BCA
Edukatips - Cashless

Di era new normal ini, banyak hal yang perlu diadaptasi mulai dari kebiasaan sehari-hari sampai dengan strategi dalam mengatur keuangan. Nah, setidaknya ada lima strategi finansial yang cocok untuk dicoba: 

Pertama, tinjau kembali kondisi keuanganmu. Di era new normal ini mungkin saja pengeluaranmu akan bertambah. Ini saatnya kamu melakukan review semua pengeluaran rutin dan memangkas bagian-bagian yang tidak penting. 

Kedua, pisahkan kebutuhan dan keinginan. Cara ini bisa dikatakan sudah umum diketahui banyak orang, tapi faktanya tidak banyak yang bisa mempraktikkannya. Dengan memisahkan keduanya, kamu jadi tahu barang apa yang benar-benar kamu butuhkan saat ini sehingga kamu bisa lebih bijak menggunakan uangmu. 

Ketiga, jangan berhenti mengumpulkan dana darurat. Kamu harus berkomitmen dalam mengumpulkan dana darurat. Dana darurat ini sangat penting, karena bisa menjadi cadangan di saat ada kondisi yang di luar dugaan. 

Keempat, cari penghasilan tambahan. Saat pengeluaranmu semakin bertambah, kamu bisa menyeimbangkannya dengan mencari penghasilan tambahan. Apalagi saat ini sedang banyak bisnis baru yang bermunculan dan bisa kamu coba. 

Kelima, alihkan uang tunai ke digital alias cashless. Banyak keuntungan yang bisa kamu rasakan dari cashless, antara lain:

  • Tercatat
    Dengan melakukan transaksi secara cashless, maka pengeluaran uang akan lebih tercatat. Bahkan dengan internet banking, kamu bisa dengan lebih mudah mengatur dan mengontrol pengeluaran.
  • Promo
    Banyak promo yang bisa didapatkan menggunakan pembayaran non tunai. Kalau bisa bertransaksi dengan lebih hemat, kenapa nggak? Kamu bisa cek di sini untuk mengetahui promo-promo terbaru dari BCA.
  • Mengurangi kontak fisik
    Bertransaksi menggunakan cashless mengurangi kontak fisik yang biasanya terjadi kalau bertransaksi menggunakan uang tunai. Dengan begitu akan mengurangi risiko penularan COVID-19 melalui uang tunai.

 

Sumber: smart-money.co

  Share biar yang lain tahu


Simak Edukatips Lainnya