• Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

    Perusahaan dapat terus bertumbuh bila masyarakat dimana perusahaan itu berada juga tumbuh bersamanya. Karena itu, CSR BCA ada untuk semua

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Telah lebih dari 60 tahun BCA hadir dan tumbuh bersama masyarakat. BCA hadir untuk memberikan kemudahan bagi nasabah dalam memenuhi kebutuhan perbankan yang nyaman, aman, dan reliable. Kami senantiasa berupaya untuk memahami dan mencari solusi terbaik yang dibutuhkan beragam masyarakat agar dapat terus tumbuh bersama.

Dengan selalu menjunjung norma-norma dan aturan-aturan yang berlaku dalam setiap aktivitas bisnisnya, BCA juga berkiprah secara aktif dalam pembangunan sosial, pelestarian lingkungan serta menjadi salah satu pelopor dalam penerapan tata kelola

berkelanjutan di industri perbankan Indonesia.

Seiring visinya untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat, yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia, BCA dengan sepenuh hati akan selalu hadir dan tumbuh di tengah masyarakat untuk mewujudkan sebesar-besarnya manfaat serta memberi inspirasi bagi seluruh pemangku kepentingan.


Praktik Ketenagakerjaan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja

SDM BCA sangat berperan dalam pencapaian prestasi dan kinerja perusahaan. Oleh karena itu, BCA senantiasa memberikan perhatian khusus dalam pengelolaan SDM

(Sumber Daya Manusia).

BCA berkomitmen mengembangkan SDM secara berkelanjutan dalam rangka meningkatkan, kompetensi, karir, serta kesejahteraan karyawan. Tentunya hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kenyamanan serta kebanggaan karyawan terhadap BCA.

BCA juga berupaya untuk memberikan perlindungan bagi seluruh karyawan di lingkungan kerja.

Kinerja Keberlanjutan BCA di Bidang Sosial Ketenagakerjaan

Program Berkelanjutan: Praktik Ketenagakerjaan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja


Tanggung Jawab Pengembangan Produk dan Jasa Keuangan Berkelanjutan

Sebagai agent of trust, bank memiliki risiko yang melekat pada produk dan layanan yang disediakan bagi masyarakat. Perkembangan teknologi yang bersamaan dengan semakin beragamnya produk-produk perbankan menambah paparan risiko penyalahgunaan produk dan layanan keuangan yang dapat mengurangi kepercayaan pemangku kepentingan.

Sebagai lembaga yang mengandalkan kepercayaan masyarakat, BCA harus mengelola bisnis secara bertanggung jawab sebagai bagian dari manajemen risiko dan reputasi. Dengan tingkat kepercayaan yang tinggi, nasabah atau masyarakat akan terus menyimpan dana dan menggunakan layanan perbankan yang disediakan. Sehingga, bank dapat menyalurkan dana tersebut untuk menggerakkan perekonomian bangsa.

Tanggung Jawab Pengembangan Produk dan Jasa Keuangan Berkelanjutan

Program Berkelanjutan: Tanggung Jawab Terhadap Konsumen


Lingkungan Hidup

BCA berupaya mengambil peran dalam pelestarian lingkungan hidup dengan salah satunya berkomitmen mengelola kegiatan operasional secara lebih ramah lingkungan, antara lain dengan menerapkan penghematan energi. Upaya tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan.

Selain itu, BCA turut aktif bekerja sama dengan lembaga-lembaga yang kompeten dalam menangani isu lingkungan hidup. Sebagai upaya BCA untuk dapat berkontribusi dalam pelestarian lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Kinerja Keberlanjutan BCA di Bidang Lingkungan

Program Berkelanjutan: Lingkungan Hidup dan Keuangan Berkelanjutan


Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan

Untuk mewujudkan visi menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar utama dalam perekonomian dan memberikan layanan

finansial terbaik bagi seluruh nasabah Indonesia, BCA berkomitmen menjaga dan meningkatkan kepercayaan masyarakat, nasabah, mitra bisnis, dan regulator.

