LAKU

Menabung semudah tersenyum

Mengapa LAKU?

Praktis

Lakukan beragam transaksi dan pembayaran tanpa biaya administrasi bulanan

Mudah

Pembukaan rekening serta informasi mengenai saldo cukup melalui Agen LAKU terdekat

Suku Bunga

Dapatkan bunga sebesar 1% jika saldo rata-rata bulanan Rp1 ke atas

LAKU

Kenali Produk Perlu Diketahui Biaya, Limit dan Suku Bunga Syarat dan Ketentuan Dapatkan Layanan

LAKU

Buka tabungan lebih mudah dan bisa diambil di mana-mana tanpa harus ke bank, cukup datang ke agen LAKU yang tersebar di berbagai penjuru.

Keuntungan


Aman
Pengamanan transaksi berupa PIN dan/atau OTP (One Time Password/Password Sekali Pakai)

Perlu Diketahui

Layanan Transaksi yang Bisa Dilakukan Melalui LAKU

Melalui Handphone:

  • Info Saldo
  • Mutasi Transaksi

Melalui Agen LAKU:

  • Info Saldo
  • Mutasi Transaksi
  • Setor dan Tarik Tunai
  • Transfer antar LAKU
  • Isi Pulsa dan Paket Data
  • Bayar Tagihan BPJS Kesehatan
  • Transfer BCA ke LAKU
  • Transfer Bank Lain ke LAKU

Cara Daftar

  • Datang ke agen LAKU, isi Formulir dan setujui Syarat Ketentuan beserta lengkapi dokumen identitas diri
  • Nasabah menyerahkan uang setoran awal dan setelah berhasil akan mendapatkan struk transaksi
  • SMS persetujuan/penolakan akan diterima setelah pengajuan diproses oleh BCA

Cara Setor Tunai

  • Datang ke agen LAKU, masukkan kartu LAKU di Perangkat Agen dan masukkan jumlah uang yang ingin ditabung beserta PIN Nasabah dan Agen
  • Struk setoran akan tercetak bersamaan dengan SMS bukti setoran yang dikirim langsung ke handphone

Cara Tarik Tunai

  • Datang ke agen LAKU, masukkan kartu LAKU di Perangkat Agen dan masukkan jumlah uang yang ingin ditarik beserta PIN Nasabah
  • Masukkan kode OTP yang didapatkan dari SMS, lalu tekan tombol lanjut
  • Struk tarik tunai akan tercetak bersamaan dengan SMS bukti tarik tunai yang dikirim langsung ke handphone
  • Agen akan memberikan uang sesuai dengan jumlah penarikan

Cara Bertransaksi Melalui Handphone

  • USSD (khusus pengguna Indosat, Telkomsel dan XL)
    Ketik *141#, pilih LAKU, lalu pilih transaksi yang diinginkan 

  • SMS
    Ketik SMS dan Kirim ke 69888

    - Informasi Saldo
    LAKU(spasi)SALDO(spasi)kode PIN
    Contoh: LAKU SALDO 123456

    - Mutasi Transaksi
    LAKU(spasi)MUTASI(spasi)kode PIN
    Contoh: LAKU MUTASI 123456

Karakteristik LAKU

  1. Memiliki nomor rekening yang dihasilkan dari Perangkat Agen
  2. Bukti kepemilikan rekening adalah Kartu LAKU
  3. Tidak dikenakan Biaya Administrasi bulanan
  4. Nasabah adalah individu berkewarganegaraan Indonesia (WNI)
  5. Rekening akan tidak aktif (dormant) jika tidak ada transaksi (kecuali bunga dan/atau pajak bunga) dalam waktu 6 (enam) bulan berturut-turut.
  6. Nasabah hanya diperbolehkan membuka 1 (satu) rekening LAKU
  7. Mendapatkan bunga dan dikenakan pajak atas bunga
  8. Pengamanan transaksi menggunakan Kartu LAKU, PIN dan OTP
  9. Dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)
  10. Nasabah Perorangan/Individu:
    • Nasabah Belum Teregistrasi (pengajuan belum disetujui oleh BCA)
      • Saldo Maksimum Rp1.000.000
      • Hanya dapat melakukan transaksi setoran
    • Nasabah Teregistrasi (pengajuan sudah disetujui oleh BCA)
      • Saldo Maksimum Rp20.000.000
      • Tarikan (Transaksi Debet) rekening secara kumulatif maksimal Rp5.000.000 per bula atau Rp60.000.000 per tahun
    • Nasabah Tidak Teregistrasi (pengajuan tidak disetujui oleh BCA)
      • Dilakukan transaksi Tutup Rekening di agen, saldo nasabah dikembalikan sepenuhnya secara tunai

