Dirilis pada 11-04-2018

Mari Cari Tahu Seperti Apa Profil Risiko Investasimu (2)

Mari Cari Tahu Seperti Apa Profil Risiko Investasimu (2)

Investasi merupakan salah satu alat yang bisa Anda gunakan untuk menghadapi musuh terbesar dalam pengelolaan keuangan, yakni inflasi. Bila Anda berhasil menaklukkan inflasi, Anda bisa lebih mudah dalam mewujudkan tujuan keuangan di masa depan.

Namun, sebelumnya, ada hal penting lain yang perlu Anda cari tahu. Anda harus tahu seperti apa profil Anda dalam hal investasi. Sebab, dengan mengetahui profil risiko investasi, Anda akan lebih mudah memilih dan menentukan strategi ketika memilih produk investasi.

“Profil risiko merupakan salah satu kunci utama bagi Anda untuk mengambil keputusan dalam memilih produk investasi,” kata Perencana Keuangan MoneynLove Financial Planning & Consulting Johan Suhadi  seperti ditulis Kontan.

Namun, secara umum, ada beberapa faktor yang memengaruhi profil risiko seseorang seperti usia, tujuan keuangan yang ingin dicapai, kondisi keuangan, jangka waktu investasi, tingkat imbal hasil (return) yang diinginkan, dan tingkat pengetahuan serta pengalaman keuangan.

Dari beberapa faktor tersebut, kata Johan, secara umum profil risiko dibagi menjadi tiga.

Konservatif

Jenis ini adalah investor yang kurang menyukai risiko, bahkan cenderung menghindarinya. Jadi, orang dengan profil ini ingin investasi yang stabil dan aman. Konsekuensinya, profil ini rela mendapat imbal hasil yang tidak tinggi.

Bila profil ini melakukan investasi untuk jangka waktu panjang, maka risiko yang harus ditanggung adalah jumlah dana yang besar yang harus diinvestasikan untuk memperoleh nilai investasi yang diinginkan. Produk investasi yang sesuai profil ini adalah produk kas dan pasar uang atau reksa dana pendapatan tetap maupun logam mulia.

Moderat

Profil ini berada di tengah konservatif dan agresif. Ia ingin imbal hasil sedang, stabil dan terukur serta cenderung bisa menerima sedikit risiko kehilangan sebagian dana investasi, kerugian bisa kembali dalam jangka waktu investasi menengah sampai panjang.

Produk investasi yang cocok adalah reksa dana campuran ekuitas dan obligasi, tanpa unsur pasar uang, kemudian reksa dana saham dengan imbal hasil stabil, properti dan logam mulia.

Agresif

Jenis ini cenderung mementingkan imbal hasil dibanding keamanan investasi. Profil ini sadar betul bahwa ada risiko sangat besar yang ia hadapi. Yakni adanya potential loss yang sama besar dengan nilai investasi akibat harapan mendapat imbal hasil yang lebih tinggi dibanding kerugian di masa datang.

Fokus profil ini adalah mendapat imbal hasil di atas rata-rata. Umumnya, jenis ini juga sudah siap menghadapi volatilitas pasar yang tinggi. Investasi yang cocok untuk jenis ini adalah reksa dana saham, investasi dalam saham langsung, properti dan bisnis.

Jadi, apa profil risiko Anda?

Rekomendasi Artikel
Berita
Kebanyakan orang memiliki keinginan untuk dapat menyisihkan secara rutin dana yang dimilikinya, sehingga kelak di masa mendatang,
Berita
Terima kasih untuk Anda semua, para investor, yang telah melakukan pemesanan dan pembayaran SBR004 yang dibuka sejak 20 Agustus – 13 September 2018.
Berita
Terima kasih atas partisipasi kamu dalam kompetisi "Best Selfie Contest with Sakuku BCA"
Berita
Saat ini penawaran obligasi pemerintah Savings Bond Ritel Seri - SBR004. yuk manfaatkan waktu tersisa karena penawaran investasi ini akan berakhir pada.