Ingat Tukar Chip

Tukar kartu Debit BCA Non Chip-mu sekarang!

Mengapa tukar ke Kartu Debit Chip?

Mendukung Kebijakan Bank Indonesia (BI)

Mulai tanggal 1 Desember 2021, Bank Indonesia mewajibkan penggunaan Kartu Debit berbasis Chip untuk semua Kartu yang diterbitkan di Indonesia.

Banyak Benefitnya

Bisa melakukan transaksi debit online untuk berbelanja online, berlangganan aplikasi musik dan film, dan beli voucher game

Mengurangi Risiko Kejahatan Kartu

Kartu Debit berteknologi chip lebih aman sehingga bisa mengurangi risiko pencurian data kartu

Ingat Tukar Chip

Kenali Produk Perlu Diketahui FAQ Dapatkan Layanan

Ingat Tukar Chip

Per 1 Desember 2021, Kartu Debit BCA Non Chip tidak dapat digunakan untuk transaksi di ATM dan belanja dengan pembayaran menggunakan debit. Namun, transaksi dapat tetap dilakukan melalui BCA mobile atau KlikBCA. Segera tukar ke Kartu Chip melalui BCA mobile, CS Digital BCA, Kantor Cabang BCA dan HaloBCA dengan hubungi via aplikasi atau melalui telepon di 1500 888

Perlu Diketahui

Untuk menjaga kenyamanan dan keamanan transaksi, lakukan penggantian Kartu Debit BCA Non Chip ke Kartu Debit BCA Chip sebelum tanggal 1 Desember 2021, jangan sampai kartu sudah tidak bisa digunakan. Selain tidak dikenakan biaya alias GRATIS, mengganti Kartu Debit BCA Non Chip ke Kartu Debit BCA Chip pun mudah. Adapun caranya sebagai berikut:

BCA mobile

Melalui BCA mobile, nasabah dapat dengan mudah melakukan penggantian Kartu Debit Non Chip BCA. Kartu Nasabah akan dikirimkan ke alamat pilihan nasabah ataupun dikirmkan ke cabang terdekat. Nasabah dapat mengajukan pergantian kartu dengan cara:

  • Login ke BCA mobile Anda
  • Klik menu Akun Saya di Pojok Kanan Bawah
  • Klik button Ganti Kartu
  • Pilih kartu dan pilih alamat pengiriman kartu Anda
  • Isi Lengkap lalu masukan PIN m-BCA
  • Selesai, kartu akan dikirimkan

Poin Penting Penggantian Kartu Debit melalui BCA mobile :

  • Nasabah diperbolehkan melakukan penggantian varian (GPN – Mastercard) ataupun tipe kartu (Blue – Gold – Platinum). Pilihan tipe kartu Platinum hanya diperbolehkan untuk nasabah dengan Kartu Debit lama tipe Platinum
  • Desain kartu yang dicetak dapat berbeda mengikuti ketersediaan di BCA
  • Untuk tujuan pengiriman kartu, Nasabah dapat memilih diantara alamat yang tercatat di sistem BCA, mengisikan alamat pengiriman baru, ataupun memilih dikirimkan ke cabang terdekat
  • Terdapat biaya pengiriman kartu sebesar Rp. 20.000,- / USD 1 / SGD 2 per kartu
  • Kartu akan dikirimkan ke alamat yang dipilih nasabah dalam 3 hari kerja untuk wilayah Jabodetabek dan 5 hari kerja untuk di luar wilayah Jabodetabek
  • Untuk keamanan, kartu dikirimkan dalam keadaan non-aktif. Maksimal waktu pengaktivasian kartu melalui ATM BCA adalah 30 hari sejak pengajuan penggantian kartu

Hubungi Halo BCA

Melalui Halo BCA nasabah dapat mengajukan penggantian Kartu Debit BCA Non-Chip ke Kartu Debit BCA Chip, dan kartu akan dikirimkan ke alamat nasabah. Nasabah dapat menghubungi Halo BCA melalui telepon ke 1500888 ataupun melalui Aplikasi Halo BCA :

1. Melalui telepon ke 1500888 :

  • Hubungi 1500888;
  • Pilih bahasa layanan (1 – Bahasa Indonesia, 2 – Bahasa Inggris);
  • Tekan 1 untuk masuk ke menu “Perbankan”;
  • Tekan 0 untuk berbicara dengan Customer Service;
  • Ajukan proses penggantian kartu.

2. Melalui aplikasi Halo BCA (bebas biaya – menggunakan paket data)

Poin Penting Penggantian Kartu Debit via Halo BCA :

  • Penggantian Kartu Debit melalui Halo BCA dikhususkan untuk penggantian Kartu Debit BCA Non-Chip, baik yang terhubung dengan rekening non-joint ataupun rekening jointor
  • Nasabah diperbolehkan melakukan penggantian tipe kartu (Blue – Gold – Platinum). Pilihan tipe kartu Platinum hanya diperbolehkan untuk nasabah pemegang Kartu ATM/Debit BCA Non-Chip tipe Platinum
  • Tidak dapat melakukan penggantian data sistem (misalnya alamat/nomor handphone) bersamaan dengan pengajuan penggantian kartu
  • Terdapat biaya pengiriman kartu sebesar Rp. 20.000,- / USD 1 / SGD 2 per kartu
  • Kartu akan dikirimkan ke alamat yang dipilih nasabah dalam 3 hari kerja untuk wilayah Jabodetabek dan 5 hari kerja untuk di luar wilayah Jabodetabek
  • Untuk keamanan, kartu dikirimkan dalam keadaan non-aktif. Maksimal waktu pengaktivasian kartu melalui ATM BCA adalah 30 hari sejak pengajuan penggantian kartu diproses

Layanan CS Digital

CS Digital adalah layanan Customer Service (CS) bagi setiap nasabah BCA yang ingin melakukan transaksi perbankan dalam satu mesin digital secara self service di cabang ataupun lokasi lainnya. Informasi lengkap mengenai CS Digital BCA, klik disini

Kantor Cabang BCA

Penggantian ke Kartu Debit BCA Non-Chip ke Kartu Debit BCA Chip dapat dilakukan di seluruh kantor cabang BCA di seluruh Indonesia.