Biaya, Limit dan Suku Bunga

Biaya


Keterangan

Besarnya (IDR)

Biaya Pembukaan Rekening

Tanpa Biaya

Biaya Penutupan Rekening  

Tanpa Biaya

Biaya Setoran Tunai

Tanpa Biaya

Biaya Administrasi Bulanan

Tanpa Biaya             

Biaya Transfer Antar LAKU

Tanpa Biaya

Biaya Tarik Tunai

Rp2.000 per transaksi

Pembelian Pulsa & Paket Data

Rp1.500 per transaksi

Pembayaran BPJS Kesehatan

Rp2.500 per transaksi

Biaya Cek Saldo dan Mutasi

  • Melalui Agen: Gratis
  • Melalui SMS: Biaya Pulsa
  • Melalui USSD: Gratis
 

Biaya Administrasi Kartu

Rp2.000

Biaya Transfer dari Bank Lain ke LAKU

Rp6.500 per transaksi

Biaya SMS Notifikasi & OTP

Sesuai tarif operator

 

Limit

Keterangsn

Besarnya (IDR)

Limit Saldo Tabungan Maksimum Rp20.000.000
Limit Tarikan Tunai Akumulasi maksimum Rp5.000.000 per bulan
Limit Setoran & Top Up Tidak terbatas hingga saldo maksimum
Limit Isi Pulsa & Beli Paket Data Rp2.500.000

SYARAT DAN KETENTUAN LAKU
PT BANK CENTRAL ASIA Tbk (“BCA”)

A. DEFINISI

  1. LAKU adalah rekening dalam mata uang Rupiah di BCA dengan bukti kepemilikan berupa Kartu LAKU.
  2. Nasabah adalah perorangan Warga Negara Indonesia yang telah memiliki kartu identitas sesuai ketentuan hukum yang berlaku yang menjadi pemilik LAKU.
  3. Kode Sandi adalah nomor identifikasi pribadi yang wajib digunakan Nasabah setiap kali melakukan Transaksi.
  4. One Time Password (OTP) adalah kode sandi yang bersifat unik yang dihasilkan oleh sistem yang dikirimkan dalam bentuk pesan Short Message Service (SMS) ke nomor ponsel Nasabah yang telah didaftarkan oleh Nasabah pada saat pembukaan LAKU.
  5. Agen adalah nasabah perorangan atau badan hukum yang ditunjuk BCA untuk menerima Transaksi yang dilakukan oleh Nasabah
  6. Kartu LAKU adalah kartu yang diterbitkan oleh BCA yang wajib digunakan oleh Nasabah untuk melakukan Transaksi melalui perangkat yang berada di lokasi Agen dan/atau melalui sarana lain yang ditentukan dan akan diberitahukan oleh BCA dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
  7. Transaksi adalah transaksi yang dapat dilakukan oleh Nasabah dengan menggunakan LAKU yaitu penarikan dan penyetoran tunai, inquiry saldo dan mutasi rekening LAKU, dan transaksi lain sesuai ketentuan yang berlaku di BCA yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Nasabah dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

