Dirilis pada 17-03-2020

Agar Rapat Tetap Efektif Walaupun Karyawan Bekerja Dari Rumah

Agar Rapat Tetap Efektif Walaupun Karyawan Bekerja Dari Rumah

Merebaknya virus corona alias Covid-19 di Indonesia membuat Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk bekerja di rumah. Sayangnya, rumah memiliki suasana yang berbeda dengan kantor. Suasana yang lebih santai, tidak ada teman-teman sekantor, waktu datang dan pulang bekerja, dan hal-hal lainnya yang membuat malas untuk bekerja.

Apalagi jika harus rapat melalui video call dengan karyawan Anda. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa tips dari para ahlinya yang bisa buat Anda lebih fokus dalam bekerja di rumah:

Pertama adalah menyesuaikan keadaan rumah dengan keadaan di kantor. Saat Anda berada di ruang rapat, ruangan tersebut biasanya dirancang minimalis untuk menghindari gangguan yang bisa mengurangi konsentrasi. Oleh karena itu, buatlah efek yang sama di bagian rumah yang akan menjadi tempat Anda bekerja.

Ketika Anda harus rapat via video call, buatlah area dengan pencahayaan yang tepat, kamera yang baik, dan pengaturan area yang rapi. Sesuaikan pula kamera yang akan digunakan untuk video call sehingga memiliki level yang sama dengan mata Anda, jangan sampai Anda melihat ke bawah.

Agar Rapat Tetap Efektif Walaupun Karyawan Bekerja Dari Rumah

Kedua adalah memiliki struktur agenda. Walaupun rapat diadakah via video call, Anda tetap harus memiliki struktur rapat. Apa saja yang ingin dibahas, informasi terkini apa saja yang ingin diketahui, hingga menyiapkan materi presentasi jika dibutuhkan. Lakukan seperti yang biasa Anda lakukan ketika rapat di kantor bersama tim.

Agenda ini juga penting supaya rapat tidak berlarut-larut dan membahas sesuatu yang keluar arah karena semakin lama rapat dilakukan, orang akan semakin tidak fokus. Jika dalam rapat dalam kondisi tatap muka seperti biasa bisa fokus hingga satu jam lebih, kondisinya tidaklah demikian jika melalui video call. Jarang orang bisa memiliki tingkat fokus yang sama dalam jangka waktu panjang.

Ketiga adalah memperhatikan kecepatan berbicara, jangan terlalu cepat. Terpenting adalah artikulasi yang benar sehingga orang bisa mendengar dengan baik. Mengapa? Karena kecepatan jaringan internet setiap orang berbeda-beda sehingga kejernihan suara yang diterima setiap orang juga akan berbeda.

Tips lainnya yang bisa diterapkan adalah menggunakan fitur "Mute" yang terdapat di video call ketika tidak sedang berbicara untuk mengurangi keberisikan selama rapat berlangsung. Hal ini akan membantu peserta rapat mendengar lebih jelas apa yang disampaikan.

Sumber: prioritas.bca.co.id

Rekomendasi Artikel
Berita
Lindungi diri dan keluarga Anda dari risiko kesehatan dan jiwa dengan beragam produk Proteksi dari BCA AIA yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
Berita
Anda pengusaha eksportir dan importir? Sudah tahu adanya PBI No. 21/14/PBI/2019 terbaru dengan menggunakan layanan SiMoDIS dari Bank Indonesia?
Berita
Kini perlindungan kesehatan makin tenang dengan asuransi tambahan Premier Hospital & Surgical (PHS+).
Berita

Top-Up Gopay atau LinkAja #DiRumahAja sekarang dibikin ringan sama BCA