BCA

Kartu kredit sudah seperti kartu sakti bagi pemiliknya sebab kamu dapat berbelanja atau transaksi lainnya tanpa harus mengeluarkan uang tunai. Jika kamu tidak dapat mengontrol pemakaian kartu kreditmu, bisa jadi justru kamu yang “dikontrol” oleh kartu kredit tersebut.

Nah, selain karena pemakaian oleh kamu sendiri, kamu juga harus hati-hati, jaga kartu kreditmu dari pemakaian oleh orang lain tanpa sepengetahuanmu. Agar kamu dapat mengontrol pemakaian kartu kredit, yuk simak 3 tips kontrol keamanan kartu kreditmu.

  1. Aktifkan PIN Kartu Kreditmu dan Ubah Secara Berkala

    Agar kartu kreditmu terkontrol pemakaiannya dan lebih aman, segeralah mengganti otorisasi transaksi kartu kreditmu dari tanda tangan menjadi kode PIN. Tanda tangan relative lebih mudah untuk dipalsukan daripada penggunaan kode PIN, selama kode PIN kamu dijaga kerahasiaannya.

    Selain itu, untuk menjaga kerahasiaan PIN, lakukan penggantian kode PIN kamu secara berkala.

    Mengaktifkan PIN atau merubah PIN kartu kredit caranya gampang. Gunakan saja BCA mobile, kamu bisa cek caranya di sini:


  1. Perhatikan SMS dan Email Notifikasi Transaksi

    BCA memberikan fasilitas free SMS dan email notifikasi kepada cardholder untuk setiap transaksi dengan kategori tertentu. Cardholder akan mendapatkan SMS dan email notifikasi jika transaksi sesuai dengan parameter yang ditetapkan BCA.

    SMS notifikasi bersamaan dengan email notifikasi. Email notifikasi dapat menjadi solusi ketika SMS notifikasi tidak muncul dikarenakan masalah roaming dll.

    Perhatikan setiap muncul SMS dan email notifikasi yang masuk. Dengan begitu, jika ada notifikasi transaksi yang mencurigakan, kamu dapat segera memblokir kartu kreditmu dan melaporkan ke Halo BCA di 1500888.


  1. Gunakan Fitur Kontrol Kartu Kredit Via BCA Mobile

Fitur ini bisa kamu gunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan transaksi domestik atau transaksi internasional untuk masing-masing kartu. Contoh, jika kamu menonaktifkan transaksi internasional pada salah satu Kartu Kredit, maka Kartu Kredit tersebut tidak dapat digunakan untuk bertransaksi di luar negeri, begitu pula sebaliknya.

Aksi terhadap salah satu kartu ini tidak akan berpengaruh terhadap Kartu Kredit lainnya. Fitur ini akan efektif saat itu juga dan dapat diubah setiap saat melalui BCA mobile. Yuk ikuti caranya:

  1. Klik Fitur m-Admin di aplikasi BCA mobile

  2. Pilih fitur Kontrol Kartu Kredit

  3. Pilih kartu kredit yang diinginkan dengan menggeser kartu ke kiri atau ke kanan

  4. Silakan aktifkan / non-aktifkan transaksi domestik dan / atau transaksi internasional

  5. Klik OK pada syarat dan ketentuan

  6. Kontrol kartu kreditmu berhasil!

Manfaat dari fitur ini dapat mencegah transaksi yang dilakukan oleh pihak lain baik transaksi domestik atau transaksi di luar negeri.

Nah, gampang kan? Yuk jalankan 3 tips ini untuk mengontrol keamanan kartu kreditmu. Semoga bermanfaat ya guys!


Yuk Install BCA mobile dan Buka Tabungan Sekarang?

Buka Tabungan Sekarang

Atau Scan di sini :


  Share biar yang lain tahu


Simak Edukatips Lainnya