Dirilis pada 15-04-2014

Perkenalkan Wayang pada Pelajar, BCA Gelar Wayang for Student

Perkenalkan Wayang pada Pelajar, BCA Gelar Wayang for Student

Bali, 15 April 2014 – Sebagai perwujudan komitmen PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terhadap pelestarian wayang Indonesia, BCA menggelar Wayang For Student di Rumah Topeng & Wayang Setia Darma, Ubud, Bali pada 15-17 April 2014. Selama 3 hari berturut-turut BCA mengajak 1.500 siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat untuk menyaksikan pertunjukan wayang. Hadir dalam peresmian Wayang for Student Komisaris Independen BCA - Cyrillus Harinowo, Sekretaris Perusahaan BCA - Inge Setiawati , Kepala Kantor Wilayah BCA IV - Frengky Chandra Kusuma, Head of CSR BCA - Sapto Rachmadie, Bupati Gianyar yang diwakili oleh  Kepala Bagian Humas dan Protokol - I Wayan Wardana dan Kurator Rumah Topeng &  Wayang Setia Darma - Prayitno.

Pagelaran ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Bakti BCA bidang budaya dalam payung program “BCA untuk Wayang Indonesia”. Wayang for Student merupakan bukti konsistensi upaya BCA untuk memperkenalkan wayang kepada generasi muda. “Komitmen BCA dalam memperkenalkan dan menumbuhkan kecintaan generasi muda akan budaya Wayang Indonesia kembali kami nyatakan melalui kegiatan Wayang For Student. Kami mengajak siswa-siswi mulai dari tingkat SD hingga SMA untuk menonton pertunjukan wayang. Sebelumnya, BCA telah memfasilitasi masyarakat, khususnya generasi muda untuk mengenal wayang lebih jauh dengan menyelenggarakan Wayang Masuk Mal di Jakarta.” kata Cyrillus.

Para siswa akan disuguhkan pertunjukan Wayang Sasak, Wayang Modern Bali, dan Wayang Listrik. Selain menonton, para siswa akan melakukan workshop yang dipandu oleh Dalang Made Sidia dimana mereka akan melihat karakter wayang yang mereka anggap menarik dan ditantang untuk mewarnai karakter wayang yang mereka anggap menarik. “Kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan selama tiga hari ke depan bersifat dua arah. Artinya selain menampilkan pagelaran wayang, para siswa pun dilibatkan secara aktif untuk mengenal tokoh-tokoh wayang melalui lukisan yang akan mereka buat. Rendahnya keterlibatan generasi muda dalam budaya wayang dan frekuensi pergelaran wayang yang minim membuat wayang kurang berdaya dalam merebut ruang dan perhatian anak-anak muda Indonesia. Oleh karena itu, BCA berupaya untuk menghadirkan aktivitas-aktivitas yang mendekatkan wayang dengan masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda. Diharapkan dengan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan, generasi muda Indonesia lebih mengenal, mencintai, dan tergerak untuk melestarikan budaya bangsa yang telah diakui dunia ini” lanjut Cyrillus.

Dukungan BCA terhadap pewayangan Indonesia ini bukanlah yang pertama kalinya. Sebelumnya, BCA bekerja sama dengan Pepadi (Persatuan Pedalangan Indonesia), BCA mengemas suatu tayangan edukasi berseri berjudul World of Wayang (WOW) yang mengupas kebudayaan Wayang di Indonesia yang tayang di Kompas TV setiap hari Minggu pukul 11.30 WIB. World of Wayang (WOW) merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan yang akan dijalankan dalam program “BCA untuk Wayang Indonesia”, partisipasi dalam acara Bali Puppetry Festival & Seminar 2013 yang menghadirkan pertunjukan dari berbagai negara. Selain itu, BCA juga turut serta mendukung Wayang World Puppet Carnival 2013 yang merupakan festival wayang bertaraf internasional. Dalam rangkaian acara ulang tahunnya yang ke-56, BCA telah menyelenggarakan pameran dan perlombaan fotografi bertajuk “World of Wayang 2013” yang diikuti lebih dari 700 peserta. Di penghujung tahun 2013, BCA mendukung perayaan hari ulang tahun Union Internationale de Marionnette (UNIMA) Indonesia yang keempat. Di awal tahun 2014 ini, dukungan BCA dinyatakan dengan menggelar Wayang Masuk Mall di Grand Indonesia yang sekaligus menjadi rangkaian kegiatan HUT BCA ke-57.


Narasumber Press Conference Wayang for Student (dari ki – ka) Prayitno – Kurator Rumah Wayang dan Topeng Setia Darma, Inge Setiawati – Sekretaris Perusahaan BCA, Cyrillus Harinowo – Komisaris BCA, Made Sidia – Dalang, I Wayan Wardana Kepala Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Gianyar melakukan tanya jawab dengan wartawan mengenai kegiatan tersebut. Komitmen BCA dalam memperkenalkan dan menumbuhkan kecintaan generasi muda akan budaya Wayang Indonesia kembali kami nyatakan melalui kegiatan Wayang For Student. Kami mengajak siswa-siswi mulai dari tingkat SD hingga SMA untuk menonton pertunjukan wayang.

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Desember 2013)
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir tahun 2013, BCA memfasilitasi layanan transaksi perbankan kepada lebih dari 12 juta rekening nasabah melalui 1.062 cabang, 14.048 ATM dan ratusan ribu EDC dengan dilengkapi layanan internet bankingdan mobile banking.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi
Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Grand Indonesia Lt. 22
Jakarta Pusat
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8300
E-mail : humas@bca.co.id

Rekomendasi Artikel
Berita
Yakin kamu mau melewatkan promo Nobar Sakuku di bioskop hanya Rp.1?
Berita
Menulis jadi salah satu kegiatan alternatif yang cukup produktif di bulan Ramadan.
Berita
Pemerintah menerbitkan Sukuk Tabungan seri ST004 yang dapat dibeli di BCA.
Berita
Bagi Anda yang sering menerima kiriman uang dari luar negeri, tentu sudah tahu benar akan layanan MoneyGram