Dirilis pada 19-08-2016

Yuk, Ikuti Sayembara Desain Arsitektur Fasad Bangunan BCA

Yuk, Ikuti Kompetisi Desain Arsitektur Fasad Bangunan BCA

Sebagai salah satu bank swasta pertama di Indonesia, Bank BCA tidak memberikan layanan dan solusi perbankan saja, tapi juga ada ciri khas tersendiri melalui gedung bangunannya. Nah, seiring dengan berkembangnya jaman serta teknologi, sekaligus peduli akan perkembangan arsitektur Indonesia, BCA juga ingin mengembangkan citra sebagai bank yang modern dan berteknologi tinggi, tanpa menghilangkan unsur ramah lingkungan.

Untuk itulah, bekerja sama dengan Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI), BCA mengadakan ”Sayembara Desain Arsitektur Fasad Bangunan BCA”, berhadiah total Rp 120 juta. Sayembara terbuka untuk perorangan dan kelompok (Maksimum 5 (lima) orang), dan pendaftaran dibuka mulai 19 Agustus sampai 18 November 2016.

Kriteria yang harus dipertimbangkan dalam perancangan Sayembara Konsep Arsitektur adalah:

  1. Muatan desain berwawasan lingkungan (”Green Design”)
  2. Tampilan modern dengan penggunaan teknologi tinggi (“Modern and High Tech“)
  3. Kemudahan untuk direalisasikan/dibangun (“Constructible”)
  4. Kepraktisan Operasional didalam kemudahan pemeliharaan (“Low Maintenance”).

Karya sayembara paling lambat masuk ke Sekretariat Panitia pada tanggal 18 November 2016, selambat-lambatnya pukul 19.00 WIB dan dikirimkan ke:
Sekretariat Panitia Pelaksana Penyelenggaraan Sayembara Desain Arsitektur Tampak Muka (Fasad) PT Bank Central Asia Tbk.
Ikatan Arsitek Indonesia,
Sekretariat Nasional,
Gedung Jakarta Design Center, lantai 7,
Jl. Gatot Subroto, Kavling 53,
Jakarta 10260.

Bagi peserta yang telah mendaftar, akan ada informasi mengenai aanwidjzing atau penjelasan teknis pada tanggal 21 September 2016.

Informasi lanjut, hubungi Halo BCA 1500888 atau cukup mention akun Twitter: @HaloBCA. Anda juga bisa mengunjungi situs www.iai.or.id atau menghubungi (021) 530 4715.

Sebelum mengikuti Sayembara Desain Arsitektur Fasade Bangunan BCA, berikut syarat dan ketentuan yang perlu Anda ketahui.