B. KETENTUAN

  1. Nasabah dapat melakukan pembukaan LAKU melalui Agen terdekat dengan mengisi formulir dan menyerahkan dokumen pendukung serta mendaftarkan nomor ponsel milik Nasabah yang akan dihubungkan dengan LAKU yang dibuka oleh Nasabah.
  2. Nomor ponsel yang dihubungkan dengan LAKU harus milik Nasabah sendiri. Segala akibat yang timbul sehubungan dengan pendaftaran nomor ponsel milik pihak lain menjadi tanggung jawab Nasabah sepenuhnya. Nasabah dengan ini membebaskan BCA dari segala tuntutan, gugatan, dan/atau tindakan hukum lainnya dari pihak manapun.
  3. Pembukaan LAKU hanya dapat dilakukan oleh calon Nasabah yang belum memiliki rekening di BCA. Nasabah yang telah memiliki rekening di BCA dan bermaksud membuka LAKU, harus terlebih dahulu menutup rekening Nasabah di BCA.
  4. Nasabah hanya diperbolehkan membuka 1 (satu) rekening LAKU di BCA dan rekening LAKU tidak dapat dibuka dalam bentuk rekening gabungan.
  5. Nasabah bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan LAKU dan Kartu LAKU, termasuk dalam hal terjadi penyalahgunaan Kartu LAKU tersebut.
  6. Nasabah wajib memberitahukan secara tertulis kepada BCA apabila terdapat perubahan data Nasabah.
  7. Nasabah dengan ini memberikan persetujuan kepada BCA untuk memberikan data Nasabah kepada pihak lain di luar BCA, yang bekerja sama dengan BCA, dalam rangka kegiatan promosi atau untuk tujuan komersial lainnya.
  8. BCA berhak melakukan koreksi atas saldo Nasabah jika terjadi kesalahan posting yang dilakukan oleh BCA.
  9. Dana yang ada di LAKU mendapatkan bunga atas dasar saldo rata-rata bulanan sesuai ketentuan yang berlaku di BCA dan atas bunga dikenakan pajak.
  10. Untuk setiap Transaksi yang bersifat finansial yang dilakukan di Agen, Nasabah akan menerima OTP yang akan dikirimkan ke nomor ponsel Nasabah, selama a). Inbox tidak penuh; b). Tidak ada gangguan pada jaringan komunikasi Operator Seluler; dan c). Pulsa ponsel Nasabah mencukupi.       
  11. Setiap kali Nasabah melakukan Transaksi di Agen, Nasabah harus memasukkan Kode Sandi dan OTP (khusus untuk Transaksi yang bersifat finansial) ke perangkat Transaksi yang digunakan oleh Agen dan Nasabah wajib menjaga kerahasiaan Kode Sandi dan OTP. Nasabah bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan Kode Sandi dan OTP, termasuk dalam hal terjadi penyalahgunaan Kode Sandi dan OTP.
  12. Pulsa ponsel Nasabah akan dipotong untuk setiap pengiriman OTP sesuai dengan tarif yang ditentukan oleh operator seluler.
  13. 13. Batas maksimum saldo dalam rekening LAKU setiap saat adalah Rp 20.000.000,- (dua puluh juta Rupiah). Batas maksimum saldo tersebut dapat berubah sewaktu-waktu dan akan diberitahukan oleh BCA kepada Nasabah dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
  14. LAKU akan menjadi dormant apabila a). rekening bersaldo nol selama 6 (enam) bulan berturut-turut; atau b). rekening tidak aktif/tidak ada transaksi kecuali bunga, pajak, dan/atau biaya administrasi (jika ada) selama 6 (enam) bulan berturut-turut atau dalam jangka waktu lain yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Nasabah dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
  15. Nasabah wajib menanggung biaya-biaya yang timbul sehubungan dengan pembukaan LAKU serta biaya-biaya Transaksi dan biaya-biaya lainnya yang berlaku di BCA yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Nasabah dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Untuk keperluan tersebut, Nasabah dengan ini memberi kuasa kepada BCA untuk mendebet biaya-biaya tersebut dari LAKU Nasabah.
