Jakarta, 23 April 2025 - Dalam semangat memperingati Hari Kartini, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menegaskan komitmennya untuk terus mendorong perempuan Indonesia menjadi sosok yang berani melangkah dan berdaya secara ekonomi. Melalui Virtual Talk Show Session bertajuk “Berani & Berkarya”, BCA menghadirkan dua tokoh perempuan inspiratif, Lanny Siswandi founder Sambal Bu Rudy dan Eunike Selosmith co-founder/CEO dr soap. Keduanya membagikan kisah perjuangan merintis usaha dan strategi mengembangkan UMKM agar mampu menembus pasar, tumbuh berkelanjutan, dan memberikan kontribusi nyata bagi perekonomian bangsa.
Acara ini dibuka oleh Direktur BCA Vera Eve Lim, yang menyampaikan apresiasi kepada perempuan Indonesia atas kontribusinya dalam membangun negeri. Ia menegaskan, "UMKM adalah pilar utama perekonomian Indonesia. Hingga akhir 2024, terdapat 65,5 juta UMKM dan 64% di antaranya dikelola oleh perempuan. Ini menunjukkan betapa besar peran perempuan dalam menggerakkan ekonomi. Melihat potensi ini, BCA terus mendampingi perjalanan pelaku UMKM melalui berbagai inisiatif mulai dari akses pendanaan, pelatihan, hingga perluasan pasar. Hal ini merupakan bagian dari komitmen kami mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan."
Dalam sesi ini, Lanny dan Eunike membagikan kisah perjalanan mereka dengan penuh semangat untuk menginspirasi. Lanny, sosok di balik kesuksesan Sambal Bu Rudy, meniti jalannya tidak secara instan. Sebelum menemukan produk andalan, Lanny telah menjajal berbagai jenis usaha demi memberikan secercah nafkah kepada keluarganya. Dari proses tersebut, Lanny belajar bahwa kecintaan pada apa yang dilakukan adalah fondasi utama.
Baginya, bisnis bukan hanya soal meraih keuntungan, tapi juga wadah untuk tumbuh bersama. Semangat kolaborasi ini diwujudkannya dengan membuka ruang bagi UMKM lain untuk ikut berjualan di tokonya. Menurut Lanny, ketika seseorang bekerja dengan hati yang senang dan tanpa beban, usaha akan berkembang secara berkelanjutan. Lanny juga menekankan pentingnya memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan sesuai kemampuan serta terus belajar dari para pelaku usaha yang lebih berpengalaman.
Sementara itu, Eunike, seorang ibu dan mantan praktisi komunikasi, berbagi kisah perjalanan banting setirnya ke dunia kewirausahaan. Tanpa latar belakang bisnis, Eunike menyadari bahwa kepercayaan pada diri sendiri adalah kunci untuk memulai. Dia percaya, tak perlu menunggu kesempurnaan untuk mulai bergerak. Usaha tak akan mengkhianati hasil, dan terus belajar dari mereka yang telah lebih dulu sukses adalah bekal penting dalam membangun bisnis.
Sebagai bentuk apresiasi terhadap semangat dan kontribusi perempuan Indonesia, khususnya dalam dunia usaha, BCA menghadirkan program Kredit Multiguna Usaha (KMU) Kartini. Program ini memberikan kemudahan bagi Kartini yang ingin memulai atau mengembangkan usahanya dengan penawaran suku bunga rendah sebesar 3,21% efektif per tahun. Dengan suku bunga tetap hingga 5 tahun dan pilihan tenor panjang hingga 20 tahun, program ini memberikan kepastian angsuran dan memudahkan perencanaan keuangan jangka panjang. Bagi nasabah yang tertarik untuk mengajukan KMU Kartini dapat mengakses melalui tautan bca.id/kmukartini25.
Selain itu, BCA terus berkomitmen mendukung UMKM melalui berbagai inisiatif, salah satunya program Bangga Lokal BCA. Program ini bertujuan untuk mendukung produk lokal dan UMKM dengan meningkatkan akses pasar, memperkenalkan produk unggulan lokal ke pasar yang lebih luas, dan memperkuat jaringan distribusi. Dukungan BCA terhadap UMKM juga diwujudkan melalui program Bakti BCA, yang berfokus pada pilar Desa Bakti BCA. Berbagai inisiatif telah dilaksanakan, seperti pelatihan Sertifikasi Halal UMKM dan UMKM BCA Go Export yang berhasil mendorong sejumlah UMKM binaan untuk menembus pasar internasional. Secara total, nilai ekspor yang berhasil diciptakan UMKM binaan BCA mencapai Rp37 miliar hingga akhir tahun 2024.
“BCA berkomitmen untuk terus mendukung pelaku usaha, termasuk perempuan, melalui berbagi inspirasi dan pengetahuan. Kami berharap semakin banyak Kartini masa kini yang berani melangkah, berinovasi, dan membawa perubahan positif bagi perekonomian Indonesia,” tutup Vera.
##
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2025)
BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Maret 2025, BCA melayani lebih dari 41 juta rekening nasabah dan memproses lebih dari 110 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.264 kantor cabang, 19.681 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 27.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CCR
Corporate Communication
Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id