Jangan Tergiur Harga Miring, Awas Modus Jual Beli Online!

Banyak sekali kasus penipuan jual beli online khususnya online shop yang terjadi akibat kurang waspada dan mudah tergiurnya konsumen pada penawaran barang-barang branded dengan harga di bawah pasaran. Bahkan ada yang menawarkan diskon gila-gilaan.

Dipancing harga murah, hasrat belanja langsung berontak! Ujung-ujungnya malah merenung dan kesal pesanan tak kunjung datang. Pas dikontak seller-nya menghilang. Yuk ketahui ciri-cirinya dan bagaimana menghindari penipuan jual beli online atau dari online shop bodong.

Dengan memanfaatkan interface instagram dimana kasus penipuan online shop kerap terjadi, kamu harus curiga jika menemukan harga miring dan melakukan stalking terhadap ciri-ciri penipuan lewat akun online shop bodong.

Ciri-ciri Penipuan Lewat Online Shop Bodong:

#1 Kolom komentar dinon-aktifkan

Cek, apakah kamu bisa komentar di akunnya, kalau dikunci kamu patut tambah curiga karena gak mungkin online shop menutup kemungkinan komentar baik di akunnya sendiri!

#2 Followernya fiktif

Coba cek follower nya jangan-jangan fiktif. Caranya lihat apakah masuk akal antara jumlah follower dengan jumlah like atau comment pada postingannya. Kalau jauh banget kaya langit dan bumi. Fix pasti ada yang gak beres!

#3 Tidak pernah ada mention / tag review dari pembeli

Online shop yang terpercaya pasti banyak pembeli yang puas dan memberikan review, karenanya cek kolom tag online shop tersebut, jika tidak ada itu wajib menambah kecurigaan kamu.

#4 Biasanya ngajakin chat japri

Nah, kalau udah ngajakin japri gini kamu harus segera sadar, sesuatu yang gak beres sedang terjadi.

Ada juga pelaku yang melakukan penawaran barangnya melalui Facebook, Instagram atau group WhatsApp dengan rekomendasi dari teman. Penipu biasanya mengaku sebagai sales barang-barang branded, mengaku orang dalam Antam dll, lalu menawarkan harga yang sangat murah.

#5 Minta transfer DP dulu atau kirim resi palsu biar kamu transfer full

Pelaku berusaha meminta DP sebelum barang dikirim atau meminta full payment setelah menunjukkan “resi pengiriman” palsu. Nah, ketika uang sudah kamu transfer, si penipu langsung kabur.

Penting Untuk Diingat:

  • Jangan tergiur beli barang bermerek / emas / mata uang asing dll dengan harga jauh dibawah pasar.
  • Jangan mau diajak untuk keluar dari aplikasi online shop untuk melakukan chat japri atau transfer ke si penjual sebelum barang diterima.
  • Bank tidak berwenang melakukan pendebetan kembali uang yang sudah ditransfer.
  • Hubungi Halo BCA 1500888 jika kamu terlanjur terkena tipu.

Sampaikan informasi ini kepada teman-teman / orang terdekat di sekitarmu agar selalu berhati-hati dalam membeli barang-barang bermerek secara online. Penting juga untuk diingat, selalu jaga kerahasiaan data pribadimu. Sebab #DatamuRahasiamu.

Yuk jadi #GenerasiAntiModus dengan mengupdate modus penipuan lainnya di www.bca.co.id/awasmodus

 

 
  Share biar yang lain tahu



Simak Awas Modus Lainnya