BCA

Mungkin kamu pernah mengalami kondisi darurat seperti ini. Smartphone kamu rusak, sementara kamu sangat memerlukannya untuk bekerja, mau nggak mau kamu harus segera menggantinya. Buat kamu yang sudah punya Kartu Kredit, kamu bisa memanfaatkannya. Selain sering ada promo atau diskon untuk para pemegang Kartu Kredit, kamu juga bisa menggunakan fasilitas Cicilan 0% atau Cicilan dengan bunga ringan. Dengan Cicilan, kamu bisa membeli kebutuhanmu, tapi tidak terlalu membebani pengeluaran bulanan kamu karena kamu bisa mengatur besarnya cicilan bulanan sesuai kemampuanmu.


Apakah Cicilan itu?


Ada dua metode pembayaran menggunakan kartu kredit, yaitu bayar penuh sesuai harga barang atau mengubah pembayaran menjadi cicilan. Cilcilan adalah sebuah skema pembayaran yang memperbolehkan kamu menggunakan kartu kredit untuk membeli sebuah barang dengan cara mengangsurnya tiap bulan dalam jangka waktu tertentu untuk melunasi total harga pembelian.

Biasanya perbankan menawarkan dua skema Cicilan. Pertama Cicilan 0% yang memungkinkan kamu mengangsur pembayaran dalam jumlah tetap dan tidak dikenakan bunga atau yang disebut bunga 0%. Kedua, Cicilan Bunga Ringan, yaitu cara pembayaran dengan mengangsur dan dikenakan bunga tapi lebih ringan dibandingkan dengan bunga yang ditetapkan jika kamu membayar minimal tagihan bulanan pembelanjaan kartu kreditmu.


Apa Saja Keuntungan Memanfaatkan Cicilan?


Berikut ini beberapa keuntungan jika kamu memanfaatkan Cicilan :

  • Kamu bisa memilih Cicilan 0% atau Cicilan Bunga Ringan (kompetitif)
  • Jangka waktu disesuaikan dengan kebutuhan atau kemampuanmu melakukan Cicilan, yaitu 3 s/d 36 bulan
  • Dengan Cicilan, kamu bisa membeli barang yang kamu butuhkan dengan cara mengangsur (tanpa beban bunga) atau dengan bunga ringan selama periode waktu yang telah ditentukan. Sehingga tidak terlalu membebani kocekmu dan kamu bisa mengatur pengeluaran bulananmu.

Tiga Cara Mengubah Transaksi Jadi Cicilan

Jika kamu adalah pemegang Kartu Kredit BCA, kamu bisa manfaatkan Cicilan BCA. Transaksi apa pun menggunakan kartu kredit BCA, kecuali cash advance (tarik tunai) dan autopay (pembayaran tagihan rutin, misalnya listrik PLN atau TV berlangganan), bisa kamu ubah menjadi Cicilan dengan nilai transaksi minimal Rp500 ribu. Tiga cara yang bisa kamu pilih diantaranya sebagai berikut :

  • Kalau kamu berbelanja di toko offline yang mencantumkan tanda 'Cicilan BCA',kamu bisa langsung meminta kasir toko untuk mengubah transaksi kartu kredit BCA-mu menjadi Cicilan melalui mesin EDC di toko tersebut.
  • Ubah transaksi menjadi Cicilan dengan mengirim SMS berisi kata 'Cicilan' ke 69888.
  • Alternatif lainnya, hubungi HaloBCA 1500888, pengubahan transaksi menjadi Cicilan akan efektif berlaku satu hari setelah transaksi.

Yang Harus Kamu Perhatikan Saat Memanfaatkan Cicilan?

Dibalik kemudahan penggunaan fasilitas/fitur Cicilan Kartu Kredit ini, ada baiknya kamu perhatikan beberapa hal berikut :

  • Cek limit kartu kreditmu, apakah masih ada sisa plafond yang bisa kamu manfaatkan untuk Cicilan. Ingat, besarnya limit kartu kredit bukan berarti kamu bisa menggunakannya sampai batas maksimal apalagi sampai over limit. Sebaiknya gunakan di bawah limit kartu kreditmu, lalu tentukan jangka waktu dan besarnya cicilan (tetap) per bulan disesuaikan dengan kesanggupanmu mengangsur.
  • Cek adakah biaya tambahan dari pihak bank yang mengadakan program Cicilan tersebut, misalnya biaya administrasi.
  • Bayarlah Cicilan tepat waktu sesuai jumlah angsuran yang disepakati. Jika tidak, kamu akan dikenakan bunga keterlambatan sesuai kebijakan bank

Berminat memanfaatkan Cicilan? Untuk mendapatkan panduan lengkap mengenai Cicilan BCA, kamu bisa mengakses disini

Berbelanja dengan  kartu kredit memang nyaman, tapi gunakanlah dengan bijak supaya pengeluaran bulananmu tetap terkendali.

Untuk mendapatkan berbagai informasi lainnya mengenai produk, layanan BCA dan promo kartu kredit BCA, klik saja www.bca.co.id/creditcard


  Share biar yang lain tahu



Simak Edukatips Lainnya