Dirilis pada 23-09-2016

Lanjutkan Komitmen Kenalkan Wayang kepada Pelajar, BCA Gelar Wayang For Student

Semarang, 23 September 2016 – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali membuktikan komitmennya mendukung pelestarian wayang Indonesia. Bekerja sama dengan Dewan Kesenian Semarang (DEKASE) BCA menggelar Wayang for Studentselama 5 hari, yakni 16 – 17 dan 22 - 24 September 2016. Melalui kegiatan ini, BCA mengajak siswa-siswi SMP dan SMA untuk menyaksikan pertunjukan wayang dengan kreasi yang mengikuti perkembangan zaman.

Hadir dalam Pembukaan Wayang for StudentKepala Satuan Kerja Corporate Social Responsibility BCA Inge Setiawati, Kepala Kantor Wilayah II BCA Gunawan Budi Santoso, Ketua Dewan Kesenian Semarang (Dekase) Mulyo Hadi Purnomo, Kepala Sekolah SMPN 8 Hariyanto Dwiyantoro, Ketua Panitia pelaksana Wayang for Student Ninik Liestyati.

“BCA terus berkomitmen untuk memperkenalkan dan menumbuhkan kecintaan generasi muda akan budaya wayang melalui beragam kegiatan, salah satunya Wayang for Student. Kami menyadari siswa merupakan generasi muda yang akan meneruskan keberadaan wayang sebagai kekayaan budaya Indonesia. Hal inilah yang mendorong kami untuk menciptakan maupun mendukung kegiatan-kegiatan wayang yang melibatkan generasi muda, termasuk para pelajar,” kata Inge.

Perkenalan wayang ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Bakti BCA bidang budaya yang masuk dalam payung program “BCA untuk Wayang Indonesia”. Wayang for Studentyang juga merupakan kelanjutan dari “FUN-tastic Wayang at School” merupakan bukti konsistensi BCA untuk memperkenalkan wayang kepada generasi muda. Pada acara ini, para siswa disuguhkan pergelaran Wayang Cinema dan persembahan tari dari Grup Didhik Nini Thowok yang juga akan mengajarkan tari kepada para siswa/i.

Wayang for Student mengajak siswa-siswi dari SMPN 8, SMP YSKI, SMPN 19, SMP Maria Goretti, SMP Nasima dan SMA Nasima yang berjumlah sekitar 3.000 orang (belum termasuk guru). Acara ini membuktikan bahwa wayang dapat digelar melalui beragam media yang dekat dengan para pelajar. Tidak berhenti pada pergelaran yang disuguhkan, pelajar juga menampilkan performance yang meliputi drama cerita rakyat, tari-tarian, peragaan busana, drama flashmob, dll. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan Wayang for Studentbersifat dua arah. Artinya selain menampilkan pagelaran wayang, para siswa pun dilibatkan secara aktif untuk mengenal tokoh-tokoh wayang.

“Kami melihat, saat ini keterlibatan generasi muda dalam budaya wayang dan frekuensi pergelaran wayang masih minim sehingga membuat wayang kurang berdaya dalam merebut ruang dan perhatian anak-anak muda Indonesia. BCA berupaya untuk menghadirkan aktivitas-aktivitas yang mendekatkan wayang dengan masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda. Kehadiran Wayang for Studentdiharapkan dapat terus mendorong generasi muda Indonesia untuk lebih mengenal, mencintai, dan tergerak untuk melestarikan budaya bangsa yang telah diakui dunia ini,” lanjut Inge.

Program untuk memperkenalkan wayang untuk para siswa bukanlah yang pertama kali dilakukan oleh BCA. Tahun 2015, BCA mengadakan “Wayang in Town - Journey in A Thousand Years”di Galeri Indonesia Kaya. Enam ratus (600) pelajar yang hadir berasal dari 19 sekolah tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Umum (SMU) di Jakarta dan Tangerang. Di tahun yang sama, BCA juga mengadakan FUN-tastic Wayang at School di SMP Pangudi Luhur Domenico Savio, SMP Negeri 18 Semarang, SMP Kanisius St. Yoris dan menjangkau 1.550 siswa. BCA juga pernah mengadakan kegiatan sejenis kepada pelajar SD sampai SMA di Ubud, Bali, pada tanggal 15-17 April 2014.

 

Kepala Satuan Kerja Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Inge Setiawati (tengah) usai memberikan Flazz kepada perwakilan performers Wayang for Student di Semarang, Jumat (23/9). Acara yang digagas BCA bersama Dewan Kesenian Semarang (DEKASE) ini merupakan bukti nyata komitmen BCA dalam mendukung pelestarian wayang Indonesia. Wayang for Student digelar selama 5 hari, yakni 16 – 17 dan 22 - 24 September 2016 dengan mengundang siswa-siswi dari SMPN 8, SMP YSKI, SMPN 19, SMP Maria Goretti, SMP Nasima dan SMA Nasima yang berjumlah sekitar 3.000 orang (belum termasuk guru).

 

Melalui kegiatan ini, BCA mengajak siswa-siswi SMP dan SMA untuk menyaksikan pertunjukan wayang dengan kreasi yang mengikuti perkembangan zaman. Tidak berhenti pada pergelaran yang disuguhkan, pelajar juga menampilkan performance yang meliputi drama cerita rakyat, tari-tarian, peragaan busana, drama flashmob, dll.

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 Juni 2016)
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir Juni 2016, BCA memfasilitasi layanan transaksi perbankan kepada 14,8 juta rekening nasabah melalui 1.201 cabang, 16.974 ATM dan ratusan ribu EDC dengan dilengkapi layanan internet banking dan mobile banking.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi
Biro Hubungan Masyarakat

Alamat: Jl. MH Thamrin No. 1
BCA Grand Indonesia Lt. 22
Jakarta Pusat
Telepon: (021) 2358-8000
Fax: (021) 2358-8300
E-mail: humas@bca.co.id

Rekomendasi Artikel
Berita
Untuk meningkatkan kelancaran penerimaan Bank Draft di cabang – cabang BCA maka mulai 7 Oktober 2019,
Berita
Finhacks tidak hanya tentang inovasi, tetapi juga tentang komunitas TI berkumpul dan berkolaborasi.
Berita
Sampurasun Warga Bandung! Helatan terbesar dan paling menguntungkan untuk kamu yang sedang mencari rumah dan kendaraan hadir lagi.
Berita
Mana mungkin hati kamu tidak riang dan gembira ketika apa yang sedang kamu perjuangkan untuk memiliki properti dan kendaraan makin mudah.