Dirilis pada 29-09-2017

Proaktif Terhadap Aksi Double Swipe

Proaktif Terhadap Aksi Double Swipe

Banyaknya pemberitaan mengenai penggesekan ganda atau double swipe, tentu membuat Anda khawatir. Apalagi seiring dengan Gerakan Nasional Nontunai, Anda kerap melakukan pembayaran pembelanjaan dengan menggunakan Kartu Kredit ataupun Kartu Debit.

Penggesekan ganda adalah penggesekan kartu kredit atau kartu debit pada mesin kasir, setelah melakukan pembayaran melalui mesin EDC (Electronic Data Capture).

Yang benar dan tepat adalah kartu hanya digesek atau dip satu kali pada mesin EDC BCA yang terhubung dengan sistem keamanan kartu serta menggunakan PIN saat pembayaran. Bank Indonesia melarang penggesekan kartu pada mesin kasir karena bisa terjadi penyalahgunaan data oleh pihak yang tidak berwenang.

Sebagai nasabah dan konsumen, Anda pun bisa berpartisipasi dan proaktif dalam menjamin keamanan data dan mengantisipasi berbagai kemungkinan penyalahgunaan data dalam kartu kredit dan kartu debit.

Caranya cukup sederhana, pastikan Anda melakukan dua hal berikut ini:

  1. Tanyakan pada kasir

    Jangan ragu untuk bertanya kepada kasir toko ataupun merchant. Pastikan bahwa saat pembayaran transaksi tidak akan dilakukan penggesekan ganda. Bila ternyata merchant harus melakukan penggesekan ganda untuk menyelesaikan transaksi, ada baiknya Anda membatalkan pembelanjaan.


  2. Lapor ke Halo BCA

    Bila transaksi sudah tereksekusi atau Anda menyadari telah dilakukan penggesekan ganda, Anda bisa melaporkan ke Halo BCA. Nantinya, tim BCA akan menindaklanjuti laporan dan melakukan hal yang diperlukan.

Detilnya, simak video mengenai 5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang “Double Swipe” berikut ini.

Jadi, waspada selalu dan pastikan Anda ikut dalam melakukan pencegahan penggandaan data saat berbelanja. Untuk informasi lebih lanjut hubungi Halo BCA 1500888 atau cukup mention akun Twitter: @HaloBCA.

Rekomendasi Artikel
Berita

Ragam kemudahan terus diberikan Bank BCA

Berita

Kartu kredit mampu memberikan banyak keuntungan

Berita
Transaksi dengan kartu kredit bebas risiko kejahatan
Berita
Tiap orang tentu memiliki target masing-masing dalam hidupnya. Entah itu rumah pertama atau kendaraan pertama.