Awas Modus Penipuan Terkini! Lakukan 3 Hal Ini

Keberadaan internet dan media sosial membuat kita semakin mudah membagikan berbagai informasi.

Sayangnya, terkadang kita dengan sadar membagikan informasi yang sifatnya pribadi seperti nomor kartu ATM, kartu kredit, email, nomor HP, tanggal lahir, bahkan nama lengkap keluarga.

Padahal, jika tersebar, data-data pribadimu menjadi “ladang emas”  yang bisa dimanfaatkan orang-orang tidak bertanggung jawab.

Awas modus penipuan terkini! Lakukan 3 hal di era digital mobile ini untuk menghindari berbagai modus penipuan yang mengatasnamakan bank / pihak lainnya.

1. Hindari Memposting Informasi Pribadi di Social Media

Saat memposting apa pun ke sosial media, baik teks, video atau pun foto, pastikan tak ada informasi bersifat pribadi yang muncul pada postinganmu.

Periksa baik-baik isi postingan sebelum di-publish agar info seperti nomor kartu ATM, nomor kartu kredit, expire date kartu kredit, nomor CVV di belakang kartu kredit, bahkan nama ibu kandung, nomor HP, atau alamat email sebaiknya tidak dipajang di ranah publik.

2. Waspadai Telepon, Chat, SMS atau Email yang Mencurigakan

Berhati-hatilah saat menerima telepon, chat, SMS atau email dari nomor / akun yang tidak kamu kenal, apalagi kalau minta data pribadi kamu dengan berbagai alasan.

Waspadalah dan jangan mudah kepancing karena kemungkinan besar ini merupakan modus penipuan.

Modus yang paling sering dilakukan para penipu ini adalah dengan:

  • Mengancam blokir rekening dengan alasan kamu belum update data, atau
  • Mengiming-imingi hadiah, bonus, reward dari suatu perusahaan.


Tujuannya agar kamu “hilang logikanya” dan mau membagikan data-data pribadimu kepada mereka.

Jangan pernah berikan data pribadi seperti nomor kartu ATM, expired date kartu kredit, nomor CVV kartu kredit, kode OTP, dan PIN kepada siapapun termasuk kepada petugas bank / lembaga lainnya.

3. Cek Ulang Semua Informasi yang Didapat

Saat menerima chat, SMS, telepon atau email dari nomor / akun tak dikenal yang mengatasnamakan bank / lembaga lain, jangan langsung percaya.

Selalu cek ulang semua informasi tersebut sebelum kamu memberikan data apa pun.

Nah, jika kamu mendapatkan chat, SMS, telepon atau email mencurigakan yang mengatasnamakan BCA, kamu bisa cek langsung ke: Layanan 24 Jam Halo BCA 1500888, email halobca@bca.co.id, Twitter @HaloBCA, atau website resmi BCA www.bca.co.id.


Simak Awas Modus Lainnya