Dirilis pada 15-08-2019

Bangga Indonesia; Gamelan yang Terus Mendunia dan Indahnya Pulau Dewata dalam Bingkai Film Besutan Livi Zheng

Bangga Indonesia; Gamelan yang Terus Mendunia dan Indahnya Pulau Dewata dalam Bingkai Film Besutan Livi Zheng.

Puluhan tahun silam Wenten harus meninggalkan kampung halaman dan berpisah dengan keluarganya di Bali. Di awal perjalanannya, banyak tantangan menghadang. Namun, kini semuanya sudah berlalu.

Wenten tak hanya mampu bertahan di negeri orang, tetapi juga berhasil meraih apa yang sebelumnya dicita-citakan; menjadi seniman dan juga guru besar gamelan yang menyebarkan gamelan di Amerika. Berkat Wenten, musik gamelan kini popular dan diajarkan di kampus-kampus utama di Amerika.

Setelah 40 tahun malang melintang di Amerika, di masa tuanya Wenten ingin kembali pulang ke kampung halamannya di Pulau Dewata. Namun, Wenten ingin selalu meraih sesuatu yang bisa disumbangkan bagi Tanah Air-nya.

Sebagian perjalanan hidup Wenten difilmkan dalam Bali: Beats of Paradise oleh sutradara berbakat asal Indonesia Livi Zheng, yang tinggal di Los Angeles, AS. “Bali: Beats of Paradise” tak hanya bertutur tentang  perjalanan hidup seorang Wenten, tetapi juga keindahan Bali dan perpaduan musik tradisional Bali dengan musik funk, akhirnya membawa film tersebut masuk dalam seleksi nominasi Piala Oscar 2019 untuk kategori The Best Picture.

Bali: Beats of Paradise merupakan film yang mengangkat kisah inspiratif pemain dan komposer gamelan Nyoman Wenten, yang mengejar mimpinya sebagai seniman Bali di Amerika Serikat lewat musik gamelan Bali.

Dalam film layar lebar ini, yang pengambilan gambarnya dilakukan di Los Angeles, Amerika, dan Bali, Wenten berkolaborasi dengan Judith Hill, penyanyi pemenang Grammy Award, kontestand The Voice dan partner duet Michael Jackson.

Di film Bali: Beats of Paradise inilah, Wenten dan Judith berhasil menggabungkan genre musik tradisional Bali  yang pentatonik dengan musik funk.  Musik perpaduan dua “dunia” itu dikerjakan bersama oleh Wenten dan Judith dalam lagu bertajuk Queen of the Hill. Dalam video klipnya, sosok Wenten dan Judith sarat dengan warna dan balutan busana tradisional Bali.

Musik gamelan sudah dipakai dalam film Avatar karya James Cameron, TV seri Star Trek dan Nintendo Games Super Mario Bros. Musik gamelan sekarang juga diajarkan di banyak universitas di Amerika seperti Harvard University, Massachusetts Institute of Technology (MIT), University of California-Los Angeles (UCLA), dan University of California-Berkeley (UC-Berkeley).

Film ini layak sekali untuk kamu tonton apalagi dalam suasana kemerdakaan Republik Indonesia. Segera datang ke bioskop kesayanganmu dan gunakan kartu kredit atau kartu debit BCA atau BCA mobile untuk mempermudah kamu melakukan transaksi pembelian tiket dan e-tiket.

Rekomendasi Artikel
Berita
Kamu salah satu pecinta boba atau minimal bubble? Jangan sampai terlewat Boba Festival di Gandaria City, Jakarta.
Berita
September sampai Desember jadi bulan yang menguntungkan untuk kamu. Buka rekening online via BCA Mobile akan mendapatkan dapat extra paket data dan pulsa reguler.
Berita
Buat yang belom tahu akhir pekan mau kemana, Sakuku ngajak kamu ke Metropole XXI buat ikut Nobar bareng Sakuku. 
Berita
Buat yang belom tahu akhir pekan mau kemana, Sakuku ngajak kamu ke Metropole XXI buat ikut Nobar bareng Sakuku.