Dirilis pada 08-06-2017

Hidup Itu Harus Selalu Ada Tantangan

Hidup Itu Harus Selalu Ada Tantangan

Siapa yang tidak mengenal chatting atau percakapan online. Media ini telah menjadi salah satu alat komunikasi yang digunakan masyarakat setiap hari. Dan rasanya sangat membanggakan, melihat ide percakapan online yang saya ajukan sebagai ide terpilih dan diimplementasikan oleh pihak BCA lewat layanan chat banking bernama VIRA (VIRtual Assistant)

Hi! Saya Fariz Tadjoedin, usia 34 tahun, pencetus ide chat banking dan pemenang kontes Finhacks 2016.

Saya bukan pemegang gelar sarjana, tapi saya selalu berambisi untuk terus mengejar gelar lewat ragam kompetisi TI. Selain pembuktian diri, titel ini menjadi bagian penting dalam porto folio saya. Jadi jangan ragu, buat Anda para kawula muda dan punya ide-ide menarik, wujudkan ide tersebut lewat kontes-kontes TI.

Dari beragam kontes yang saya ikuti, hanya dengan BCA ide saya terwujud dan diimplementasi. Ide chat banking ini pertama kali datang setelah melihat perkembangan teknologi. Mulai dari SMS Banking, mobile banking dan lain sebagainya. Perubahan itu secara perlahan membuat masyarakat mulai paham, dari sesuatu yang tidak aman namun dengan sistem yang memadai dan mengikuti perkembangan, perubahan itu akhirnya diterima.

Di kontes Finhack 2016 yang bertema eWallet, saya membuat presentasi dengan bermodal enam slide serta aplikasi chatting yang saya buat di hari H. Saya memang cenderung suka bekerja seorang diri, karena dengan begitu kontrol penuh bisa saya kendalikan dan tidak bergantung pada orang lain. 

Berkat dukungan penuh dari istri, saya termotivasi untuk membuat sesuatu yang baik,  mudah dan dapat diimplementasikan. Hasilnya, sungguh luar biasa. Ide presentasi saya diterima dan pihak juri melihat potensi tersebut bisa dikembangkan. Apalagi pesaing di kontes Finhack 2016 tidaklah sedikit, apalagi mereka bekerja secara tim antara tiga sampai empat orang. 

Tidak patah semangat, saya selalu mengingatkan diri bahwa hidup itu harus selalu ada tantangan agar tercipta motivasi dan keinginan untuk berkreasi, berkreasi, dan berkreasi.

Jadi, buat kamu para kawula muda yang ingin berkreasi dalam dunia TI. Yuk, manfaatkan ajang Finhack untuk menjadi satu pembuktian diri bahwa banyak ide-ide baru di luar sana yang bermunculan. Entah itu yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari ataupun yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Jadi jangan patah semangat! Kamu bisa dan kamu bisa menjadi seperti saya. Jangan berkecil hati walau tiada titel sarjana, karena dengan ide serta keinginan untuk maju, kamu juga bisa mewujudkan ide-ide tersebut. 

Penulis:
Fariz Tadjoedin, pemenang kontes Finhacks 2016
CEO 24Print.id

Sekilas tentang Finhacks
Kontes Finhacks atau Financial Hackathon merupakan sebuah acara untuk para developer atau praktisi TI untuk membuat suatu inovasi aplikasi dalam waktu singkat, antara 24-48 jam.

Karena BCA merupakan institusi finansial, BCA mengundang dan mengajak para developer atau praktisi TI yang memiliki impian untuk berkolaborasi dan berinovasi dalam menciptakan sistem pembayaran yang dapat merubah gaya hidup masyarakat Indonesia, dengan mempersiapkan API (Application Programming Interface) yang dapat digunakan oleh para developer untuk berinteraksi dengan sistem BCA.

Kompetisi Finhacks terbuka untuk masyarakat umum dari berbagai kota, pendidikan, usia, dan pekerjaan. Dan untuk Finhacks 2017, tema yang diusung adalah #CodeSpace yang akan berlangsung di BCA Learning Institute, Sentul, Bogor.

Komentar

Terdapat 1 komentar

  • Armiy Indra
    Dirilis pada 6/9/2017 11:54:52 PM
    bapak fariz tajoedin yg 1 ini adalah pencipta jejaring sosial Liveconnector dulu pada masanya.. beliau sangat baik skali dan pintar. dulu kuliah saya TA nya di bantu oleh beliau dlm membuat program. semoga Mas Fariz sehat selalu dan sukses. aamiin

Buat komentar baru

Login dengan:
Rekomendasi Artikel
Berita

Pesatnya pertumbuhan start-up dalam beberapa tahun terakhir membuat perusahaan

Berita
Pasutri Muda Medan Bawa Pulang Daihatsu Ayla di Fun Walk BCA Medan.
Berita
Yuk, meriahkan acara No Wallet Challenge perdana dari Sakuku di acara Kepencet Music Festival 2017!
Berita
Kamu suka band-band indie, pop-up bazaar, dan pameran live arts? Jangan lewatkan acara seru dari Sindhen Apps bertajuk Kepencet Music Festival 2017