2022-08-04 | #AwasModus

Waspada Penipuan Tawaran Naik Limit Kartu Kredit / Kartu Kredit Tambahan

Penipuan modus social engineering kembali mengincar para pengguna kartu Kredit BCA, yang secara umum menghubungi nasabah BCA melalui telepon atau sarana aplikasi lainnya seperti Whatsapp, Line, Facebook, dll dimana penelepon mengaku sebagai  pihak Bank BCA / Telemarketing BCA/ Bank Lain/ Lembaga Keuangan tertentu.

Calon korban yang merupakan pengguna kartu kredit BCA / card holder (CH) dihubungi oleh pihak yang mengaku pihak BCA/ Bank/ lainnya. Pemilik kartu kredit akan dibuat merasa yakin bahwa si penelepon adalah dari BCA. Terlebih dihubungi dari nomor yang mirip dengan kontak Halo BCA, atau nomor yang mengaku dari Telemarketing resmi BCA.

Modus yang umum terjadi adalah penawaran upgrade limit kartu kredit BCA menjadi lebih tinggi, atau penawaran kartu kredit tambahan. Fraudster akan memberikan iming-iming hadiah atau syarat mudah agar nasabah tertipu. Ada juga variasi penawaran lainnya, misal bebas uang iuran tahunan, claim reward dan voucher diskon belanja online.

Terkadang, fraudster juga membuat kepanikan pemilik kartu kredit dengan menginformasikan bahwa terdapat transaksi mencurigakan pada kartu kredit korban dan akan dibantu pembatalan / blokir transaksi (kadang penelpon bertindak sebagai Bank lain juga).

Selanjutnya, fraudster akan meminta pemilik kartu kredit untuk mengisi form (yang dikirimkan ke CH melalui email/ sms/ wa atau secara lisan) berupa data pribadi perbankan yang sifatnya rahasia, seperti nomor kartu kredit, expire date, CVV / CVC, OTP, dll. Pemilik kartu kredit terpengaruh dan memberikan data OTP kepada fraudster (pemberian data ini bisa juga melalui link palsu yang diberikan fraudster maupun disampaikan secara lisan).

Jika pemilik kartu kredit memberikan data tersebut, fraudster berhasil mengakses kartu kredit korban untuk digunakan melakukan transaksi online secara ilegal.

Tips Aman Cara Menghindari Modus Ini

  • Jika ada penawaran program upgrade / naik limit kartu kredit atau kartu tambahan melalui sarana social media, telemarketing serta media pemasaran lainnya, harap dicek kebenarannya melalui Halo BCA di 1500888.
  • Jaga selalu kerahasiaan data-data pribadimu seperti nomor expired kartu, kode CVV / CVC, kode OTP dan lain-lain. Jangan berikan kepada siapapun lewat sarana apapun.
  • Sarana proses request naik limit kartu kredit dapat dilakukan nasabah/cardholder melalui BCA mobile pada fitur m-Admin, lalu pilih Request Limit Kartu Kredit. Info lengkapnya bisa kamu cek di sini.
  • Berikut video tutorial request naik limit kartu kredit di BCA mobile:

  • Bagi nasabah yang belum memiliki kartu kredit BCA dan ingin melakukan apply kartu kredit BCA, dapat dilakukan secara online melalui website resmi BCA . Informasi lengkapnya kamu bisa cek di sini

Jadi hati-hati ya, apabila mendapatkan modus seperti ini, kamu dapat menghubungi Halo BCA di 1500888 (tanpa awalan apapun) atau melalui WhatsApp Halo BCA 0811-1500998, twitter @halobca atau webchat www.bca.co.id

Jaga selalu kerahasiaan data-data pribadimu, dan jangan pernah terjerat oleh bujuk rayu penipu. Yuk cari tahu biar aman di www.bca.co.id/awasmodus.

#DatamuRahasiamu #CariTahuBiarAman