• Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

    Melalui kegiatan tanggung jawab sosial, BCA turut mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan dan implementasi Keuangan Berkelanjutan

Solusi Bisnis Unggul BCA

Solusi Bisnis Unggul BCA

Pilar Solusi Bisnis Unggul melakukan program pembinaan terhadap komunitas dan desa yang mempunyai potensi pariwisata & edukasi budaya. BCA menyadari betul industri pariwisata merupakan salah satu sektor ekonomi penting di Indonesia dan memiliki posisi strategis dalam peningkatan devisa negara. Dalam jangka panjang proses pembinaan ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sehingga mampu meningkatkan kemampuan ekonomi dan berkembang secara mandiri. 

Desa yang dibina adalah desa yang mempunyai potensi dalam bidang pariwisata dan edukasi budaya, serta dijalankan oleh komunitas atau sekelompok orang, sehingga dampak dari pembinaan dapat dirasakan oleh banyak orang.

Berikut ini adalah tahapan yang dilakukan dalam proses pembinaan dan pengembangan desa & komunitas

  • Melakukan proses analisa terkait potensi yang ada, baik dari sisi tempat dan sumber daya manusia, melakukan pendekatan dengan tokoh masyarakat dan aparat pemerintahan daerah dan dinas terkait.
  • Melakukan proses pemaparan SWOT analisa sebagai pertimbangan untuk pengambilan keputusan pembinaan.
  • Melakukan pembentukan kepengurusan yang akan menjadi agent of change dari desa dan komunitas yang akan dibina.
  • Melakukan perumusan visi, misi, target hingga action plan yang akan dijalankan untuk proses pembinaan.
  • Melakukan pengembangan kapasitas sumber daya manusia berdasarkan roadmap pelatihan,  melihat kondisi & potensial kebutuhan dari desa dan komunitas yang memerlukan pendampingan untuk pengembangan berikutnya. Setelah pelatihan, BCA aktif melakukan pendampingan untuk memastikan penerapan serta konsistensi dari desa dan komunitas dalam menjalankan hal-hal yang telah dipelajari.
  • Menganalisa serta mendesign program promosi/branding dan kebutuhan akan fasilitas umum  yang dapat menunjang pelayanan.
  • Melakukan proses monitoring dan evaluasi atas performance desa dan komunitas, melakukan proses uji coba layanan untuk memastikan kesiapan desa dan komunitas atas setiap program yang akan dijalankan, hingga melakukan peresmian.
  • Melakukan pengukuran atas dampak pembinaan BCA terhadap desa & komunitas. 

Pembinaan yang dilakukan BCA difokuskan pada pengembangan sumber daya manusia, karena BCA menyadari bahwa sumber daya manusia merupakan aset paling berharga dan bagian penting dalam menjalankan sebuah organisasi, komunitas dan bisnis. Harapannya dengan keberhasilan desa & komunitas menjalankan fungsinya dapat menumbuhkan perekonomian daerah, membuka peluang serta kesempatan kerja baru untuk warga sekitar, mendapatkan sumber penghasilan baru hingga mampu bertumbuh secara mandiri dalam hal finansial.

Hingga akhir tahun 2019, beberapa program pembinaan komunitas dan desa yang dijalankan, antara lain:

Program pemberdayaan untuk meningkatkan kemampuan ekonomi UMKM, masyarakat pedesaan, dan komunitas.

Kegiatan Terbaru CSR untuk pembinaan Desa & Komunitas