Kembali ke halaman Kesehatan

AIA Optima Medical Care

AIA Optima Medical Care

Kenali Produk


Optima Medical Care merupakan produk asuransi Santunan Tunai Harian Rumah Sakit dan pembedahan yang diterbitkan oleh PT AIA FINANCIAL

Optima Medical Care juga memberikan manfaat pengembalian Premi yang dibayarkan jika tidak ada klaim dalam kurun waktu 1 tahun.

Manfaat Perlindungan


Santunan Tunai Harian

Manfaat Santunan Tunai Harian akan dibayarkan sesuai Plan Manfaat Asuransi Optima Medical Care yang dipilih apabila dalam Masa Asuransi, selama Polis berlaku dan setelah melewati Masa Tunggu berdasarkan Diagnosis Dokter, Tertanggung dan/atau Tertanggung Tambahan (jika ada) harus menjalani Rawat Inap di Rumah Sakit akibat Penyakit atau Cidera, dengan ketentuan:

  1. Rawat Inap tersebut merupakan Pelayanan Yang Dibutuhkan Secara Medis;
  2. Santunan Tunai Harian akan dibayarkan maksimal 200 (dua ratus) hari untuk seluruh Penyakit atau Cidera dalam 1 (satu) Tahun Polis;
  3. Manfaat Santunan Tunai Harian tidak berlaku untuk Tindakan Bedah Rawat Jalan.

Tambahan Santunan Tunai Harian ICU

Manfaat Tambahan Santunan Tunai Harian ICU akan dibayarkan sesuai sesuai Plan Manfaat Asuransi Optima Medical Care yang dipilih apabila dalam Masa Asuransi, selama Polis masih berlaku dan setelah melewati Masa Tunggu berdasarkan Diagnosis Dokter, Tertanggung dan/atau Tertanggung Tambahan (jika ada) harus menjalani Rawat Inap di ICU, dengan ketentuan:

  1. Manfaat Santunan Tunai Harian dibayarkan;
  2. Tambahan Santunan Tunai Harian ICU akan dibayarkan maksimal 30 (tiga puluh) hari untuk seluruh Penyakit atau Cidera dalam 1 (satu) Tahun Polis.

Manfaat Tindakan Bedah

Manfaat Tindakan Bedah akan dibayarkan sesuai dengan kuitansi yang diterbitkan oleh Rumah Sakit yang mencakup biaya Ahli Bedah, asisten operator, Ahli Anestesi, ruang bedah, ruang pemulihan, peralatan bedah dan Obat-obatan yang dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku umum dan standar, apabila dalam Masa Asuransi, selama Polis masih berlaku dan setelah melewati Masa Tunggu berdasarkan Diagnosis Dokter, Tertanggung dan/atau Tertanggung Tambahan (jika ada) harus menjalani Tindakan Bedah atau Tindakan Bedah Rawat Jalan akibat Penyakit atau Cidera dengan ketentuan:

  1. Tindakan Bedah atau Tindakan Bedah Rawat Jalan tersebut merupakan Pelayanan Yang Dibutuhkan Secara Medis dengan Biaya Wajar Yang Biasa Dibebankan.
  2. Tindakan Bedah digunakan sehubungan dengan Penyakit atau Cidera yang mengakibatkan Tertanggung dan/atau Tertanggung Tambahan (jika ada) menjalani Rawat Inap atau Tindakan Bedah Rawat Jalan yang telah Penanggung setujui; dan
  3. Dalam hal Tindakan Bedah dilakukan untuk tujuan transplantasi organ, maka Penanggung tidak membayarkan biaya untuk pembelian organ tersebut.

Manfaat Biaya Medis

Manfaat Biaya Medis akan dibayarkan sesuai dengan kuitansi yang diterbitkan oleh Rumah Sakit apabila dalam Masa Asuransi, selama Polis masih berlaku dan setelah melewati Masa Tunggu, berdasarkan Diagnosis Dokter, Tertanggung dan/atau Tertanggung Tambahan (jika ada) harus menjalani Rawat Inap akibat Penyakit atau Cidera yang terdiri dari biaya kunjungan Dokter, biaya layanan Ambulans dan biaya aneka perawatan Rumah Sakit yang merupakan Pelayanan Yang Dibutuhkan Secara Medis dengan Biaya Wajar Yang Biasa Dibebankan.