FAQ

Kartu BCA jenis apa saja yang perlu digantikan ke kartu chip?

Seluruh Kartu ATM/Debit BCA Non-Chip perlu digantikan ke Kartu ATM/Debit BCA Chip. Berikut informasi jenis dan fasilitas penggantian kartu yang tersedia :

Jenis Kartu

Cabang

CS Digital

Halo BCA

BCA mobile

Xpresi BCA

Debit BCA

Tapres

1

BCA Dollar

1

TabunganKu

-

-

Simpel

-

-

-

BCA Cash 

-

-

1) Hanya pemesanan, kartu diambil di cabang

Kelengkapan dokumen apa saja yang perlu disiapkan untuk melakukan penggantian kartu?

Kelengkapan Dokumen

Cabang

CS Digital

Halo BCA

BCA mobile

Kartu KTP-el

 

 

Kartu ATM/Debit

 

 

 

Form Penggantian Kartu2

 

 

 

Foto KTP-el

 

 

 

Foto Selfie dengan KTP-el3

 

 

 

Catatan :

2 Formulir akan dikirimkan saat proses pengajuan dan wajib dilengkapi nasabah sebelum dikirimkan kembali.

3 Foto Selfie dilakukan sembari memegang kartu KTP-el di bawah dagu (tidak menutupi bagian wajah).

Apakah nasabah dapat mengajukan penggantian varian/level kartu saat mengganti Kartu ATM/Debit BCA Non-Chip?

Nasabah dapat melakukan penggantian varian/level kartu saat mengganti kartu ATM/Debit BCA Non-Chip melalui Cabang, CS Digital, dan BCA mobile. Khusus untuk penggantian kartu melalui BCA mobile, pemilihan level kartu Platinum hanya diperbolehkan untuk nasabah pemegang Kartu ATM/Debit BCA Non-Chip level Platinum, sementara untuk penggantian kartu melalui Halo BCA, Nasabah akan dapat memilih varian kartu yang diinginkan dan level kartu yang didapat akan sesuai dengan level kartu ATM/Debit BCA Non-Chip Nasabah.

Apakah ada biaya dalam penggantian Kartu ATM/Debit BCA Non-Chip ini?

Nasabah tidak dikenakan biaya penggantian kartu untuk penggantian Kartu ATM/Debit BCA Non-Chip ke Kartu ATM/Debit BCA Chip.

Khusus untuk penggantian kartu melalui Halo BCA dan BCA mobile, terdapat biaya pengiriman kartu yang dibebankan sebesar Rp. 20.000,- atau USD 1 atau SGD 2 per kartu sesuai jenis mata uang dari rekening nasabah yang terhubung dengan kartu.

Kemana saja tujuan kartu pengganti dapat dikirimkan?

Kelengkapan Dokumen

Cabang

CS Digital

Halo BCA

BCA mobile

Pengambilan Instan

✔4

 

-

Kantor Cabang BCA

✔5

 

✔6

Alamat Sesuai Sistem BCA

 

 

 

 

  • Alamat Surat Menyurat

 

 

  • Alamat Rumah (Sesuai Identitas)

 

 

  • Alamat Kantor

 

 

Alamat Baru/lainnya

 

 

 

Catatan :

4 Khusus untuk kartu Xpresi BCA dan Debit BCA

5 Dapat memilih cabang tujuan pengiriman kartu dan hanya untuk kartu Tapres dan BCA Dollar

6 Dapat memilih cabang tujuan pengiriman kartu

Apakah harus nasabah sendiri yang menerima kartu saat dikirimkan?

Dalam kondisi nasabah tidak terdapat di lokasi, penerimaan kartu dapat diwakilkan.

Apakah kartu dapat langsung dipakai saat diterima?

Untuk keamanan rekening anda, kartu dikirimkan dalam keadaan non aktif, sehingga perlu dilakukan aktivasi melalui ATM BCA sebelum dapat digunakan. Anda wajib melakukan aktivasi kartu maksimal 30 hari kalender sejak pengajuan diproses.

Bagaimana cara melakukan aktivasi kartu yang telah diterima?

Anda dapat melakukan aktivasi kartu melalui ATM BCA, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Request kode aktivasi melalui SMS
    • Nasabah melakukan permintaan Kode Aktivasi melalui SMS dengan menggunakan nomor handphone yang terdaftar di BCA
    • Format SMS: AKTIVASI<spasi>[16 digit nomor kartu] kirim ke 69888
    • Kode aktivasi akan diterima via SMS dengan pengirim (sender) dari BCA dan akan kedaluwarsa dalam 30 menit. (Pastikan nomor HP Anda yang digunakan untuk mengirim pesan (SMS) tersebut adalah nomor HP yang terdaftar di BCA)
  2. Aktivasi di ATM
    • Pilih menu “Aktivasi Kartu”
    • Masukkan kartu yang akan diaktivasi
    • Masukkan kode aktivasi yang telah diterima via SMS dengan pengirim (sender) dari BCA
    • Masukkan PIN Baru
    • Konfirmasi ulang PIN
    • Aktivasi Selesai

Dapatkan Layanan

BCA mobile
Akses produk atau layanan ini secara langsung dan online di mana saja kapan saja
More Info
Kantor Cabang BCA
Lokasi Cabang