Awas Modus BCA – Gojek

Di jaman serba online gini makin marak penipuan dengan menggunakan cara-cara Magis (manipulasi psikologis), yaitu modus penipuan yang memanfaatkan kelengahan kita dengan kepiawaian oknum pelaku menyusun kata-kata sehingga kita percaya. Istilah kerennya, social engineering.

Modus yang digunakan macam-macam, tapi sangat dekat dengan keseharian kita. Salah satunya yang sekarang lagi marak adalah memanfaatkan kelengahan nasabah pengguna aplikasi ojol, contohnya saat memesan makanan (GoFood) melalui Gojek.

Yuk kenali modusnya

Awas Modus BCA – Gojek

  • Penipu akan berpura-pura menjadi driver ojol, meminta transfer di luar aplikasi dengan alasan uangnya kurang atau biar bisa langsung dibayarkan ke rekan usaha Gojek atau ojol lainnya (restoran, supermarket, minimarket, toko, dsb).
  • Pengguna ojol diminta melakukan transfer virtual account dengan tambahan kode tertentu di depan sebelum memasukkan nominal uang transfer, dengan alasan biar langsung masuk ke rekening rekan usaha ojol.

Perlu kamu tahu, saat kamu membayar menggunakan metode pembayaran resmi dari aplikasi ojol (misalnya Gopay dan PayLater di Gojek), uangmu akan langsung diterima rekan usaha Gojek atau aplikasi ojol lainnya. Pihak Gojek tidak mengeluarkan fitur lainnya di luar kedua fitur tersebut untuk bertransaksi melalui aplikasi Gojek. Begitu juga kalau kamu menggunakan aplikasi ojol lainnya, selalu gunakan metode pembayaran resmi dari aplikasi ojol tersebut.

Supaya terhindar dari modus penipuan ini, yuk cermati tips aman transaksi online berikut, biar kamu jadi Generasi Anti Modus dan terhindar dari Magis oknum Ojol.

Tips Aman Bertransaksi Online di Aplikasi Ojol

Awas Modus BCA – Gojek

  • Pastikan kamu sudah menggunakan PIN pada aplikasi ojol yang kamu pakai untuk melindungi semua transaksimu di aplikasi tersebut.
  • Jangan gampang percaya sama penipu yang pura-pura jadi driver ojol dan bilang sistem aplikasi ojol sedang bermasalah.
  • Jangan coba-coba melakukan pembayaran di luar aplikasi yang disediakan (misalnya GoPay atau PayLater dari Gojek).
  • Selalu cek kembali jumlah yang ditransfer dengan dana yang masuk dan akun penerima.
  • Pilih jalur top up paling aman, yaitu lewat BCA mobile/transfer ke Virtual Account atau OneKlik.
  • Selalu jaga keamanan data pribadimu, seperti PIN, kode OTP, Nomor Kartu Kredit/Debit kepada siapapun. Bahkan pihak BCA, Gojek atau aplikasi ojol lainnya tidak akan pernah menanyakan data pribadimu.
  • Jangan gampang percaya sama orang yang nggak dikenal yang menawarkan bantuan atau solusi transaksi.
  • Jika ada permintaan yang mencurigakan, adukan pada contact center perusahaan yang bersangkutan.
  • Biar gampang diingat, pakai prinsip JAGA agar kamu terhindar dari penipuan
    J = Jangan transfer di luar aplikasi
    A = Amankan data pribadi, termasuk jangan berikan OTP
    G = Gunakan PIN
    A = Adukan bila ada telepon mencurigakan
  Share biar yang lain tahu


Simak Awas Modus Lainnya