Business Personal Loan

Pembiayaan usaha tanpa agunan

Dengan menyetujui Ketentuan Fasilitas BCA Business Personal Loan pada laman BCA Business Personal Loan yang ada di portal web www.bca.co.id, maka Debitur menyatakan tunduk dan terikat pada ketentuan-ketentuan maupun prosedur yang berlaku di BCA yang mengatur mengenai jasa dan fasilitas yang terkait dengan Fasilitas BCA Business Personal Loan.

Definisi

Istilah-istilah yang digunakan dalam Ketentuan Fasilitas BCA Business Personal Loan ini memiliki arti sebagaimana didefinisikan di bawah ini :

  • Fasilitas BCA Business Personal Loan adalah fasilitas pinjaman yang diberikan oleh BCA kepada Debitur dan telah disetujui oleh Debitur, dimana pembayaran kembali pinjaman tersebut dilakukan dengan cara membayar angsuran selama jangka waktu (Tenor) tertentu.
  • BCA adalah PT Bank Central Asia Tbk.
  • Debitur adalah pihak yang menerima Fasilitas BCA Business Personal Loan.
  • Rekening adalah rekening atas nama Debitur yang ditunjuk oleh Debitur untuk keperluan penerimaan hasil Pencairan dari BCA dan Autodebet.
  • Angsuran adalah jumlah tertentu yang harus dibayarkan oleh Debitur kepada BCA setiap bulan atas penggunaan Fasilitas BCA Business Personal Loan.
  • Autodebet adalah proses pendebetan Rekening yang akan dilakukan oleh BCA setiap bulan.
  • Tanggal Jatuh Tempo adalah tanggal paling lambat Debitur wajib melakukan pembayaran angsuran sebagaimana ditentukan oleh BCA.
  • Tenor adalah jangka waktu pembayaran Fasilitas BCA Business Personal Loan oleh Debitur yang ditentukan oleh BCA.
  • Pencairan adalah pencairan dana Fasilitas BCA Business Personal Loan oleh BCA kepada Debitur dengan mengkreditkan dana Fasilitas BCA Business Personal Loan ke Rekening setelah dikurangi biaya provisi, biaya premi asuransi (jika ada), dan biaya lainnya yang berlaku di BCA.
  • Saldo Terutang adalah jumlah utang pokok ditambah bunga, biaya-biaya, dan denda keterlambatan (jika ada) yang masih harus dibayarkan oleh Debitur kepada BCA.
  • Hari Kerja adalah hari dimana BCA dan lembaga perbankan di Indonesia pada umumnya melakukan kegiatan operasional dan kliring sesuai dengan aturan Bank Indonesia.

Pemberian Fasilitas BCA Business Personal Loan

BCA berhak menawarkan Tenor dan jumlah Fasilitas BCA Business Personal Loan yang akan diberikan dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sebelum calon Debitur menerima penawaran Fasilitas BCA Business Personal Loan, maka calon Debitur harus menyetujui Ketentuan Fasilitas BCA Business Personal Loan yang tertera pada laman ini.

Debitur menyadari sepenuhnya bahwa Tenor dan jumlah Fasilitas BCA Business Personal Loan yang diberikan oleh BCA kepada Debitur dapat berbeda dari tenor dan jumlah yang diajukan oleh Debitur. 

BCA akan memberitahukan Pencairan kepada Debitur dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan yang berlaku.

Dengan dicairkannya Fasilitas BCA Business Personal Loan ke Rekening, Debitur dengan ini mengaku berutang kepada BCA sejumlah Fasilitas BCA Business Personal Loan yang diberikan berikut dengan bunga, biaya-biaya, dan denda (apabila ada) dan Debitur dengan ini mengikatkan diri untuk melunasi seluruh kewajiban Debitur kepada BCA yang timbul sehubungan dengan pemberian Fasilitas BCA Business Personal Loan.

Dengan pertimbangan tertentu, BCA berhak untuk menolak memberikan atau membatalkan persetujuan pemberian Fasilitas BCA Business Personal Loan kepada calon Debitur. Penolakan pemberian persetujuan maupun pembatalan persetujuan pemberian Fasilitas BCA Business Personal Loan dimaksud akan diberitahukan kepada calon Debitur dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan yang berlaku.

