Kembali ke Pressroom
19 Sep 2024

BCA Ajak 92 UMKM Medan Tingkatkan Kualitas Produk Lewat Workshop Sertifikasi Halal

Medan, 19 September 2024 – Sebagai wujud nyata atas dukungan BCA terhadap kemajuan UMKM Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali melanjutkan program Workshop Sertifikasi Halal UMKM 2024. Sebanyak 92 pelaku UMKM mengikuti program yang digelar di Medan, pada Rabu (18/9).

EVP Corporate Communication dan Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan, “Melihat dampak positif dari sertifikat halal terhadap peningkatan dan keberlanjutan bisnis UMKM, BCA melanjutkan kembali program Workshop Sertifikasi Halal UMKM 2024 ke berbagai daerah lain termasuk kota Medan. Melalui program ini, BCA memberikan kesempatan langsung kepada UMKM untuk memahami proses sertifikasi halal dengan metode self declare sekaligus memberikan edukasi tentang pentingnya standar halal dalam meningkatkan mutu produk.”

Workshop Sertifikasi Halal BCA telah diadakan di 18 daerah termasuk Makassar, Bali, Jakarta, Samarinda, Depok, Surabaya, Madiun, Pontianak, Bukittinggi, Magelang, Bogor dan akan terus berlanjut di berbagai kota di Indonesia. Sebaran pelaksanaan workshop ini menjadi bukti komitmen BCA untuk membantu pelaku usaha kecil dan menengah dalam memenuhi standar halal, sehingga dapat memperluas jangkauan pasar mereka dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

Menurut survei Kementerian Koperasi dan UKM, omzet rata-rata pelaku usaha meningkat 8,5% setelah mendapatkan sertifikat halal. Hal ini disebabkan tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap produk bersertifikat halal. Melihat hal tersebut, BCA berkomitmen terus melanjutkan program sertifikasi halal bagi UMKM.

BCA memberikan dukungan pembayaran biaya sertifikasi halal bagi pelaku UMKM, dan penawaran menarik lain seperti pembukaan rekening online, pembuatan kartu kredit BCA online, aktivasi metode pembayaran via QRIS, serta fasilitas pembiayaan usaha (KUR) dan produk konsumtif lainnya.

Terhitung sejak bulan Mei hingga Agustus 2024, BCA telah melakukan workshop sertifikat halal yang telah diikuti lebih dari 1.800 pelaku UMKM di beberapa kota di Indonesia. BCA sendiri dan menargetkan penerbitan 2.000 sertifikat halal bagi 2.000 UMKM di seluruh Indonesia pada tahun ini. Adapun hingga saat ini, sekitar 1.300 peserta program workshop sertifikasi halal BCA telah berhasil menerbitkan sertifikat halal.

Dukungan BCA terhadap UMKM juga tercermin dari penyaluran kredit UKM yang tumbuh 12,7% YoY mencapai Rp 114,4 triliun per Juni 2024. Dalam rangka terus mendorong penyaluran kredit ke sektor ini, BCA memberikan promo suku bunga kredit bagi debitur komersial dan UMKM yang bergerak dalam Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan.

“Kami berharap Workshop Sertifikasi Halal UMKM 2024 dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi UMKM di Medan dan seluruh Indonesia. Kami tidak hanya memberikan pemahaman mengenai sertifikasi halal, namun juga membantu pelaku usaha kecil dan menengah dalam memenuhi standar halal dan memperoleh sertifikat halal,” tutup Hera.

KeteranganFoto:

Komitmen BCA Bantu UMKM Perluas Jangkauan Pasar - Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Sumatera Utara Naslindo Sirait (kiri), Kepala Bidang Koperasi UKM, Diskoperindag Kota Medan Anwar Syarif (tengah), dan Kepala KCU BCA Asia Suwandy Soesetyo di acara Workshop Sertifikasi Halal 2024 Medan, pada Rabu (18/9). Workshop Sertifikasi Halal BCA telah diadakan di 18 daerah termasuk Makassar, Bali, Jakarta, Samarinda, Depok, Surabaya, Madiun, Pontianak, Bukittinggi, Magelang, Bogor dan akan terus berlanjut di berbagai kota di Indonesia. Sebaran pelaksanaan workshop ini menjadi bukti komitmen BCA untuk membantu pelaku usaha kecil dan menengah dalam memenuhi standar halal, sehingga dapat memperluas jangkauan pasar mereka dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

*****

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 Juni 2024)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Per akhir Juni 2024, BCA melayani lebih dari 37 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 95 juta transaksi setiap hari, didukung 1.259 kantor cabang, 19.163 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat. Dengan lebih dari 27.000 karyawan, visi BCA adalah menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR
Corporate Communication

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id


Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA