RDN yang terdaftar pada perusahaan efek, dengan format sesuai standar ketentuan KSEI yang digunakan oleh seluruh perusahaan efek yang bekerja sama dengan BCA.

Manfaat

Membantu Nasabah pengguna fasilitas HEI yang merupakan Nasabah Korporasi pemilik KBB untuk dapat melakukan transaksi perbankan secara online dan real time langsung dengan lebih efektif dan efisien dari sistem ERP yang digunakan.

Risiko

  • Penyalahgunaan transaksi yang terjadi dari internal karena secara sistem terkoneksi dengan BCA.
  • Transaksi tidak di proses apabila terdapat kendala/problem, baik disisi Client maupun BCA.

Informasi Tambahan

  • HEI merupakan fasilitas kerja sama untuk Nasabah pemilik KBB.
  • Jenis transaksi yang dapat dilakukan oleh Nasabah pemilik KBB melalui fasilitas HEI sesuai dengan jenis transaksi yang dipilih oleh Nasabah pemilik KBB pada Formulir KBB.
  • Untuk penggunaan fasilitas HEI pada KBB
    • Nasabah pemilik KBB pengguna fasilitas HEI wajib menyediakan sarana yang memadai sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh BCA.
    • BCA akan menyediakan
      • Aplikasi BCA Client meliputi User ID dan password BCA Client Monitoring, dan Security Key Pretty Good Privacy (PGP), dan/atau
      • Aplikasi SSH File Transfer Protocol (SFTP) BCA meliputi User ID dan password SFTP, dan Security Key
  • BCA berhak mengubah manfaat, biaya, risiko, serta syarat dan ketentuan terkait transaksi tersebut yang akan diberitahukan kepada Nasabah pemilik KBB pengguna fasilitas HEI dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Bank wajib menginformasikan segala perubahan atas manfaat, biaya, risiko, syarat, dan ketentuan Produk dan Layanan ini melalui surat atau melalui cara-cara lainnya sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku. Pemberitahuan tersebut akan diinformasikan 30 hari sebelum efektif berlakunya perubahan.
  • Untuk melakukan penutupan kerja sama HEI, pengguna fasilitas HEI dapat mengajukan permohonan penutupan ke BCA dengan mengisi Formulir KlikBCA Bisnis.
  • Informasi lain mengenai biaya, manfaat, dan risiko dapat diakses melalui website resmi BCA www.bca.co.id

Disclaimer (penting untuk dibaca)

