BCA

Hampir seluruh transaksi yang bisa kamu lakukan secara offline, juga bisa dilakukan secara online melalui Internet Banking. Supaya transaksi di Internet Banking semakin mudah, nyaman dan aman, yuk ikuti tips-tips berikut ini.

  1. Akses Internet Banking BCA melalui Alamat Resmi
  1. Situs resmi Internet Banking BCA adalah http://www.klikbca.com, setelah memasukkan alamat ini di url bar browser dan halaman utama tampil, klik tombol LOGIN di Internet Banking Individu (KlikBCA Individu) atau Bisnis (KlikBCA Bisnis).
  2. Jika mengakes dari browser smartphone, kamu juga bisa langsung masuk ke halaman login KlikBCA Individu dengan memasukan alamat https://ibank.klikbca.com atau https://m.klikbca.com
  3. Jika memiliki BCA mobile, kamu bisa akses KlikBCA Individu via menu di BCA mobile.

Agar mempermudah mengakses Internet Banking BCA, simpan alamat situs pada menu favorites atau bookmarks di browser, sehingga untuk selanjutnya kamu dapat mengakses hanya dengan memilih dari menu favorites atau bookmarks.

Pastikan bahwa halaman yang kamu akses dienkripsi dengan menggunakan SSL yang sah dan telah terdaftar untuk https://ibank.klikbca.com atau https://m.klikbca.com dengan cara melihat gambar gembok/kunci di sebelah kiri atas url bar. Supaya transaksi makin aman, pastikan kamu sudah LOGOUT dari Internet Banking BCA saat meninggalkan computer meskipun hanya sesaat.

Hindari mengakses Internet Banking BCA di tempat umum atau jaringan WiFi public karena bisa saja data kamu dicuri oleh pihak lain.


  1. Jangan Bagikan PIN Kepada Siapa Pun

Waspadai upaya penipuan dari oknum yang mengaku sebagai petugas bank/petugas BCA/organisasi tertentu melalui telepon, faks atau email, yang menanyakan data pribadi, termasuk PIN Internet Banking dan PIN KeyBCA milikmu. BCA  tidak pernah meminta atau menanyakan nomor PIN nasabah. Selain itu, jangan lupa untuk mengganti PIN secara berkala dengan kombinasi angka yang unik dan sulit ditebak oleh orang lain.


  1. Berhati-Hati Saat Melakukan Transaksi Transfer

Sebelum melakukan transfer, pastikan kamu tidak melakukan transfer karena dipandu oleh oknum yang mengaku sebagai petugas bank/petugas BCA/organisasi tertentu dengan iming – iming seperti hadiah, undian, dan lain sebagainya. Lalu cek kembali transaksi transfer dan pastikan bahwa nama dan nomor rekening tujuan penerima transfer sudah benar. Selain itu, periksalah daftar rekening tujuan transfer secara berkala. Jika ada nomor rekening tujuan yang sudah tidak diperlukan, kamu dapat menghapus nomor rekening tersebut melalui menu Administrasi - Hapus Daftar Transfer.


  1. Gunakan KeyBCA Sesuai Fungsi

Setiap nasabah yang memiliki akun Internet Banking BCA tentu memiliki KeyBCA untuk keperluan transaksi sebagai berikut:

  1. Transaksi finansial: pembelian, pembayaran, pembayaran e-commerce, transfer dana, pembukaan rekening (Tahapan Berjangka).
  2. Transaksi non-finansial: daftar rekening tujuan transfer, ubah alamat email, koneksi kartu kredit BCA, tambah dan hapus koneksi KeyBCA, aktivasi KeyBCA, aktivasi BCA KlikPay, dan pemesanan Surat Berharga Negara.

BCA tidak pernah meminta angka/respon dari KeyBCA yang disebutkan di atas. Jika kamu :

  1. Menerima email yang mengaku dari BCA dan meminta respon KeyBCA;
  2. Menemukan tampilan layar yang meminta memasukkan angka dari KeyBCA pada halaman di luar dari halaman transaksi yang disebutkan di atas;

Bisa jadi ini phishing email yang ingin mencuri data perbankan kamu. Segera hubungi Halo BCA di nomor 1500888 untuk info lebih lanjut.

Ingat, jangan pernah memberikan informasi rahasia perbankan kamu seperti PIN kepada siapapun.
Selamat menggunakan Internet Banking BCA ya.


  Share biar yang lain tahu



Simak Edukatips Lainnya