Pelunasan dan Pengakhiran Fasilitas BCA Business Personal Loan

Fasilitas BCA Business Personal Loan akan dianggap lunas jika Debitur telah melunasi seluruh kewajibannya kepada BCA. Debitur tidak diperkenankan untuk melakukan pelunasan sebagian atas sisa Saldo Terutang.

Dalam hal Debitur ingin melakukan pelunasan dipercepat atas seluruh sisa Saldo Terutang, Debitur wajib menyampaikan pemberitahuan kepada BCA sekurang-kurangnya 3 (tiga) Hari Kerja sebelum tanggal pelunasan dipercepat dilakukan. Perhitungan bunga atas pelunasan dipercepat akan dilakukan oleh BCA dengan menggunakan tingkat suku bunga efektif. BCA berhak untuk mengubah ketentuan mengenai pelunasan dipercepat yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Debitur dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

BCA berhak untuk sewaktu-waktu mengakhiri penggunaan Fasilitas BCA Business Personal Loan dan menyatakan Saldo Terutang menjadi jatuh waktu dan oleh karena itu Debitur wajib membayar Saldo Terutang kepada BCA apabila terjadi kejadian-kejadian termasuk tetapi tidak terbatas pada yang disebutkan di bawah ini :

  • Debitur lalai membayar Angsuran pada waktu yang telah ditentukan, dalam hal mana lewatnya waktu dalam membayar Angsuran saja sudah memberi bukti yang sah dan cukup bahwa Debitur telah melalaikan kewajibannya
  • Menurut penilaian BCA, keadaan keuangan, bonafiditas, dan solvabilitas Debitur menurun sedemikian rupa sehingga dapat memengaruhi kemampuan Debitur dalam melakukan pembayaran Saldo Terutang
  • Dimasukkannya suatu permohonan dari pihak lain terhadap Debitur untuk dinyatakan pailit atau untuk ditunjuk orang/pihak lain untuk menguasai harta kekayaan Debitur dan hal tersebut tidak dapat diselesaikan oleh Debitur dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender sejak tanggal diajukannya permohonan atau penunjukan tersebut;
  • Debitur mengajukan permohonan pailit atau dinyatakan pailit atau mengajukan penundaan kewajiban pembayaran utang atau karena sebab apa pun tidak berhak lagi untuk mengurus dan menguasai harta kekayaan Debitur
  • Sebagian besar atau seluruh harta kekayaan Debitur disita akibat tersangkut suatu perkara atau sengketa yang secara material dapat memengaruhi kemampuan Debitur dalam memenuhi kewajibannya kepada BCA
  • Keterangan atau pernyataan yang diberikan oleh Debitur kepada BCA terkait dengan pengajuan dan/atau penggunaan Fasilitas BCA Business Personal Loan terbukti tidak benar
  • Debitur terlibat dalam perkara di Pengadilan yang menurut penilaian BCA dapat mengakibatkan Debitur wajib membayar ganti rugi dan/atau pembayaran lainnya yang secara material dapat memengaruhi kemampuan Debitur untuk melakukan pembayaran Saldo Terutang
  • Debitur melanggar pada Ketentuan Fasilitas BCA Business Personal Loan dan ketentuan lainnya yang terkait dengan Fasilitas BCA Business Personal Loan yang berlaku di BCA
  • Debitur melakukan tindakan yang melanggar suatu ketentuan atau peraturan hukum yang berlaku di Indonesia yang secara langsung maupun tidak langsung dapat memengaruhi kemampuan Debitur untuk memenuhi kewajibannya berdasarkan Ketentuan Fasilitas BCA Business Personal Loan
  • Terdapat ketentuan hukum, peraturan perundang-undangan dan/atau kebijakan pemerintah yang mengakibatkan BCA tidak dapat mempertahankan dan/atau melaksanakan kewajibannya sebagaimana ditetapkan dalam Ketentuan Fasilitas BCA Business Personal Loan
  • Adanya situasi politik, ekonomi, dan sosial yang menurut BCA dapat mengganggu kelancaran pembayaran Saldo Terutang oleh Debitur
  • Debitur meninggal dunia
  • Debitur lalai memenuhi kewajibannya berdasarkan perjanjian lainnya dengan BCA dan/atau dengan pihak lainnya.