Manfaat Meninggal

Manfaat Meninggal akan dibayarkan, apabila dalam Masa Asuransi, selama Polis masih berlaku dan setelah melewati Masa Tunggu:

  1. Tertanggung meninggal , maka Penanggung akan membayarkan Manfaat Meninggal sesuai dengan Plan Asuransi yang dipilih dan Polis menjadi berakhir
  2. Tertanggung Tambahan (jika ada) meninggal dalam Masa Asuransi, maka Penanggung akan membayarkan Manfaat Meninggal sesuai dengan Plan Asuransi yang dipilih dan Polis tetap berlaku.

Bonus Tidak Ada Klaim (No Claim Bonus)

  1. Bonus tidak ada klaim akan dibayarkan sebesar 25% (dua puluh lima persen) dari total Premi yang telah dibayarkan apabila Pemegang Polis membayar penuh Premi selama 12 (dua belas) bulan berturut-turut di Tahun Polis sebelumnya dan tidak ada klaim atas Tertanggung dan/atau Tertanggung Tambahan (jika ada) yang pernah dibayarkan untuk periode tersebut (“Periode Evaluasi”).
  2. Pembayaran bonus tidak ada klaim (jika ada) akan dilakukan dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kerja setelah berakhirnya Periode Evaluasi. Manfaat bonus tidak ada klaim akan ditransfer ke nomor rekening pembebanan Premi Pemegang Polis.
  3. Apabila terdapat permintaan pembayaran Manfaat Asuransi yang terjadi setelah pembayaran bonus tidak ada klaim dilakukan, dimana tanggal Perawatan terjadi atau Tertanggung dan/atau Tertanggung Tambahan (jika ada) meninggal dalam Periode Evaluasi, maka pembayaran Manfaat Asuransi tersebut akan dikurangi dengan bonus tidak ada klaim yang sudah dibayarkan untuk Periode Evaluasi tersebut.
No Manfaat Deskripsi Plan
1 2 3 4
1 Santunan Tunai Harian Per hari (maksimal 200 hari per Tahun Polis) 250.000 500.000 750.000 1.000.000
2 Tambahan Santunan Tunai Harian ICU Per hari (maksimal 30 hari per Tahun Polis) 250.000 500.000 750.000 1.000.000
3 Manfaat Tindakan Bedah - Sesuai Kuitansi
4 Manfaat Biaya Medis Sesuai Kuitansi
Batas Tahunan Total* - 50 Juta 100 Juta 150 Juta 200 Juta
5 Manfaat Meninggal - 2.500.000 5.000.000 7.500.000 10.000.000
6 Bonus Tidak Ada Klaim per Tahun Polis 25% dari Premi Bonus Tidak Ada Klaim ini akan dibayarkan apabila Premi dibayar penuh, Polis masih berlaku dan tidak ada klaim yang pernah dibayarkan selama Periode Evaluasi

Catatan :

  1. Tidak diperkenankan mengubah Plan Manfaat Asuransi Optima Medical Care yang telah dipilih bagi Tertanggung dan/atau Tertanggung Tambahan (jika ada).
  2. Batas Tahunan Total dari Santunan Tunai Harian, tambahan Santunan Tunai Harian ICU, manfaat Tindakan Bedah dan manfaat Biaya Medis (tidak termasuk manfaat meninggal dan bonus tidak ada klaim).
Umur Tertanggung/ Tertanggung Tambahan (tahun) Premi Bulanan
Plan 1 (250.000) Plan 2 (500.000) Plan 3 (750.000) Plan 4 (1.000.000)
5-17 287.000 349.000 431.000 500.000
18-24 305.000 369.000 458.000 550.000
25-30 335.000 405.000 501.000 572.000
31-40 428.000 519.000 642.000 733.000
41-50 525.000 637.000 788.000 899.000
51-60 705.000 855.000 1.057.000 1.208.000
61-64 981.000 1.191.000 1.471.000 1.681.000

Syarat dan Ketentuan :

  • Umur Masuk Pemegang Polis : 18 – 60 tahun (Pemegang Polis harus sama dengan Tertanggung).
  • Umur Masuk Tertanggung Tambahan (pasangan) : 18 – 60 tahun.
  • Umur Masuk Tertanggung Tambahan (anak) : 5 Tahun – 17 Tahun.
  • Cara Bayar : Bulanan melalui autodebet kartu kredit BCA

