Kembali ke halaman Collection

Layanan Setoran Jemputan, Pengantaran, dan Penukaran Uang Tunai

Urusan penyetoran dan pengantaran serta penukaran uang tunai yang lebih cepat, mudah, dan aman

Cash Pickup

Kenali Layanan Perlu Diketahui Dapatkan Layanan RIPLAY Umum Layanan Setoran Jemputan, Pengantaran, dan Penukaran Uang Tunai

Layanan Setoran Jemputan, Pengantaran, dan Penukaran Uang Tunai

Layanan uang tunai yang diberikan kepada nasabah, yang dilakukan pada lokasi dan waktu yang telah disepakati antara BCA dan Nasabah.

Keuntungan


Cepat
Proses penerimaan uang tunai langsung diterima oleh pihak BCA
Mudah
Memudahkan proses penyetoran nasabah tanpa harus datang ke Cabang BCA
Aman
Karena layanan dilakukan oleh pihak BCA ke lokasi nasabah yang telah disepakati

Perlu Diketahui


Terdapat 3 Layanan yang dapat dipilih oleh Nasabah:

  1. Layanan Setoran Jemputan Uang Tunai
  2. Layanan Pengantaran Uang Tunai
  3. Layanan Penukaran Uang Tunai

Dengan metode layanan yaitu Said to Contain (STC) atau Count on Site (COS)

Terdapat juga Aplikasi Penunjang layanan ini yang dapat digunakan oleh Nasabah yaitu Mobile Cash Services Transaction Application (MARTA)

Dapatkan Layanan

Kantor Cabang BCA
Temukan lokasi cabang BCA terdekat untuk mendapatkan produk atau layanan ini secara langsung
Selengkapnya

Ringkasan Informasi Produk dan Layanan

(RIPLAY) Umum Layanan Setoran Jemputan Uang Tunai

 

Nama Penerbit : PT Bank Central Asia Tbk

Nama Layanan : Layanan Setoran Jemputan Uang Tunai

Jenis Layanan  : Layanan Transaksi Finansial

Mata uang       : IDR

Deskripsi         : Layanan setoran jemputan merupakan layanan pengambilan/penjemputan setoran uang tunai, pengantaran uang tunai, dan penukaran uang tunai dilakukan pada lokasi dan waktu yang telah disepakati antara BCA dengan nasabah.

 

Fitur Utama Layanan Setoran Jemputan:

  • Layanan Setoran Jemputan (Cash Pick up)
    Layanan pengambilan/penjemputan (pick up) dana setoran uang tunai pada lokasi, waktu & PIC nasabah yang sudah ditentukan
    Tipe layanan yang tersedia
    • Said To Contain (STC) : Layanan pengambilan/penjemputan setoran uang tunai tidak dihitung di hadapan Nasabah
    • Count On Site (COS) :  Layanan pengambilan/penjemputan setoran uang tunai dihitung di hadapan Nasabah secara rinci pada denominasi Rp100.000 s.d Rp 5.000. Untuk denominasi di bawah nominal tersebut akan dilakukan penghitungan secara global
  • Layanan Pengantaran Uang Tunai (Cash Delivery)
    Layanan pengantaran uang tunai pada lokasi, waktu & PIC nasabah yang sudah ditentukan oleh nasabah.
    Tipe layanan yang tersedia
    • Said To Contain (STC) : Layanan pengantaran  uang tunai tidak dihitung di hadapan Nasabah
    • Count On Site (COS) :   Layanan pengantaran uang tunai dimana Jumlah uang yang diantar/dikirim dihitung secara rinci di hadapan Nasabah dan tertera pada bukti serah terima Layanan pengantaran 
  • Layanan Tukaran Uang Tunai (Cash to Cash)
    Layanan penukaran uang tunai, nasabah menukarkan uang kertas denominasi Rp 100.000 & Rp 50.000 dengan denominasi Rp 20.000 s.d uang koin denominasi Rp 50,-. Layanan ini dapat dilakukan bersamaan dengan layanan cash pick up.