  16. Dalam hal SIM Card dengan nomor ponsel Nasabah yang terdaftar di BCA dicuri atau hilang, maka Nasabah wajib untuk secepatnya memberitahukan hal tersebut ke Halo LAKU dan DUITT.
  17. Setiap pemberitahuan mengenai pencurian atau kehilangan SIM Card dengan nomor ponsel yang terdaftar di BCA tersebut melalui Halo LAKU dan DUITT akan diikuti dengan pemblokiran oleh BCA terhadap LAKU yang bersangkutan. Pemblokiran tersebut akan tetap dilakukan oleh BCA sampai BCA menerima permohonan pembukaan pemblokiran atas LAKU dari Nasabah. Selama pemberitahuan pencurian atau kehilangan belum diterima oleh BCA, maka setiap Transaksi yang dilakukan menjadi tanggung jawab Nasabah sepenuhnya.
  18. BCA berhak melakukan pemblokiran/penundaan transaksi atas LAKU, menolak transaksi terhadap LAKU, dan/atau menutup hubungan usaha dengan Nasabah dalam hal: a). Nasabah tidak memenuhi ketentuan hukum yang berlaku; b). Nasabah tidak memenuhi ketentuan permintaan informasi dan dokumen pendukung sesuai ketentuan hukum yang berlaku; c). Nasabah diketahui dan/atau patut diduga menggunakan dokumen palsu dan/atau memberikan data yang tidak benar kepada BCA; d). Nasabah menyampaikan informasi yang diragukan kebenarannya; dan/atau e). Nasabah memiliki sumber dana transaksi yang diketahui dan/atau patut diduga berasal dari hasil tindak pidana.
  19. LAKU akan ditutup secara otomatis oleh sistem jika rekening LAKU Nasabah: a). telah berstatus dormant; dan b). bersaldo nol selama 6 (enam) bulan berturut-turut sejak rekening LAKU Nasabah berstatus dormant.
  20. Simpanan dana Nasabah pada LAKU di BCA dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sesuai dengan nilai batas maksimal yang dijamin oleh LPS. LPS tidak menjamin simpanan dengan suku bunga yang melebihi suku bunga yang ditetapkan oleh LPS.
  21. Dengan membuka LAKU, Nasabah tunduk dan menyetujui ketentuan-ketentuan ini. BCA berhak untuk mengubah ketentuan-ketentuan terkait LAKU yang akan diberitahukan oleh BCA dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
  22. 22. Selama Nasabah masih berutang kepada BCA berdasarkan pinjaman uang, L/C, bank garansi atau jaminan yang diberikan oleh Nasabah (borgtocht), bunga, provisi, biaya pembelian buku Cek/Bilyet Giro, meterai, wesel, surat aksep atau surat dagang lain yang ditandatangani oleh Nasabah sebagai akseptan, endosan, atau sebagai penarik, avalis atau akibat penggunaan kartu kredit atau biaya-biaya atau kewajiban yang timbul berdasarkan apa pun juga, BCA berhak dan sepanjang perlu dengan ini diberi kuasa oleh Nasabah untuk mendebet rekening Nasabah dan menggunakannya untuk pembayaran kembali atas setiap jumlah uang yang setiap waktu terutang kepada BCA.
  23. 23. BCA berhak melakukan koreksi atas saldo Nasabah jika terjadi kesalahan posting yang dilakukan oleh BCA.
  24. 24. Jika Nasabah bermaksud untuk mengganti nomor ponsel yang telah didaftarkan pada saat pembukaan LAKU karena alasan apa pun, maka Nasabah wajib menutup LAKU yang terhubung dengan nomor ponsel tersebut.
  25. 25. Penutupan LAKU hanya dapat dilakukan oleh Nasabah di Agen tempat Nasabah membuka LAKU atau di lokasi lain sesuai yang ditetapkan BCA. Nasabah wajib membawa asli kartu identitas Nasabah, Kartu LAKU, dan dokumen lain sesuai persyaratan yang berlaku di BCA.
  26. Nasabah dengan ini menyatakan bahwa data dan perhitungan dari BCA berkenaan dengan Transaksi dan/atau saldo rekening sebagai akibat pemakaian Kartu LAKU, semua catatan, hasil print out, rekaman, sarana komunikasi atau bukti lainnya dalam bentuk apapun yang ada pada BCA atas Transaksi yang dilakukan oleh Nasabah merupakan alat bukti yang sah dan mengikat Nasabah, kecuali dapat dibuktikan sebaliknya.