Ketentuan Lainnya


Proteksi dengan Solusi Kesehatan Menyeluruh

  1. Nama penerbit: PT AIA Financial
  2. Nama produk: Optima Medical Care
  3. Mata uang: Rupiah
  4. Jenis produk: Kesehatan
  5. Deskripsi produk:
    • Santunan tunai harian Rumah Sakit
    • Santunan tunai ICU
    • Manfaat tindakan bedah dan biaya medis
    • Manfaat meninggal
    • Santunan tunai harian mulai dari Rp 250ribu hingga Rp 1Juta
    • Manfaat pengembalian Premi yang dibayarkan dalam kurun waktu 1 tahun jika tidak ada klaim
    • Berlaku untuk nasabah kartu kredit BCA
    • Produk ini ditawarkan melalui Telemarketing BCA
  6. Definisi-definisi penting:
    • Pemegang polis adalah Perorangan yang namanya dicantumkan dalam Polis sebagai pihak yang mengadakan perjanjian asuransi yang selanjutnya disebut “Anda”.
    • Tertanggung adalah Perorangan yang atas jiwanya diadakan perjanjian asuransi berdasarkan Polis ini.
  7. Prosedur, Tata cara dan Syarat:
    • Pengajuan Klaim
      1. Proses pembayaran Manfaat Asuransi akan dilakukan apabila seluruh berkas-berkas yang disyaratkan telah diterima dengan lengkap dan benar di kantor pusat Kami.
      2. Manfaat Asuransi akan Kami bayarkan setelah Anda melakukan pembayaran Premi secara penuh untuk risiko pertanggungan asuransi yang terjadi pada Masa Leluasa dan kewajiban-kewajiban Anda lainnya (jika ada).
      3. Kami tidak bertanggung jawab atas biaya-biaya yang diperlukan untuk melengkapi persyaratan permintaan pembayaran Manfaat Asuransi.
      4. Seluruh berkas-berkas dan/atau bukti-bukti pendukung permintaan pembayaran Manfaat Asuransi yang diajukan kepada Kami harus dalam bahasa Indonesia dan/atau bahasa Inggris.
      5. Surat yang Kami keluarkan mengenai pembayaran Manfaat Asuransi merupakan bukti yang sah bahwa Kami telah melaksanakan pembayaran Manfaat Asuransi sesuai ketentuan Polis yang berlaku.
    • Pembatalan Polis dalam Freelook Period

Apabila Anda tidak menyetujui syarat dan ketentuan yang tercantum dalam Polis ini karena alasan apapun, perlindungan asuransi dapat Anda batalkan, dengan:

      1. Menyampaikan kepada Kami Formulir Permohonan Pembatalan Polis yang telah diisi secara lengkap dan ditandatangani oleh Anda dan dikirimkan ke alamat kantor pusat Kami; atau
      2. Menyampaikan secara lisan kepada customer care Kami, dimana dalam hal ini Anda menyetujui bahwa percakapan terkait pembatalan Polis akan direkam;
      3. Dalam jangka waktu 14 (empat belas) hari kalender sejak tanggal Polis diterima oleh Anda (“Free Look Period”). Atas hal tersebut, Polis secara otomatis menjadi batal sejak Tanggal Berlaku Polis dan tidak ada perlindungan asuransi apapun yang menjadi kewajiban Kami kepada Anda, Tertanggung, dan/atau Tertanggung Tambahan (jika ada). Kami akan mengembalikan kepada Anda sebesar Premi yang telah dibayarkan.

Disclaimer (penting untuk dibaca):

  1. Perusahaan Asuransi dapat menolak permohonan produk Anda apabila tidak memenuhi persyaratan dan peraturan yang berlaku
  2. Anda harus membaca dengan teliti Ringkasan Informasi Produk dan Layanan ini dan berhak bertanya kepada pegawai Perusahaan Asuransi atas semua hal terkait Ringkasan Informasi Produk dan Layanan ini

Disclaimer (OJK)

  • Optima Medical Protection adalah Produk Asuransi yang dipasarkan khusus kerja sama antara PT AIA Financial (AIA) dengan PT Bank Central Asia Tbk (BCA)
  • Produk Asuransi bukan merupakan produk dan tanggung jawab Bank dan tidak termasuk dalam cakupan program penjaminan, serta Bank tidak bertanggung jawab atas segala informasi yang dikeluarkan oleh AIA
  • PT AIA Financial dan PT Bank Central Asia Tbk terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Dapatkan Layanan


Fitur Leave Contact Asuransi di aplikasi WELMA
Klik tombol "SAYA TERTARIK" pada detail informasi produk
Download Welma Sekarang
Bancassurance Consultant AIA
Kunjungi kantor Cabang BCA terdekat