Jakarta, 19 Desember 2017 - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senantiasa berkomitmen mengimplementasikan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) dalam rangka menjalankan visi misi dan nilai perusahaan. Tata kelola perusahaan yang baik membawa BCA sebagai perusahaan yang mampu menjadi mitra masyarakat dalam mewujudkan terciptanya perilaku bisnis yang sehat.
BCA meraih predikat Most Trusted Companies Based on Corporate Governance Perception Index dalam ajang Good Corporate Governance Award 2017, penghargaan yang diselenggarakan oleh Majalah SWA bersama Indonesia Institute for Corporate Governance (IICG). Penghargaan ini diserahkan kepada Senior Vice President Corporate Communication BCA Dwi Narini di Jakarta (19/12).
Dwi Narini menguraikan, perusahaan di Indonesia kini sedang gencar memasang strategi guna mengantongi kepercayaan masyarakat, terutama kepada stakeholder yang berhubungan secara langsung dengan perusahaan. Kepercayaan masyarakat diperoleh melalui visi misi perusahaan yang telah diimplementasikan pada penerapannya, seperti transparansi data dan pelaksanaaan program tanggung jawab perusahaan. BCA secara konsisten berupaya memelihara kepercayaan nasabah, pemegang saham, dan pemangku kepentingan lainnya dengan menjunjung tata kelola perusahaan yang baik yang dilaksanakan oleh seluruh jajaran direksi dan karyawan BCA demi mewujudkan penciptaan nilai bagi stakeholders dan mewujudkan keberlanjutan perusahaan dalam jangka panjang.
“Sebagai perusahaan perbankan yang sudah go public, kami senantiasa konsisten dalam menjalankan nilai-nilai perusahaan guna meningkatkan kepercayaan masyarakat dan menghasilkan kinerja keuangan maupun bisnis yang positif. Berbagai upaya dan peningkatan kinerja melalui program yang telah kami realisasikan merupakan bentuk komitmen BCA untuk turut serta dalam mendongkrak pertumbuhan perekonomian Indonesia,” tambah Dwi Narini.
Bertemakan ‘Transformasi Model Bisnis dalam Kerangka Good Corporate Governance (GCG)’, tema penilaian penghargaan disesuaikan dengan dinamika dunia industri dan bisnis yang mendapat banyak tantangan serta peluang dari perkembangan teknologi dan perilaku konsumen yang menuntut perusahaan untuk berubah melakukan adaptasi dan integrasi dalam menghadapi dinamika tersebut. Adapun aspek penilaian yang digunakan dalam penjurian penghargaan ini, antara lain governance outcome (output, outcome, impact), governance process (sistem dan mekanisme), dan governance structure (struktur dan kebijakan). Sedangkan, tahapan penilaian sendiri dilakukan berdasarkan observasi, kuisioner, dan sistem dokumentasi yang melibatkan 2.752 responden.
Penghargaan ini menambah daftar penghargaan yang telah diraih BCA selama tahun 2017. Setiap apresiasi yang telah diterima menjadi sebuah dorongan BCA untuk terus meningkatkan kinerja dan daya saing. “Penghargaan ini menjadi bukti kerja keras dan kinerja manajemen dan karyawan BCA yang telah menunjukkan dedikasi dan komitmennya dalam menerapkan nilai-nilai Good Corporate Governance (GCG). Besar harapan kami BCA beserta dengan perusahaan-perusahaan lainnya senantiasa menciptakan nilai tambah bagi bangsa,” tutup Dwi Narini.
Good Corporate Governance Award 2017 – Senior Vice President Corporate Communication PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Dwi Narini (tengah) menerima penghargaan Most Trusted Companies Based on Corporate Governance Perception Index yang diserahkan oleh Pemimpin Umum Redaksi Swa Media Group Kemal Effendi Gani (kiri) dan Chairman Indonesia Institute for Corporate Governance (IICG) G. Suprayitno (kanan) dalam ajang Good Corporate Governance Award 2017 di Jakarta, Selasa (19/12). Penghargaan tersebut diselenggarakan oleh Majalah SWA bersama Indonesia Institute for Corporate Governance (IICG) yang ditentukan berdasarkan Corporate Governance Perception Index (CGPI) diberikan kepada institusi yang berhasil beradaptasi dan berintegrasi menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik mewujudkan penciptaan nilai bagi stakeholders dan mewujudkan keberlanjutan perusahaan dalam jangka panjang.
***
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 September 2017)
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir September 2017, BCA memfasilitasi layanan transaksi perbankan kepada 16 juta rekening nasabah melalui 1.225 cabang, 17.314 ATM dan lebih dari 460 ribu EDC dengan dilengkapi layanan internet banking dan mobile banking.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi
Biro Hubungan Masyarakat
Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20
Jakarta Pusat
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8300
E-mail : humas@bca.co.id