Awas Modus BCA – Social Engineering Kepada Pengguna Kartu Kredit

Menurut Wikipedia, Social engineering adalah manipulasi psikologis dari seseorang dalam melakukan aksi atau menguak suatu informasi rahasia. Rekayasa sosial umumnya dilakukan melalui telepon atau Internet.

Social Engineering atau rekayasa sosial merupakan salah satu metode yang digunakan oleh peretas/pelaku kejahatan untuk memperoleh informasi tentang targetnya dengan cara meminta atau menggali Informasi  secara langsung kepada pemegang kartu kredit atau pihak lain yang mempunyai informasi data rahasia.

Modus penipuan menggunakan social engineering, saat ini terjadi lagi. Target sasarannya sebagian besar ke pengguna kartu kredit yang berusia senior.

Tujuan utama pelaku kejahatan adalah untuk mendapatkan kode OTP (one time password) yang dikirim melalui SMS  dan nomor CVV (3 digit terakhir angka di belakang kartu) dari pemegang kartu kredit.

Awas Modus BCA – Social Engineering Kepada Pengguna Kartu Kredit

Pelaku kejahatan biasanya mengaku sebagai petugas / karyawan dari BCA. Modus social engineering yang terjadi saat ini adalah sbb:

  • Informasi pembatalan transaksi. Pelaku kejahatan menghubungi pemegang kartu dan memberitahukan ada sejumlah transaksi besar yang mencurigakan, dan menawarkan pembatalan transaksi tsb, asal memberikan nomor CVV dan kode OTP.
  • Dapat hadiah Undian. Pelaku kejahatan menelpon pemegang kartu, dan memberitahukan menang Undian Program Kartu Kredit BCA, kemudian diminta memberikan nomor CVV dan kode OTP untuk alasan administrasi.
  • Pemberian kenaikan limit kartu. Pelaku kejahatan menghubungi pemegang kartu, dan menjanjikan akan memberikan kenaikan limit pada kartu kredit milik pemegang kartu, asal memberikan nomor CVV dan kode OTP.

Ini beberapa tips yang harus diketahui:

  • Jangan pernah termakan bujuk rayu atau ancaman apapun yang dilakukan oleh pelaku kejahatan melalui social engineering.
  • Hubungi Halo BCA 1500888 untuk memastikan kebenarannya
  • Jangan pernah memberikan kode OTP dan nomor kartu CVV kartu kredit kepada siapapun, termasuk yang mengaku dari BCA

Sampaikan informasi ini kepada orang tua / orang terdekat agar selalu menjaga kerahasiaan data pribadi, khususnya kode OTP dan CVV.

Ingat ya, selalu jaga kerahasiaan data pribadimu, dan jadilah generasi anti modus. #DatamuRahasiamu

  Share biar yang lain tahu


Simak Awas Modus Lainnya