Kinerja Keberlanjutan BCA di Bidang Sosial

Program Berkelanjutan: Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan


Anggaran Jumlah
Lingkungan Hidup     1.117.803.077
Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan 104.443.182.759
TOTAL 105.560.985.836

Solusi Cerdas BCA

Solusi Cerdas BCA

Pendidikan adalah salah satu sarana utama dalam mengembangkan sumber daya manusia berkualitas yang berkontribusi bagi kemajuan dan pembangunan Indonesia. Untuk tujuan itulah, sejak tahun 1996, BCA telah mengembangkan program CSR di bidang pendidikan yaitu Solusi Cerdas BCA dengan menyediakan dukungan pendidikan, terutama mereka yang tidak mampu secara finansial.

Solusi Cerdas BCA juga dirancang untuk bersinergi dengan bisnis, termasuk mengembangkan tenaga terampil yang dapat mengisi kebutuhan karyawan di BCA.

Program Solusi Cerdas BCA yang dikembangkan antara lain:

Kami memiliki program Beasiswa Bakti BCA bagi mahasiswa S1 yang berprestasi namun memiliki kendala finansial.
Kami berupaya agar masyarakat memahami pentingnya perencanaan dan mampu mengelola keuangan yang baik.
Kami melakukan Program Kemitraan Pendidikan dengan mendukung penyediaan tenaga pengajar maupun pengadaan fasilitas dan sarana pendukung pendidikan.
Kami memberi kesempatan bagi para lulusan SMA maupun Sarjana untuk mendapatkan pengalaman operasional sebagai CSO atau teller selama satu tahun.

PPA

Program Pendidikan Akuntansi (PPA) membekali siswa dengan soft skill dan kesempatan on the job training di lingkungan BCA.
Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI) mengimbangi peningkatan kebutuhan SDM dan perkembangan TI di industri perbankan.
Kami berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mendukung pengembangan infrastruktur sekolah melalui program Sekolah Binaan Bakti BCA.

Solusi Sinergi BCA

Solusi Sinergi BCA

Solusi Sinergi BCA adalah sarana bagi BCA untuk mendukung pengembangan dalam bidang budaya, kesehatan, lingkungan, olahraga, dan empati bagi masyarakat. Dalam melaksanakan program Bakti BCA pada pilar ini, BCA bekerja sama dengan lembaga-lembaga yang memiliki kredibilitas dan kompetensi yang sesuai dengan sifat dan tujuan program.

Program Solusi Sinergi BCA yang dijalankan antara lain:

Program Solusi Sinergi BCA ini merupakan program kepedulian sosial kami di bidang budaya, kesehatan, lingkungan, olahraga, empati dan lain-lain.
Kami berkomitmen menjadikan filosofi dan tujuan CSR sebagai bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas perusahaan.
Kami turut aktif memfasilitasi kegiatan layanan kesehatan. Dalam pelaksanaannya, kami bekerja sama dengan lembaga yang kompeten dan memiliki kredibilitas di bidang layanan kesehatan.
Kami mengimplementasikan kebijakan lingkungan BCA dalam berbagai kegiatan peduli lingkungan hidup
Kami mendukung kemajuan olahraga nasional dan mensosialisasikan pola hidup sehat.

Solusi Bisnis Unggul BCA

Solusi Bisnis Unggul BCA

Pemberdayaan masyarakat adalah upaya yang ditujukan untuk menciptakan keadaan di mana masyarakat mampu bertumbuh dan mencapai kemajuan secara mandiri. BCA mendukung upaya tersebut melalui Solusi Bisnis Unggul BCA. Program ini dikembangkan sejalan keunggulan solusi perbankan BCA.

Implementasi program Solusi Bisnis Unggul BCA antara lain:

Kami aktif melakukan pendampingan kepada beberapa komunitas di daerah untuk membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan kerja.
Kami memfasilitasi pelaku UKM agar mampu mengembangkan usahanya secara kompetitif dan berkelanjutan.