  • Nasabah pemilik KBB bertanggung jawab sepenuhnya atas segala akibat dan kerugian yang timbul sehubungan dengan penggunaan dokumen yang dikirimkan oleh Nasabah pemilik KBB dari sistem ERP Nasabah pemilik KBB.
  • Nasabah pemilik KBB wajib memastikan ketersediaan dana di rekening yang menjadi sumber dana transaksi.
  • Setiap instruksi transaksi yang diterima oleh BCA dari sistem ERP Nasabah pemilik KBB merupakan instruksi yang sah dan benar dari Nasabah pemilik KBB serta mengikat dan menjadi tanggung jawab Nasabah pemilik KBB sepenuhnya. BCA tidak mempunyai kewajiban untuk meneliti atau menyelidiki kebenaran instruksi transaksi yang diterima oleh BCA dari sistem ERP Nasabah pemilik KBB.
  • BCA berhak untuk tidak memproses instruksi transaksi melalui fasilitas HEI pada KBB antara lain apabila
    • Instruksi transaksi yang diberikan oleh Nasabah pemilik KBB tidak sesuai dengan ketentuan transaksi yang berlaku di BCA yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Nasabah pemilik KBB.
    • Instruksi transaksi diterima oleh BCA melebihi batas waktu pengiriman data transaksi dan/atau batas maksimal data yang dapat diproses.
  • Nasabah pemilik KBB menjamin sepenuhnya atas kebenaran dokumen yang diterima oleh BCA dari sistem ERP Nasabah pemilik KBB. BCA tidak mempunyai kewajiban untuk meneliti atau menyelidiki kebenaran atau keaslian dokumen yang diterima oleh BCA dari sistem ERP Nasabah pemilik KBB.
  • Segala penyalahgunaan, gangguan, atau kerusakan yang terjadi pada Perangkat setelah dilakukannya serah terima Perangkat dan instalasi aplikasi BCA Client dan aplikasi SFTP BCA yang dibuktikan dengan adanya berita acara yang ditandatangani oleh BCA dan Nasabah pemilik KBB, menjadi tanggung jawab Nasabah pemilik KBB sepenuhnya. Nasabah pemilik KBB dengan ini membebaskan BCA dari segala tuntutan, gugatan, dan/atau tindakan hukum lainnya dari pihak manapun termasuk dari Nasabah pemilik KBB sendiri sehubungan dengan hal tersebut.
  • Segala kerugian yang timbul karena tidak dilakukannya tindakan-tindakan pengamanan dan pemeliharaan Perangkat menjadi tanggung jawab Nasabah pemilik KBB sepenuhnya.
  • Nasabah pemilik KBB wajib memberikan dan menjamin ketersediaan akses yang dibutuhkan BCA atau pihak yang ditunjuk oleh BCA untuk keperluan pemeliharaan Perangkat. Segala kerugian yang timbul karena tidak dilakukannya tindakan-tindakan pengamanan dan pemeliharaan Perangkat menjadi tanggung jawab Nasabah pemilik KBB sepenuhnya.
  • Nasabah pemilik KBB wajib memberikan dan menjamin ketersediaan akses yang dibutuhkan BCA atau pihak yang ditunjuk oleh BCA untuk keperluan pemeliharaan Perangkat.
  • Nasabah pengguna fasilitas HEI pada KBB dilarang untuk
    • Menggunakan Perangkat selain untuk keperluan pelaksanaan transaksi melalui fasilitas HEI pada KBB.
    • Melakukan perubahan setting, konfigurasi, dan perubahan apa pun atas Perangkat yang disediakan oleh BCA.
    • Melakukan usaha atau mencoba untuk melakukan upaya pemecahan kode, hacking, cracking, penetrasi virus penggunaan software, shareware, freeware ataupun membuat aplikasi palsu/tiruan yang bertujuan untuk mengganggu atau merusak Perangkat.
    • Memperbanyak, meniru, menyalin, membajak, memalsukan Perangkat yang disediakan BCA termasuk namun tidak terbatas pada source code, manual, sistem operasi, bahasa program, kode, skema atapun bentuk lain.
  • Apabila terjadi penyalahgunaan, gangguan, atau kerusakan yang terjadi pada sistem ERP Nasabah pemilik KBB maka segala akibat dan kerugian yang timbul sehubungan dengan hal tersebut menjadi tanggung jawab Nasabah pemilik KBB sepenuhnya.
  • Atas penggunaan fasilitas HEI pada KBB, BCA berhak untuk mengenakan biaya kepada Nasabah pemilik KBB yang besarnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku di BCA dan yang pembayarannya akan dilakukan dengan cara mendebet rekening Nasabah pemilik KBB di BCA.
  • Nasabah pemilik KBB wajib melakukan segala tindakan yang diperlukan untuk memastikan agar setiap transaksi yang dilakukan melalui fasilitas HEI pada KBB hanya dapat dilakukan oleh pihak yang memang diberi kewenangan untuk melakukan transaksi dimaksud.
  • Nasabah telah membaca, memahami, dan menyetujui fasilitas HEI sesuai Ringkasan Informasi Produk dan Layanan.
  • Ringkasan ini hanya merupakan sarana informasi produk dan layanan bagi calon nasabah/nasabah yang tidak dimaksudkan sebagai penawaran resmi atas suatu produk dan/atau layanan.
  • Nasabah wajib membaca dan memahami fasilitas HEI.
  • Informasi yang tercakup dalam Ringkasan Informasi Produk dan Layanan ini berlaku sejak tanggal cetak dokumen sampai dengan adanya perubahan terbaru Ringkasan Informasi Produk dan Layanan terkait fasilitas HEI.
  • Nasabah harus membaca dengan teliti Ringkasan Informasi Produk dan Layanan ini sebelum menyetujui pendaftaran fasilitas HEI dan berhak bertanya kepada pegawai bank atau melakukan panggilan ke Halo Halo BCA Layanan KBB di 1500777 atas semua hal maupun pengaduan terkait Ringkasan Informasi Produk dan Layanan.

Ringkasan ini telah disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan termasuk ketentuan peraturan Otoritas Jasa Keuangan.

Biaya dan Limit


Biaya

Biaya kerja sama HEI yang dibebankan kepada Nasabah pengguna fasilitas HEI ditentukan berdasarkan analisa dan perhitungan dari BCA.

Simulasi

Tidak terdapat simulasi untuk fasilitas ini.

Dapatkan Layanan


Kantor Cabang BCA
Temukan lokasi cabang BCA terdekat untuk mendapatkan produk atau layanan ini secara langsung
Selengkapnya