BCA
Edukatips - Keuangan Lebih Stabil

Di situasi tidak menentu, tentunya kondisi keuangan harus dijaga dengan baik. Tapi tenang. Banyak yang bisa kita lakukan agar bisa bertahan situasi yang tak menentu. Salah satu caranya adalah dengan membangun keuangan yang lebih stabil. 

Lalu bagaimana caranya? Simak yuk. 

Kelola utang 

Bila mengambil kredit, kelola utangmu dengan tetap memperhatikan rasio utang yang sehat, yakni sebesar ⅓ atau 30% dari penghasilan. Dengan rasio seperti ini, sisa penghasilan kamu bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, berinvestasi dan menabung. 

Berhemat 

Kamu harus bisa berhemat dan mengontrol pengeluaran dengan baik. Bedakan mana kebutuhan dan keinginan, agar uang yang kamu pakai dapat memberikan manfaat untuk kehidupanmu. Kamu juga bisa menghemat pengeluaran rutinmu, seperti menghemat pemakaian listrik, air, bensin, atau mengurangi jatah jajan di luar. 

Siapkan dana jaga-jaga 

Dana ini bisa kamu manfaatkan di saat kondisi tidak menentu dan kamu membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebaiknya setiap orang memiliki dana jaga-jaga minimal sebesar 3 kali pengeluaran rutin bulanan. Bahkan, kalau perlu dana jaga-jaga ditingkatkan hingga 12 kali pengeluaran bulanan. Di sini kamu harus berkomitmen untuk tidak menggunakan dana ini jika memang tidak terpaksa ya.

Menabung atau berinvestasi sesuai rencana keuangan kamu 

Coba jadikan menabung atau berinvestasi sebagai kebiasaan bulanan. Besaran tabungan atau investasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan bulananmu. Kalaupun hanya bisa 5-10% dari gaji bulanan itu sudah bagus. Seiring keuangan makin membaik dan menabung atau berinvestasi sudah jadi kebiasaan, kamu bisa menaikkan besarannya per bulan.

Itu tadi 4 hal yang bisa kamu lakukan untuk membangun keuangan yang lebih stabil. Mulailah dengan mengelola keuangan, disiplin, dan merencanakan masa depan. Semangat! 

Sumber: smart-money.co


  Share biar yang lain tahu


Simak Edukatips Lainnya