  1. Terbuka untuk umum (mahasiswa atau profesional di bidang arsitektur) dimana peserta dapat berupa kelompok/tim dan perseorangan/individu.
  2. Peserta harus Warga Negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia.
  3. Sayembara ini tidak diperkenankan untuk diikuti oleh pihak-pihak terkait (panitia, dewan juri baik secara pribadi maupun profesional, dan saudara/ rekan kerja satu biro) guna menghindari konflik kepentingan di dalam proses penilaian. Pelanggaran terhadap ketentuan ini akan menyebabkan keikutsertaan peserta yang melanggar larangan tersebut dibatalkan oleh panitia penyelenggara (diskualifikasi).
  4. Karyawan BCA beserta keluarganya tidak diperbolehkan ikut dalam Sayembara ini.
  1. Pendaftaran Sayembara dilakukan atas nama peserta Sayembara yang bersangkutan dan untuk peserta berupa kelompok/tim, peserta Sayembara yang melakukan pendaftaran Sayembara tersebut akan menjadi ketua tim/penanggung jawab dari hasil perancangan materi dan karya desain arsitektur tampak muka (fasad) bangunan BCA milik kelompok/tim tersebut.
  2. Pendaftaran Sayembara dilakukan dengan cara mengirimkan email kepada panitia penyelenggara di alamat penghargaaniai@gmail.com dengan melengkapi formulir pendaftaran mengikuti Sayembara dan surat pernyataan bagi peserta Sayembara yang tersedia.
  3. Peserta Sayembara harus mencantumkan nama peserta dalam hal peserta Sayembara merupakan perseorangan/individu atau nama ketua kelompok dan anggota-anggotanya dalam hal peserta Sayembara merupakan kelompok/tim.
  4. Peserta Sayembara yang merupakan perseorangan/individu harus menyertakan:
    1. Fotokopi Kartu Anggota IAI/Kartu Mahasiswa/KTP
    2. Alamat rumah
    3. Alamat email
    4. Nomor telepon/handphone
  5. Setelah menyerahkan dokumen-dokumen tersebut di atas, peserta Sayembara akan mendapatkan konfirmasi dari panitia penyelenggara Sayembara untuk mengikuti Sayembara ini.
  6. Peserta Sayembara tidak akan dikenakan biaya pendaftaran untuk mengikuti Sayembara.
  7. Pengambilan terms of reference (TOR) atau kerangka acuan kerja (KAK), formulir pendaftaran mengikuti Sayembara, dan surat pernyataan peserta dapat diunduh/di-download dari alamat website berikut ini: www.iai.or.id.
  8. Informasi tambahan (jika ada) akan disampaikan pada waktu penjelasan Sayembara (aanwijzing) kepada seluruh peserta Sayembara. Seluruh peserta Sayembara akan diberikan risalah penjelasan Sayembara melalui email atau dapat mengunduh / men-download sendiri dari website www.iai.or.id.
  9. Batas waktu pendaftaran Sayembara paling lambat adalah 18 November 2016.
  1. Pemenang Pertama  : Rp.60.000.000,- Sertifikat + Plakat
  2. Pemenang Kedua  : Rp.40.000.000,- Sertifikat + Plakat
  3. Pemenang Ketiga  : Rp.20.000.000,- Sertifikat + Plakat
  1. Bagi 3 (tiga) pemenang dari luar kota (di luar Jabodetabek), akan mendapatkan biaya transportasi untuk 2 (dua) orang dan akomodasi 1 (satu) kamar 1 (satu) malam saat penyerahan hadiah dalam acara HUT BCA 60.
  2. Setiap peserta Sayembara yang merupakan anggota IAI akan mendapatkan piagam penghargaan dengan nilai Kum IAI 28.
  3. Setiap peserta Sayembara umum akan mendapatkan piagam penghargaan
  4. Pajak Pemenang ditanggung BCA.
  5. 10 (sepuluh) karya terbaik akan dipamerkan di lobby Menara BCA Thamrin Jakarta Pusat pada tanggal 16 Januari – 4 Februari 2017.
  1. Publikasi Sayembara: 19 Agustus 2016
  2. Pendaftaran: 19 Agustus – 18 November 2016
  3. Penjelasan (aanwijzing)*: 21 September 2016
  4. Pemasukan Karya: 18 November 2016
  5. Penyisihan Administratif: 21-22 November 2016
  6. Penjurian tahap 1: 28 November 2016
  7. Pengumuman tahap 1: 29 November 2016
  8. Pameran & Vote karya: 16 Januari – 17 Februari 2017
  9. Penjurian tahap 2: 17 Februari 2017
  10. Pengumuman Pemenang: 21 Februari 2017 *tentatif

*) Informasi perihal aanwijzing ( terbuka untuk umum )
Hari/tanggal: Rabu / 21 September 2016
Pukul: 09.00 WIB - selesai
Tempat: Gedung Jakarta Design Center, Ruang Lotus 1 lt 6
Jl. Gatot Subroto, Kavling 53
Jakarta 10260
Telepon: 021-5304715
PIC: Team IAI
Acara: Penjelasan Kerangka Acuan Kerja Administrasi dan Teknis

