Dirilis pada 13-02-2018

Kunci Sukses Transformasi Bisnis Terletak Pada Pengelolaan Karyawan

Kunci Sukses Transformasi Bisnis Terletak Pada Pengelolaan Karyawan

Sebagai pemimpin bisnis, salah satu tanggung jawabmu adalah menyusun dan membangun tim kerja yang solid untuk perkembangan bisnis. Sebagai sebuah perusahaan besar, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) termasuk perusahaan yang berhasil dalam hal tersebut. 

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja pun tak segan membeberkan kiatnya agar bisa diikuti para pemimpin lain dalam mengelola karyawannya. Salah satunya adalah dengan melakukan pendekatan personal kepada tiap karyawan. 

"Kalau kunjungan ke daerah, saya selalu memiliki dua agenda wajib. Pertama adalah bertemu pimpinan cabang. Kedua adalah menemui semua karyawan, khususnya back-office, teller atau customer service. Tidak untuk menanyakan pekerjaan, tapi mengobrol saja atau swafoto," kata Jahja berbicara di peluncuran buku Game Changing, Transformasi BCA 1990-2007 belum lama ini. 

Memberikan contoh secara langsung, kata Jahja, adalah salah satu rahasia kesuksesannya dalam memimpin BCA. Langkah tersebut, katanya, sering ditiru oleh tim yang ia pimpin. Membangun keterikatan personal dengan karyawan, lanjutnya, akan membuat mereka merasa mendapat penghargaan sehingga membuat mereka mau memberikan loyalitas. 

Lebih lanjut, Jahja pun mengungkap pola rekrutmen karyawan di perusahaan yang ia pimpin. 

"Kita harus melihat bagaimana sikap mereka dari awal. Meski pelatihan (training) dan membangun tim kerja juga akan dilakukan, tapi kalau pada dasarnya karakter (calon karyawan) sudah kaku, itu akan lebih susah," lanjutnya. 

Memperlakukan karyawan dari generasi muda (milenial), lanjutnya, juga sangat berbeda dengan generasi baby-boomers. Karyawan milenial, tidak hanya membutuhkan gaji dan benefit yang layak. "Mereka lebih mementingkan kepuasan diri," katanya.

Kunci Sukses Transformasi Bisnis Terletak Pada Pengelolaan Karyawan

Di acara peluncuran buku Game Changing: Transformasi BCA 1990-2007 itu, hadir pula Wakil Presiden Direktur BCA 2002-2007 Ir. Aswin Wirjadi yang menceritakan ada banyak faktor yang mempengaruhi sebuah kesuksesan, terutama di BCA.

Rekomendasi Artikel
Berita
Bank BCA kembali dipercaya untuk menjadi salah satu agen penjual Obligasi Sukuk Negara Ritel Seri 010 (SR-010).
Berita
Liburan atau wisata terencana serta berkualitas tidak lagi ssesuatu yang mewah.
Berita
Dapatkan kado spesial dalam HUT BCA ke-61 berupa cash back hingga Rp 161 juta bagi Nasabah yang membeli produk AIA melalui Bancassurance BCA.
Berita
Pesatnya teknologi harus diimbangi dengan ragam kemudahan, apalagi untuk urusan perbankan. Ini pula yang terus dilakukan Bank BCA lewat layanan eBranch.