Jika BCA mengakhiri penggunaan Fasilitas BCA Business Personal Loan, maka seluruh sisa Saldo Terutang yang belum dibayar harus dilunasi oleh Debitur atau ahli waris yang sah dari Debitur dalam jangka waktu selambat-lambatnya 5 (lima) Hari Kerja sejak tanggal pemberitahuan pengakhiran penggunaan Fasilitas BCA Business Personal Loan oleh BCA. Jika dalam jangka waktu tersebut Debitur atau ahli waris Debitur belum melunasi sisa Saldo Terutang tersebut, maka Debitur atau ahli waris Debitur akan dikenakan denda per hari keterlambatan dari sisa Saldo Terutang yang besarnya akan diberitahukan oleh BCA kepada Debitur dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

BCA akan memberitahukan pengakhiran penggunaan Fasilitas BCA Business Personal Loan tersebut kepada Debitur dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Sehubungan dengan pengakhiran penggunaan Fasilitas BCA Business Personal Loan sebagaimana dimaksud dalam bagian ini, Debitur dan BCA sepakat untuk mengesampingkan ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata sepanjang mengenai pengakhiran perjanjian di hadapan hakim pengadilan, sehingga untuk pengakhiran penggunaan Fasilitas BCA Business Personal Loan tidak diperlukan adanya putusan pengadilan.

Pemberian Kuasa

Sehubungan dengan pemberian Fasilitas BCA Business Personal Loan dari BCA kepada Debitur, maka Debitur dengan ini memberikan kuasa kepada BCA untuk memberikan informasi mengenai Debitur, kolektibilitas dan data lain yang berkaitan dengan Fasilitas BCA Business Personal Loan kepada instansi atau pihak yang secara hukum dapat menerima informasi tersebut.

Selama Debitur masih mempunyai kewajiban kepada BCA terkait dengan penggunaan Fasilitas BCA Business Personal Loan, Debitur dengan ini memberikan kuasa yang tidak dapat dicabut kembali kepada BCA untuk memblokir dan/atau mendebet tabungan, giro, deposito berjangka dan/atau rekening lainnya milik Debitur di BCA dan menggunakan dana hasil pendebetan tersebut untuk pembayaran seluruh utang dan kewajiban Debitur kepada BCA antara lain utang pokok, bunga, denda, dan biaya-biaya terkait penagihan Fasilitas BCA Business Personal Loan. Segala akibat yang timbul sehubungan dengan pendebetan rekening-rekening milik Debitur berdasarkan kuasa dari Debitur tersebut menjadi tanggung jawab Debitur sepenuhnya.

Debitur dengan ini memberikan kuasa kepada BCA untuk memberikan data terkait Debitur dan Fasilitas BCA Business Personal Loan yang diterima oleh Debitur kepada pihak yang menjalin kerja sama dengan BCA dalam pemberian Fasilitas BCA Business Personal Loan.

Kuasa-kuasa dalam Ketentuan Fasilitas BCA Business Personal Loan ini tidak dapat dicabut dan tidak akan berakhir karena sebab apa pun juga, antara lain karena sebab-sebab yang diatur dalam pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata selama Debitur masih memiliki kewajiban kepada BCA berdasarkan Ketentuan Fasilitas BCA Business Personal Loan.

Perubahan Ketentuan

BCA berhak mengubah maupun menambah Ketentuan Fasilitas BCA Business Personal Loan, termasuk tetapi tidak terbatas mengenai jenis biaya dan denda. Perubahan tersebut akan diberitahukan kepada Debitur dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan hukum yang berlaku

Pernyataan

ebitur dengan ini menyatakan dan menjamin BCA mengenai kebenaran hal-hal sebagai berikut:

  • Tidak ada suatu perkara perdata, tata usaha negara, tuntutan pajak, perkara pidana atau sengketa yang sedang berlangsung yang dapat mengancam atau dapat menimbulkan akibat terhadap Debitur atau harta kekayaan Debitur, sehingga memengaruhi keadaan keuangan atau usaha-usaha Debitur atau dapat mengganggu kemampuan Debitur untuk melaksanakan kewajibannya berdasarkan Ketentuan Fasilitas BCA Business Personal Loan.
  • Semua dokumen, data, dan keterangan yang telah diberikan oleh Debitur kepada BCA adalah benar dan tidak ada dokumen, data dan keterangan lain yang tidak diberitahukan oleh Debitur yang apabila diberikan atau diberitahukan oleh Debitur kepada BCA dapat memengaruhi keputusan BCA dalam pemberian Fasilitas BCA Business Personal Loan.
  • Dalam membuat dan melaksanakan Ketentuan Fasilitas BCA Business Personal Loan dan/atau perjanjian-perjanjian lain yang berhubungan dengan Ketentuan Fasilitas BCA Business Personal Loan (apabila ada), Debitur tidak melanggar atau melakukan tindakan yang bertentangan dengan undang-undang, peraturan pemerintah, kebijakan pemerintah, petunjuk atau instruksi pemerintah, keputusan Pengadilan yang berlaku ataupun mengakibatkan atau akan mengakibatkan cidera janji terhadap suatu perjanjian lain yang telah dibuat oleh Debitur.