  1. Peserta  Sayembara  diminta  untuk  memasukkan  gambar-gambar maksimal 4 (empat) lembar kertas ukuran A2 landscape, bukan kalkir (tracing paper) dengan dilekatkan pada panel impraboard hitam. Pada lembar gambar tidak boleh dicantumkan informasi apapun tentang identitas peserta Sayembara. Jika ada indikasi pencantuman identitas peserta Sayembara pada lembar gambar tersebut, panitia dapat mendiskualifikasi peserta Sayembara tersebut.
  2. Materi gambar yang dimasukkan antara lain berisi:
    1. Lembar 1: Konsep rancangan (Tanpa skala) dan perhitungan biaya kasar.
    2. Lembar 2: Tampak 4 sisi dan perspektif bangunan tunggal KCU .
    3. Lembar 3: Tampak 4 sisi dan perspektif bangunan tunggal KCP.
    4. Lembar 4: Tampak muka & Perspektif Bangunan ruko.
  3. Peserta Sayembara wajib menyerahkan seluruh materi Gambar dalam bentuk softcopy untuk keperluan dokumentasi dan publikasi oleh BCA dan  IAI,  dan  mengirimkannya  melalui  email  ke penghargaaniai@gmail.com dan membuat salinan ke dalam CD-R maksimum sebesar 2 MB / per halaman gambar dengan bentuk format jpeg.
    Format penamaan:
    Label CD-R adalah sebagai berikut: Sayembara BCA
    File Gambar adalah sebagai berikut: BCA – no. Lembar.
    Contoh : BCA-01 dst.
  4. Peserta wajib menyertakan formulir pendaftaran mengikuti Sayembara yang telah diisi lengkap untuk keperluan pencantuman identitas peserta Sayembara pada sertifikat.
  5. Lima peserta Sayembara yang lolos penjurian tahap 1 harus menyiapkan materi animasi 3D, yang nantinya akan dipresentasikan pada penjurian tahap 2 dengan durasi animasi maksimal 3 (tiga) menit.
  6. Peserta Sayembara yang terpilih dalam 10 (sepuluh) besar harus menyiapkan materi A4 berupa konsep karya dengan disertai gambar yang dibuat semenarik mungkin untuk digunakan sebagai media promosi pameran, dalam bentuk softcopy.

Untuk menjaga kerahasiaan dalam proses penjurian, peserta Sayembara harus memasukkan materi karya dan identitas di dalam 2 (dua) amplop terpisah berupa:

  1. Amplop Besar dengan ukuran A2, untuk memasukkan seluruh materi gambar karya,
  2. Amplop Coklat dengan ukuran A4 berisi,
    • Formulir pendaftaran mengikuti Sayembara dan pernyataan peserta.
    • CD-R rekaman karya
    • Fotokopi identitas peserta Sayembara, dapat berupa:
      1. Fotokopi KTA IAI bila merupakan anggota IAI.
      2. Fotokopi Kartu Mahasiswa
      3. Fotokopi KTP
  3. Catatan: amplop ukuran A4 dimasukkan ke dalam amplop ukuran A2

  1. Hak ekonomi hasil karya peserta finalis merupakan milik BCA. BCA  berhak  untuk  mengumumkan,  memperbanyak,  maupun menggunakan desain hasil karya para peserta finalis dengan imbalan sebatas hadiah Sayembara. Hak moral karya setiap peserta tetap menjadi milik peserta, dimana pada karya tersebut dapat mencantumkan nama peserta dalam setiap penggunaannya. Peserta setuju untuk bekerja sama dengan BCA untuk menemukan panduan standardisasi desain, tanpa mengurangi hak BCA melakukan penyesuaian atau modifikasi sesuai kebutuhan.
  2. BCA berhak menggunakan hasil karya 10 (sepuluh) peserta terpilih pada acara yang diselenggarakan BCA atau pada media untuk tujuan promosi Sayembara maupun promosi BCA lainnya.
  3. IAI dapat menggunakan materi dan karya 5 (lima) finalis Sayembara dalam dokumentasi dan pameran arsitektur yang diselenggarakan oleh IAI dengan persetujuan BCA lebih dulu       
Rekomendasi Artikel
Berita
Investasi untuk persiapan masa depan kini kerap dilakukan banyak orang.
Berita
Demi mendukung program – program pemerintah terkait investasi dan membuka kesempatan bagi masyarakat untuk ikut serta mendukung pembangunan 
Berita
Memiliki kendaraan impian kini bukan lagi sekedar angan – angan dan dapat segera Anda wujudkan.
Berita
Menyambut HUT BCA ke-64, dapatkan cashback hingga Rp220 juta untuk pembelian Polis AIA melalui BCA.