Dirilis pada 08-06-2018

Panduan Memperkuat Merek Bisnis

Panduan Memperkuat Merek Bisnis

Bagi sebuah bisnis, merek adalah senjata pertama untuk melakukan pentrasi pasar. Oleh karena itu, tanpa merek yang kuat, merek tentu akan sulit menembus pasar. Lantas, apa yang harus dilakukan sebuah bisnis untuk memperkuat mereknya?

Pengelolaan merek umumnya didorong oleh budaya di dalam sebuah bisnis. Namun, pada tingkat paling dasar, bisnis seharusnya sudah tahu nilai mereknya dan apa yang bisa mendorong nilai mereknya.

"Ada sembilan kunci yang dapat membantu bisnis mendorong manajemen merek internal agar kuat dan terstruktur sehingga mampu meningkatkan ekuitas merek secara eksternal serta membuat merek lebih kompetitif," ujar Direktur Pelaksana Brand Finance Aisa Pacific Samir Dixit.

Pertama, informasi untuk perkembangan merek, arah pergerakan, alasan perubahan dan informasi terkait lainnya harus jelas. Kedua, bangun dasar bisnis dengan memberikan edukasi dan pemahaman mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Ketiga, melakukan perbandingan terhadap pelacakan merek yang konsisten. Ini akan menjadi alat untuk menentukan pengukuran merek secara internal maupun eksternal. Keempat, berikan pemahaman yang konsisten bagi semua pihak atas merekmu.

Kelima, perjelas peran tiap individu dalam proses operasional. Keenam, lakukan audit secara berkala untuk menjaga agar arah manajemen merek tetap sesuai. Ketujuh, pahami tiap risiko bisnis yang ada bila tidak mengikuti rencana perkembangan merek.

Kedelapan, tentukan pengukuran yang dapat diukur (Key Performance Index/KPI) agar mengetahui tingkat kesuksesan strategi yang sudah diambil. Terakhir, buka kanal masukan untuk memastikan konsistensi peningkatan terhadap pengalaman merek.

"Informasi adalah hal penting. Tanpa ada pelacakan pemahaman merek secara internal, ekuitas merek antarkaryawan, kebijakan dan audit tidak akan berhasil. Mungkin ini akan membuat karyawan 'tidak nyaman' namun ini perlu untuk membuat tiap karyawan bertanggung jawab dan saling menguatkan agar merek juga ikut menguat," katanya.

Sebagai informasi, di tahun ini, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berhasil menjadi merek terkuat nomor dua dalam Indonesia 100 2018 dari Brand Finance. BCA memiliki Brand Strength Index (BSI) 85,9 di tahun ini, meningkat dari 85,3 di tahun lalu.

Rekomendasi Artikel
Berita
Dompet memang memegang peran yang sangat penting bagi tiap orang.
Berita
Uang adalah salah satu bentuk alat tukar yang banyak dipakai untuk melakukan transaksi.
Berita
Kabar gembira bagi Anda yang sering bepergian ke luar kota dengan menggunakan pesawat. Pasalnya, Bank BCA bekerja sama dengan Railink...
Berita
Di bulan penuh berkah ini, BCA Syariah menyalurkan dana zakat nasabah tahun 2017 kepada Yayasan Dompet Dhuafa.