C. PENYETORAN DAN PENARIKAN DANA

  1. BCA berhak menentukan setoran awal dan batas minimal/maksimal setoran selanjutnya di Agen dan/atau melalui sarana lain, yang akan diberitahukan oleh BCA dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
  2. Penyetoran ke LAKU dan penarikan dana dari LAKU dapat dilakukan di Agen dan/atau melalui sarana lain yang ditentukan dan akan diberitahukan oleh BCA dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
  3. Maksimal akumulasi total transaksi tarikan tunai dengan menggunakan LAKU adalah Rp 5.000.000,- (lima juta Rupiah) per bulan. Maksimal akumulasi total transaksi tarikan tunai dari LAKU tersebut dapat berubah sewaktu-waktu dan akan diberitahukan oleh BCA dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

D. KARTU LAKU

  1. Kartu LAKU hanya untuk keperluan Nasabah dan tidak diperkenankan untuk dipindahtangankan dengan cara apa pun. Segala akibat atas penyalahgunaan Kartu LAKU menjadi tanggung jawab Nasabah
  2. Setiap kali menggunakan Kartu LAKU, Nasabah harus memasukkan Kode Sandi. Nasabah wajib merahasiakan Kode Sandi dan tidak diperkenankan untuk memberitahukan nomor Kode Sandi tersebut kepada siapapun. Segala akibat penyalahgunaan Kode Sandi tersebut menjadi tanggung jawab Nasabah
  3. Dalam hal Kartu LAKU, dicuri atau hilang maka Nasabah wajib untuk secepatnya memberikan pemberitahuan kepada Halo LAKU dan DUITT, dan akan diikuti dengan pemblokiran oleh BCA terhadap LAKU yang terkait dengan Kartu LAKU Selama pemberitahuan pencurian atau kehilangan belum diterima oleh BCA, maka setiap Transaksi yang dilakukan dengan menggunakan Kartu LAKU yang dicuri atau hilang menjadi tanggung jawab Nasabah sepenuhnya.
  4. Nasabah membebaskan BCA dari segala tuntutan, gugatan, dan/atau tindakan hukum lainnya dan atas kerugian yang timbul karena adanya pemalsuan Kartu LAKU yang terjadi bukan karena kesalahan BCA.
  5. BCA dengan alasan tertentu berhak untuk memblokir, menarik atau memperbarui Kartu LAKU.
  6. BCA berhak mengakhiri penggunaan Kartu LAKU apabila Nasabah tidak lagi memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku bagi Nasabah
  7. Nasabah wajib menanggung biaya-biaya yang timbul sehubungan dengan penerbitan dan/atau penggunaan Kartu LAKU, termasuk tapi tidak terbatas pada biaya pembuatan/penggantian Kartu LAKU. Besarnya biaya-biaya dimaksud berikut perubahannya akan diberitahukan kepada Nasabah dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Untuk keperluan tersebut, Nasabah dengan ini memberi kuasa kepada BCA untuk mendebet biaya-biaya tersebut dari LAKU Nasabah.
  8. Penggunaan Kartu LAKU tunduk pada ketentuan-ketentuan dan peraturan-peraturan yang berlaku pada BCA serta syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang mengatur semua jasa atau fasilitas dan Transaksi yang dicakup oleh Kartu LAKU. BCA berhak untuk mengubah ketentuan-ketentuan yang berlaku pada BCA serta syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang mengatur semua jasa atau fasilitas dan Transaksi yang dicakup oleh Kartu LAKU yang akan diberitahukan oleh BCA dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
  9. Penggunaan Kode Sandi pada perangkat yang berada di lokasi Agen dan/atau sarana lain mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan perintah tertulis yang ditandatangani oleh Nasabah.
  10. Dalam hal Kartu LAKU rusak atau hilang maka Nasabah dapat mengajukan permohonan penggantian kepada Agen tempat Nasabah membuka LAKU, dengan membawa kartu identitas asli yang masih berlaku dan dokumen pendukung lainnya sesuai ketentuan yang berlaku di BCA.
  11. Kartu LAKU akan ditutup jika LAKU yang terkait dengan Kartu LAKU ditutup dan Nasabah wajib mengembalikan Kartu LAKU kepada Agen.

E. PENANGANAN KELUHAN (PENGADUAN)

  1. Keluhan/pengaduan kepada BCA sehubungan dengan LAKU dan Kartu LAKU dapat disampaikan oleh Nasabah kepada Halo LAKU dan DUITT. Untuk keperluan penanganan keluhan/pengaduan tersebut, BCA berhak meminta Nasabah untuk menyerahkan fotokopi identitas diri Nasabah dan dokumen pendukung lainnya.
  2. Setiap keluhan terkait LAKU harus disampaikan oleh Nasabah kepada BCA dalam waktu selambat-lambatnya 3 (tiga) bulan sejak tanggal Transaksi dan BCA akan menanggapi keluhan tersebut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

F. PENYELESAIAN PERSELISIHAN

  1. Nasabah setuju bahwa setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang timbul dari dan/atau berkenaan dengan pelaksanaan Ketentuan LAKU PT Bank Central Asia Tbk (“BCA”) ini akan diselesaikan dengan cara musyawarah.
  2. Setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang tidak dapat diselesaikan secara musyawarah oleh Nasabah dan BCA, akan diselesaikan melalui fasilitasi perbankan di Bank Indonesia atau Otoritas Jasa Keuangan atau mediasi yang dilakukan melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa yang tercantum dalam Daftar Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan.
  3. Setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang tidak dapat diselesaikan baik secara musyawarah, fasilitasi perbankan, dan/atau mediasi sebagaimana dimaksud dalam butir 2 di atas, akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dengan tidak mengurangi hak BCA untuk mengajukan gugatan atau tuntutan melalui Pengadilan Negeri lainnya dalam wilayah Republik Indonesia.

Dapatkan Layanan

Agen LAKU
Klik disini untuk daftar lengkap agen LAKU. Pengajuan/Perekrutan menjadi Agen LAKU tidak dipungut biaya apapun (Kecuali Biaya Materai).
Disini
Halo LAKU DUITT
Hubungi Halo LAKU DUITT di 1500268
Hubungi Sekarang