Kewajiban Debitur

samping kewajiban-kewajiban Debitur lainnya sebagaimana disebutkan pada bagian lain dalam Ketentuan Fasilitas BCA Business Personal Loan, Debitur wajib:

  • menaati semua undang-undang, peraturan pemerintah, dan/atau kebijakan pemerintah yang berlaku terhadap Debitur;
  • segera memberitahukan kepada BCA secara tertulis tentang adanya setiap perkara yang menyangkut Debitur, baik perdata, tata usaha Negara, tuntutan pajak, maupun perkara pidana yang akan memengaruhi usaha maupun harta kekayaan Debitur;
  • memberikan segala keterangan yang berhubungan dengan pemberian Fasilitas BCA Business Personal Loan yang diminta oleh BCA secara lengkap dan benar;
  • memberitahukan kepada BCA jika terjadi perubahan data Debitur antara lain perubahan data mengenai alamat, nomor telepon kantor, nomor telepon rumah, nomor handphone dan/atau data keluarga Debitur yang dapat dihubungi. Segala akibat yang timbul karena kelalaian Debitur untuk menginformasikan kepada BCA mengenai perubahan data tersebut di atas menjadi tanggung jawab Debitur sepenuhnya.

Penyelesaian Perselisihan

  • Debitur setuju bahwa setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang timbul dari dan/atau berkenaan dengan pelaksanaan Ketentuan Fasilitas BCA Business Personal Loan BCA ini akan diselesaikan dengan cara musyawarah.
  • Setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang tidak dapat diselesaikan secara musyawarah oleh BCA dan Debitur, akan diselesaikan melalui mediasi perbankan di Bank Indonesia atau mediasi yang dilakukan melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa yang tercantum dalam Daftar Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan.
  • Setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang tidak dapat diselesaikan baik secara musyawarah dan/atau mediasi sebagaimana dimaksud dalam butir 12 huruf b Pasal ini, akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dengan tidak mengurangi hak BCA untuk mengajukan gugatan atau tuntutan melalui Pengadilan Negeri lainnya dalam wilayah Republik Indonesia.

Lain-lain

  • Apabila Debitur memperoleh fasilitas kredit lainnya dari BCA, maka kolektibilitas Debitur terkait penggunaan Fasilitas BCA Business Personal Loan maupun fasilitas kredit lainnya dari BCA akan mengikuti kolektibilitas kredit yang terendah sesuai dengan data terkait dengan fasilitas kredit Debitur yang tercatat di BCA.
  • BCA berhak merekam seluruh pembicaraan melalui telepon dengan Debitur. Setiap hasil rekaman pembicaraan melalui telepon merupakan bukti yang sah dan mengikat Debitur selama telah melalui proses verifikasi yang berlaku di BCA
  • Apabila Debitur berkewajiban untuk melakukan suatu kewajiban berdasarkan Ketentuan Fasilitas BCA Business Personal Loan dalam suatu waktu yang ditetapkan dan Debitur lalai melaksanakannya, maka dengan lewatnya waktu saja dalam melakukan kewajiban tersebut sudah merupakan bukti yang sah dan cukup bahwa telah terjadi kelalaian Debitur sehingga tidak diperlukan suatu pemberitahuan (somasi) atau surat lain yang serupa dengan itu serta surat peringatan dari juru sita.
  • BCA berhak, tanpa persetujuan terlebih dahulu dari Debitur, memindahkan atau mengalihkan dengan cara apa pun sebagian atau seluruh hak dan/atau kewajiban BCA terkait dengan pemberian Fasilitas BCA Business Personal Loan kepada lembaga keuangan, bank atau pihak lainnya yang pelaksanaannya akan diberitahukan secara tertulis kepada Debitur dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Untuk keperluan tersebut, Debitur sekarang untuk nanti pada waktunya, memberi kuasa kepada BCA untuk memberikan semua data dan/atau keterangan yang diperlukan kepada lembaga keuangan, bank atau pihak lainnya tersebut.
  • Apabila salah satu atau lebih ketentuan yang terdapat dalam Ketentuan Fasilitas BCA Business Personal Loan dinyatakan tidak berlaku atau tidak dapat dilaksanakan oleh Pengadilan yang berwenang atau dianggap bertentangan dengan ketentuan atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka ketentuan-ketentuan lainnya yang terdapat dalam Ketentuan Fasilitas BCA Business Personal Loan akan tetap berlaku dan mengikat BCA dan Debitur.
  • Kegagalan dan/atau keterlambatan BCA untuk menggunakan sesuatu hak, kekuasaan, wewenang atau hak istimewanya berdasarkan Ketentuan Fasilitas BCA Business Personal Loan tidak berarti bahwa BCA telah melepaskan hak, kekuasaan, wewenang atau hak istimewa tersebut. Demikian juga pelaksanaan semua atau sebagian dari hak, kekuasaan, wewenang atau hak istimewa menurut Ketentuan Fasilitas BCA Business Personal Loan tidak akan menghalangi pelaksanaan selanjutnya dari hak, kekuasaan, wewenang atau hak istimewa tersebut.
  • BCA berhak melakukan penawaran produk/layanan via sarana komunikasi pribadi kepada Debitur. Apabila Debitur tidak setuju terkait penawaran tersebut, Debitur dapat menghubungi Halo BCA.

