Dirilis pada 10-03-2016

FinHacks 2016 - kontes aplikasi sistem pembayaran dalam 24 jam.

FinHacks 2016 - kontes aplikasi sistem pembayaran dalam 24 jam.

BCA akan mengadakan kegiatan Hackathon untuk umum pada tanggal 23 – 24 April 2016.  Hackathon itu sendiri adalah sebuah acara buat para developer atau praktisi TI untuk membuat suatu inovasi aplikasi dalam waktu singkat, biasanya 24 – 48 jam.  Selama saya bekerja di BCA 27 tahun, baru kali ini saya melihat BCA  menyelenggarakan hackathon.  Gagasan ini awalnya muncul setahun yang lalu pada saat direktur TI BCA, Bapak Armand Hartono, bertemu dengan para developer di sebuah acara komunitas TI.  Pada pertemuan tersebut banyak developer mengutarakan kesulitan mereka dalam berinteraksi dengan sistem pembayaran bank.  Maka setahun kemudian BCA mempersiapkan API (Application Programming Interface) yang dapat digunakan oleh para developer untuk berinteraksi dengan sistem BCA.

Dengan mengusung nama Finhacks 2016, BCA  mengundang dan mengajak para developer atau praktisi TI yang memiliki impian untuk berkolaborasi dan berinovasi dalam menciptakan sistem pembayaran yang dapat merubah gaya hidup masyarakat Indonesia.  Kata Finhacks sendiri dapat diartikan sebagai Financial Hackathon.  Karena BCA merupakan institusi finansil maka kata Financial dalam Finhacks memberikan kesan kalau hackathon ini khusus untuk bidang finansil.  Selama 2 hari 1 malam atau 24 jam non-stop sekitar 180 orang peserta dari berbagai kota di Indonesia akan berkumpul untuk ditantang membuat aplikasi pembayaran eWallet secara individu atau berkelompok di Segarra, Ancol.  Biasanya hackathon diadakan dalam ruangan besar tertutup seperti auditorium, lapangan olah raga, ruang rapat besar atau ballroom, kali ini BCA mengadakan di area sekitar pantai, dengan maksud agar para peserta dapat refreshing, keluar dari kesibukan mereka sehari hari.  Maka tema yang digunakan juga adalah Hack by the Beach.

Peserta kontes akan dipilih 3 inovasi terbaik, terbaik pertama, terbaik kedua dan terbaik ketiga.  Kriteria pemenang diutamakan pada seberapa relevan inovasi sistem pembayaran yang diciptakan dengan sistem BCA dan seberapa unik masalah dan solusi inovasi yang dihasilkan.  Selain membuat aplikasi, para peserta juga harus mempresentasikan hasil ciptaannya satu per satu di depan para juri yang terdiri dari para praktisi TI, CTO dan CEO dari Fintech dan para ahli TI dari industry Teknologi Informatika. 

Tentu saja ada tujuan dan maksud mengapa BCA mau membuat kegiatan ini.  Selain untuk menjawab kebutuhan para developer dalam berinteraksi dengan sistem BCA, acara ini juga untuk merangsang ide, kreativitas, dan inovasi dari para developer atau masyarakat luas untuk menciptakan sistem pembayaran masa depan yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dengan menggunakan eWallet.  Hasil dari aplikasi yang mereka buat akan tetap menjadi milik mereka, BCA tidak akan mengambil keuntungan atau mengambil hasil ciptaan mereka. Tetapi tidak tertutup kemungkinan jika hasil inovasi para peserta menarik minat BCA untuk dikembangkan lebih lanjut, maka BCA akan bekerja sama dengan para developer tersebut.  Pada acara penutupan akan diumumkan pemenang pertama, kedua dan ketiga. Hadiah pertama berupa uang tunai Rp. 59 juta plus Oculus Rift, hadiah kedua Rp. 35,9 juga plus drone, ketiga Rp. 15,9 juta plus GoPro Hero dan tentu saja pajak hadiah akan ditanggung oleh pemenang. 

Selain hadiah, selama mengikuti kontes Finhacks tentu saja BCA juga mengharapkan agar para peserta dapat belajar kemampuan teknis baru yang belum pernah mereka alami sebelumnya.  Dapat meningkatkan kemampuan komunikasi yang efektif dan kerja sama tim, mengetahui kekuatan masing masing anggota tim dan mendistribusikan tugas yang pas sehingga bisa menghasilkan proyek tunggal terpadu pada saat bagian bagian yang berbeda itu digabungkan.  Dan tidak kalah penting juga dapat bersilaturahmi, atau istilah asingnya networking, selain bertemu dengan peserta Finhacks, para peserta juga dapat bertemu dan berkenalan dengan para mentor atau juri dari komunitas TI dan bahkan dari BCA juga.  

Masyarakat umum dari berbagai kota, pendidikan, usia, pekerjaan bisa mengikuti kontes ini.  Semoga saja BCA dapat mengadakan kontes Finhacks ini secara rutin setiap tahun dengan tema yang berbeda.  Tahun ini mengambil tema inovasi dalam sistem pembayaran dengan menggunakan eWallet.  Kenapa eWallet? Karena menurut pengamatan BCA dengan bertumbuhnya eCommerce di Indonesia, sistem pembayaran menggunakan eWallet menjadi salah satu pilihan utama bagi para pengusaha eCommerce.  Bagi eCommerce dengan skala besar tentu saja tidak akan mengalami kesulitan untuk membangun sistem eWallet sendiri, tetapi tidak untuk yang berskala kecil.  BCA sudah memiliki sistem platform eWallet yang bisa digunakan oleh mereka yang hendak memiliki eWallet sendiri tetapi tidak mau repot dengan membangun atau menginvestasikan biaya yang cukup besar.  Dengan mengajak Daily Social dan Axway dalam kontes Finhacks pertama ini, BCA mengajak semua lapisan masyarakat yang memiliki impian untuk mewujudkan sistem pembayaran terbaik di Indonesia melalui ajang Finhacks ini.  BCA membuka website dengan nama Finhacks.id sebagai sarana untuk mendaftarkan yang akan ditutup pada tanggal 4 April 2016.

Penulis

Hermawan Thendean

Executive Vice President IT

Komentar

Terdapat 2 komentar

  • Yokko 'Sietho'
    Dirilis pada 3/11/2016 1:01:23 PM
    wow, about time BCA :) Can't wait for the end-user application
  • Antonius Surya
    Dirilis pada 3/10/2016 2:02:49 PM
    ayo ayo... ahli TI... tunjukkan kemampuanmu

Buat komentar baru

Login dengan:
Rekomendasi Artikel
Berita
Yakin kamu mau melewatkan promo Nobar Sakuku di bioskop hanya Rp.1?
Berita
Menulis jadi salah satu kegiatan alternatif yang cukup produktif di bulan Ramadan.
Berita
Pemerintah menerbitkan Sukuk Tabungan seri ST004 yang dapat dibeli di BCA.
Berita
Bagi Anda yang sering menerima kiriman uang dari luar negeri, tentu sudah tahu benar akan layanan MoneyGram