Awas Modus – Awas Modus Penipuan di Pinjol

Di zaman pandemic sekarang ini, banyak dari kita yang terkena dampak ekonomi dan mencari dana pinjaman instan lewat aplikasi Pinjaman Online (pinjol) di smartphone.

Meskipun bunganya sangat tinggi, terkadang orang melupakannya, karena prosesnya yang instan dan tanpa barang jaminan.

Sebagian dikarenakan kebutuhan yang mendesak, atau gaya hidup konsumtif. Celah ini dimanfaatkan oleh para oknum pelaku penipuan untuk mengambil uang kamu.

Selain pinjol, ada beberapa madus lain juga yang lazim dilakukan seperti menang undian, DM lewat Socmed, chat pura-pura beli barang, menawarkan bantuan, ngirim barang, dll. Intinya semuanya mengincar nomor kartu ATM dan kode OTP.

Awas Modus Penipuan di Pinjaman Online!

Awas Modus – Awas Modus Penipuan di Pinjol

Beberapa waktu ini, terjadi kasus penipuan yang menyerang para pengguna Pinjaman Online (Pinjol) dengan iming-iming akan diberikan kenaikan plafon pinjaman, diskon bunga pinjaman, dll.

Cara penipuan juga makin beragam dimana mereka mengatasnamakan pihak operator Pinjol. Ada yang menggunakan fake number  ‘contact center’ atau ‘SMS resmi’ supaya calon korban terkecoh, ada yang nekad pakai nomor biasa tapi ngaku-ngaku dari contact center.

Modusnya adalah untuk alasan administrasi / verifikasi data proses kenaikan plafon pinjaman / diskon bunga pinjaman. Mereka meminta nomor kartu ATM dan kode OTP yang dikirim via SMS ke nomor HP calon korban.

Kode OTP ini ibarat jadi benteng terakhir rekening kamu dimana jika kamu memberikan nomor kartu ATM dan kode OTP tersebut maka penipu dapat bertransaksi menggunakan saldo yang ada dalam rekening kamu.

Jadilah generasi Anti Modus, kenali tipu muslihat mereka

Jangan menanggapi jika ada WA, SMS atau telpon yang menawarkan iming-iming kenaikan plafon pinjaman, diskon bunga pinjaman atau apapun.

Awas Modus – Awas Modus Penipuan di Pinjol

Penipu mengincar informasi data perbankan kamu dengan meminta data nomor kartu ATM dan kode OTP (One Time Password ) alias PIN dinamis sekali pakai, nomor verifikasi, kode otentikasi, dll, yang dikirim via SMS ke HP kamu.

Supaya kamu memberikan kode OTP, mereka biasanya menyebut kode OTP dengan istilah kode Promo, kode Bonus atau apapun supaya kamu bisa tertipu.

Jadilah Generasi Anti Modus! Jangan pernah berikan nomor kartu ATM dan kode OTP kamu ke siapapun, sekalipun yang mengaku pihak Pinjol / contact center / lembaga apapun.

Jika menemukan hal-hal yang mencurigakan, segera hubungi Halo BCA di 1500888. #DatamuRahasiamu

  Share biar yang lain tahu


Simak Awas Modus Lainnya