BCA
Edukatips - CVV

Kamu sudah punya Kartu Kredit BCA? Sudah tau belum arti tulisan dan angka yang tertera di Kartu Kredit kamu? 

Ternyata di kartu kredit kamu ada berbagai data yang bersifat pribadi dan rahasia lho. Maka dari itu, kamu harus mengenali dan menjaga keamanan Kartu Kredit kamu. Jangan sampai kamu meletakkan Kartu Kredit secara sembarangan atau bahkan memposting foto Kartu Kredit kamu di sosial media. 

Yuk, kenali dan pelajari biar kamu tau dan bisa menjaga keamanan data Kartu Kredit kamu. 

Tampak Depan Kartu

1. Chip BCA

Chip yang sudah memenuhi Standar Nasional Teknologi Chip yang ditetapkan Bank Indonesia (BI) untuk keamanan transaksi.

2. Nomor Kartu Kredit

Nomor kartu kredit yang berupa 16 digit angka, merupakan salah satu data yang digunakan saat menggunakan kartu kredit untuk transaksi online. Nomor ini bersifat pribadi dan harus dijaga.

3. Valid Thru

Valid Thru menunjukkan masa berlaku kartu nomor dalam format (mm/yy): 2 digit pertama menandakan bulan dan 2 digit selanjutnya menandakan tahun. Merupakan salah satu data yang digunakan saat menggunakan kartu kredit untuk transaksi online, sehingga nomor ini bersifat pribadi dan harus dijaga.

4. Nama Pemegang Kartu

5. Logo Provider

Logo Provider bisa beragam tergantung dari jenis kartu seperti logo BCA Card, logo Mastercard, logo VISA, logo JCB, logo UnionPay dan lainnya.

6. Logo Contactless

Jika terdapat logo contactless pada kartu, transaksi dapat dilakukan dengan menempelkan kartu di mesin EDC tanpa memasukkan PIN hingga limit tertentu. 


Tampak Belakang Kartu

1. Kolom Tanda Tangan

Diisi dengan tanda tangan dari pemegang kartu

2. Pita Magnetik

Jaga keutuhan pita magnetik dengan cara menjauhkan dari magnet dan jangan sampai tergores.

3. CVV/CVC

Card security code yang bersifat rahasia. Kode ini merupakan salah satu data yang digunakan saat menggunakan kartu kredit untuk transaksi online. Biasanya berupa 3 digit angka di belakang kartu untuk jenis Kartu Kredit BCA Card, VISA, Mastercard, dan JCB.

Khusus untuk Kartu Kredit Amex, CVV/CVC berupa 4 digit angka dan terletak di bagian depan kartu. 

Datamu, Rahasiamu 

Nah, dengan mengenali Kartu Kredit BCA, semoga kamu dapat menjaga kerahasiaan data pribadi seperti nomor kartu kredit, valid thru/expired date, CVV/CVC, dan kode OTP yang diberikan bank via SMS saat bertransaksi online. 

Selalu jaga kerahasiaan CVV/CVC dan juga kode OTP. BCA tidak pernah meminta data rahasia seperti CVV/CVC ataupun kode OTP, jadi jangan mudah percaya apabila ada pihak yang mengaku dari BCA ataupun lembaga lain yang meminta data rahasia kamu ya. 

Jaga selalu Kartu Kredit kamu supaya tidak disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Ingat, #DatamuRahasiamu. 

Selamat menikmati Kartu Kredit BCA.

  Share biar yang lain tahu


Simak Edukatips Lainnya