Dirilis pada 12-02-2018

Sudah Tahu Sejarah Angpao? Simak Ini

Sudah Tahu Sejarah Angpao? Simak Ini

Tahun baru Imlek tinggal menunggu hitungan hari. Tahun baru ini selalu identik dengan pembagian angpao pada generasi muda yang belum menikah. Angpao sendiri merupakan salah satu tradisi dan budaya masyarakat Tionghoa kala Imlek.

Menurut National Geographic, harapan dari pemberian Angpao adalah agar penerima angpao bisa mendapat keberuntungan dan nasib baik. Nilai uang dalam Angpao sendiri ditujukan untuk menyenangkan penerima.

Secara arti, angpao bermakna amplop merah. ‘Ang’ atau merah berarti kebahagiaan, kesenangan, keberuntungan, hoki dan semangat. Ingat, membuka angpao di depan pemberinya adalah perilaku tidak sopan.

Angpao sebenarnya merupakan perkembangan dari tradisi ‘Ya Sui Qian’ yang berarti mengusir ‘setan’ dan ‘Raksasa Nian’ yang akan mengganggu anak mereka. Terdapat dua jenis ‘Ya Sui Qian’ menurut buku Yen Jing Sui Shi Ji.

Pertama, mengikat uang koin (uang China kuno) dengan tali berwarna-warni kemudian meletakkannya dibawah kaki-kaki ranjang tempat tidur anak. Kemudian, memasukkan uang ke dalam amplop merah dan memberikannya pada generasi muda yang belum menikah.

Angpao juga bisa diberikan dengan cara menyelipkannya dibawah bantal saat anak-anak sedang tidur. Zaman sekarang, cara paling banyak dan sering dilakukan adalah cara kedua, yakni memasukkan uang dalam amplop merah dan memberikannya saat mereka datang dan mengucapkan ucapan tahun baru Imlek.

Umumnya, setelah anak menerima angpao dari orang lain, maka orang tua penerima angpao harus memberi angpao pada anak si pemberi angpao. Dalam pembagian Angpao, terdapat kebiasaan penggolongan hubungan pemberi dan penerima Angpao.

Dalam pembagiannya, makin erat hubungan, maka isi angpao akan makin banyak. Perkembangan teknologi juga membuat uang fisik bukan lagi hal mutlak untuk diberikan sebagai angpao. Bisa saja uang tersebut berbentuk uang elektronik.

Misalnya saja uang elektronik Flazz dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Kartu serbaguna ini, selain praktis juga kerap memiliki edisi khusus Imlek. Jadi, suasana Imlek akan semakin terasa dengan desain khusus tersebut.

Rekomendasi Artikel
Berita
Mengawali tahun 2019, Program Nobar Sakuku Rp 1,- kembali hadir. Kali ini giliran kamu-kamu, para pengguna Sakuku di kota Medan yang akan menikmatinya.
Berita
Tidak dipungkiri lagi, investasi sudah menjadi bagian penting untuk rencana masa depan.
Berita
Nikmati penawaran spesial bagi nasabah BCA. Ada banyak hadiah menarik buat kamu yang membeli produk kerjasama BCA-AIA.
Berita
Diskon saat berbelanja? Siapapun tak akan menolak, baik itu berbelanja di toko fisik ataupun online.