Biaya:

Biaya Layanan yang akan dibebankan kepada nasabah sesuai biaya layanan yang diinformasikan berdasarkan analisa dari BCA. Berikut informasi komponen biaya layanan tersebut.

Biaya trip/perjalanan tim vendor ke lokasi nasabah meliputi :

  1. Jenis Hari Layanan : Hari Kerja/Hari libur
  2. Tipe Layanan                    : STC atau COS (Harga trip per transaksi berlaku untuk total nominal  setoran/jemputan)
  3. Tambahan biaya untuk Tipe layanan COS : Rp 80.000,- untuk setiap total uang tunai yg dijemput per Rp.500.000.000,- dan berlaku kelipatan
  4. Jarak lokasi dari vendor terdekat
  5. Layanan Penukaran Uang Tunai merupakan layanan pendamping Setoran Jemputan yang diantarkan bersamaan dengan jadwal pick up yang sudah ditentukan nasabah
  6. Asuransi uang tunai dalam perjalanan (Cash In Transit) 0.007% dari nominal uang yang dijemput/antarkan

Manfaat:

  • Transaksi lebih efisien dikarenakan nasabah tidak perlu datang ke cabang untuk melakukan transaksi setoran, pengambilan, atau penukaran uang.
  • Nasabah lebih nyaman dan aman dikarenakan uang setoran/pengambilan/penukaran diproses di lokasi operasional nasabah.
  • Transaksi setoran dapat diterima nasabah setiap hari (baik hari kerja maupun hari libur).

Persyaratan dan Tata Cara

  • Pengajuan Layanan Setoran Jemputan uang tunai dapat dilakukan oleh nasabah Badan atau individu bisnis dengan datang ke cabang BCA terdekat atau melalui Relationship Manager (RM).
  • Nasabah melakukan pengisian Formulir dan ketentuan Layanan Setoran Jemputan, Pengantaran dan Penukaran Uang Tunai.
  • Nasabah yang membutuhkan layanan setoran jemputan dengan tujuan setoran melebihi 10 rekening, wajib melakukan pengajuan aplikasi pendukung untuk memproses data transaksi dengan mengisi Formulir pendaftaran User ID sebagai Security Administrator Aplikasi MARTA (Mobile Cash Services Transaction Application), yang berfungsi untuk mendaftarkan user Operator & Supervisor Aplikasi MARTA merupakan aplikasi yang digunakan untuk mendukung layanan setoran jemputan dengan rekening tujuan pengkreditan lebih dari 10 rekening. Aplikasi MARTA digunakan dengan cara unggah (upload) data nomor rekening tujuan dan jumlah nominal penerima setoran ke Aplikasi MARTA, pengkreditannya dapat dijalankan secara otomatis melalui aplikasi pendukung layanan Setoran Jemputan.
  • Dokumen pelengkap yang diperlukan berupa kartu identitas nasabah (KTP-el untuk WNI/Paspor untuk WNA).

Risiko

  • Dana Setoran jemputan hanya dapat dikreditkan ke rekening tujuan nasabah yang terdaftar (Rekening tujuan terdaftar yang dimaksud antara lain rekening BCA (tabungan/giro) dan/atau rekening BCA Virtual Account (VA) sesuai dengan data yang diisi pada Formulir Layanan Setoran Jemputan, Pengantaran, dan Penukaran Uang Tunai.
  • Apabila rekening tidak terdaftar atau rekening tutup/dormant maka dana secara otomatis akan terkredit ke rekening Utama nasabah.
  • Dana setoran tidak dapat terkredit apabila sarana pengiriman informasi serah terima uang (mesin EDC atau sarana lain) tidak dapat digunakan di lokasi nasabah, dalam hal kendala EDC maka nasabah dapat mengirimkan informasi untuk digunakan dalam penginputan manual setoran pada aplikasi pendukung.