Jakarta, 13 Juli 2021 – Di tengah situasi tantangan pandemi COVID-19, lima Bank Nasional berkolaborasi bersama menginisiasi gerakan kepedulian untuk mendukung upaya Pemerintah dalam program akselerasi vaksinasi Nasional guna menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) menuju pemulihan ekonomi nasional.
Didukung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank BCA, dan Bank CIMB Niaga berkomitmen melaksanakan program vaksinasi nasional “Gerakan Peduli Insan Perbankan” dengan target sebanyak 144.473 peserta.
Hadir secara virtual dalam seremoni “Gerakan Peduli Insan Perbankan” adalah Menteri Kesehatan Republik Indonesia (RI) Budi Gunadi Sadikin, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana, Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Direktur Utama BRI Sunarso, Direktur Utama BNI Royke Tumilaar, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, Direktur BCA Haryanto T. Budiman, Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan, dan Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga Fransiska Oei, pada Selasa (13/07).
Tahap pertama program vaksinasi ini menyasar sekitar 112.920 peserta dari masyarakat umum, nasabah, karyawan, dan keluarga karyawan Bank di 13 kota. Adapun lokasi pelaksanaan adalah di DKI Jakarta, Padang, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Makassar, Palembang, Semarang, Medan, Balikpapan, Manado, Banjarmasin, dan Pontianak. Sedangkan, tahap kedua vaksinasi ini dengan target 31.553 peserta dari masyarakat umum, nasabah, karyawan, dan keluarga karyawan Bank akan dilaksanakan di 48 kota.
Menteri Kesehatan Republik Indonesia (RI) Budi Gunadi Sadikin mengatakan "Pelaksanaan pelayanan di sentra vaksinasi dapat dilakukan melalui kerjasama dengan sektor swasta. Kami menyambut baik adanya dukungan dari sektor perbankan untuk karyawan, keluarga, nasabah dan masyarakat umum. Terima kasih atas kontribusi dan niat baiknya yang luar biasa, semoga ini dapat diteruskan sampai akhir tahun."
Pada kesempatan yang sama, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana menambahkan bahwa program vaksinasi ini merupakan wujud keikutsertaan perbankan pada penanggulangan pandemi Covid-19. Kelima bank pelaksana program vaksinasi hari ini memiliki jaringan yang luas, baik dari sisi insfrastruktur fisik kantor cabang maupun jumlah nasabah, diharapkan dapat mengakselerasi pelaksanaan program vaksinasi. Ke depan, partisipasi dan sinergi perbankan dan asosiasi perlu lebih diintensifkan agar mampu memberi daya akselerasi yang lebih besar dan dengan cakupan yang lebih luas lagi bagi program vaksinasi ini.
Seperti diketahui, industri keuangan merupakan salah satu sektor industri esensial yang terus beroperasi selama masa pendemi ini dengan senantiasa menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah dan badan kesehatan dunia WHO. Oleh karenanya, perbankan perlu memastikan karyawannya telah mendapatkan vaksinasi sehingga dapat optimal dalam memberikan pelayanan kepada nasabah dan masyarakat.
Informasi Penyaluran Vaksin
Di sisi lain, kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan ketat sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh WHO dan pemerintah yaitu 5M; Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas.
Seremoni Vaksinasi Nasional Insan Perbankan – (kiri, atas-bawah) Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana, Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Direktur Utama Bank BRI Sunarso, Menteri Kesehatan Republik Indonesia (RI) Budi Gunadi Sadikin (tengah), (kanan, atas-bawah) Direktur Utama Bank BNI Royke Tumilaar, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dan Presiden Direktur Bank CIMB Niaga Tigor M. Siahaan di pembukaan seremoni vaksinasi nasional insan perbankan pada Selasa (13/07) yang digelar secara virtual.
Pelaksanaan Vaksinasi Nasional Insan Perbankan – Pada Selasa (13/07) dilaksanakan seremoni pembukaan vaksinasi nasional insan perbankan yang dibuka serentak secara virtual di 5 kota yaitu DKI Jakarta, Palembang, Bandung, Balikpapan dan Makassar. Nantinya tahap pertama program vaksinasi ini menyasar peserta dari masyarakat umum, nasabah, karyawan, dan keluarga karyawan Bank. Industri keuangan merupakan salah satu sektor industri esensial yang terus beroperasi selama masa pendemi ini, oleh karenanya, perbankan perlu memastikan karyawannya telah mendapatkan vaksinasi sehingga dapat optimal dalam memberikan pelayanan kepada nasabah dan masyarakat.
***
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2021)
BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Maret 2021, BCA melayani lebih dari 25 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 41 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.244 kantor cabang, 17.634 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 24.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat & Komunikasi Perusahaan
Biro Hubungan Masyarakat
Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20
Jakarta Pusat
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8300
E-mail : humas@bca.co.id