Batas (Limit) Maksimum Kredit

BCA berhak menawarkan batas (limit) maksimum kredit yang besarnya akan diberitahukan kepada Debitur dalam bentuk dan melalui sarana apa pun yang sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Bunga dan Biaya-biaya

Debitur wajib menanggung bunga dan biaya-biaya yang timbul sehubungan dengan pemberian Fasilitas BCA Business Personal Loan, termasuk namun tidak terbatas pada biaya provisi, biaya administrasi, denda keterlambatan, biaya premi asuransi (jika ada) dan bea meterai.

Bunga atas Fasilitas BCA Business Personal Loan adalah bunga yang berlaku sesuai dengan Tenor yang telah disetujui oleh BCA

Besarnya bunga dan biaya dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dan ketentuan yang diberlakukan oleh BCA dengan pemberitahuan kepada Debitur dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan yang berlaku.

Pembayaran Angsuran

Debitur wajib membayar Angsuran secara penuh sesuai dengan Tanggal Jatuh Tempo.

Besarnya Angsuran dan periode pembayaran Angsuran adalah sebagaimana telah ditentukan dalam pemberitahuan persetujuan pemberian Fasilitas BCA Business Personal Loan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan yang berlaku. Pembayaran atas Angsuran akan dilakukan secara Autodebet setiap bulannya. Debitur dengan ini menyetujui dan tunduk atas perhitungan Angsuran dan Saldo Terutang yang dilakukan oleh BCA.

Pembayaran Saldo Terutang wajib dilakukan oleh Debitur dalam mata uang yang sama dengan Fasilitas BCA Business Personal Loan yang diberikan oleh BCA dan harus sudah efektif diterima oleh BCA selambat-lambatnya pukul 15.00 (lima belas) waktu setempat pada Tanggal Jatuh Tempo.

Apabila tanggal pembayaran Angsuran jatuh pada hari yang bukan merupakan Hari Kerja, maka Debitur wajib menyediakan dana dalam Rekening untuk keperluan pembayaran tersebut selambat-lambatnya pukul 15.00 (lima belas) waktu setempat pada Hari Kerja sebelumnya.

Pembayaran Angsuran yang diterima oleh BCA setelah pukul 15.00 (lima belas) waktu setempat pada Tanggal Jatuh Tempo dianggap diterima oleh BCA pada Hari Kerja berikutnya.

Denda Keterlambatan

Debitur akan dikenakan denda keterlambatan yang besarnya sebagaimana diberitahukan oleh BCA apabila Debitur tidak membayar Angsuran secara penuh pada Tanggal Jatuh Tempo sesuai ketentuan sebagaimana dimaksud dalam butir 5 Ketentuan Fasilitas BCA Business Personal Loan ini.

BCA berhak untuk mengubah besarnya denda keterlambatan yang akan diberitahukan kepada Debitur dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Konfirmasi Fasilitas BCA Business Personal Loan

PERNYATAAN

Dengan ini saya menyatakan bahwa:

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.