Sakuku

Ketentuan Sakuku
PT Bank Central Asia Tbk ("BCA")

A. DEFINISI

  1. Sakuku adalah uang elektronik dalam mata uang Rupiah dengan menggunakan aplikasi resmi dari BCA dan berbasis server serta menggunakan nomor telepon seluler sebagai nomor rekening
  2. Nasabah adalah perorangan yang telah men-download aplikasi Sakuku dan telah melakukan registrasi sebagai pengguna Sakuku.
  3. PIN (Personal Identification Number) adalah nomor identifikasi pribadi yang wajib digunakan Nasabah setiap kali melakukan transaksi Sakuku.
  4. Operator Seluler adalah perusahaan yang menyediakan layanan jaringan telepon seluler.
  5. SMS (Short Message Service) adalah pesan singkat dalam bentuk teks yang dapat diterima dan/atau dikirimkan Nasabah melalui ponsel dan terlihat di layar ponsel.
  6. Merchant adalah nasabah perorangan atau badan yang ditunjuk BCA untuk menerima Transaksi yang dilakukan oleh Nasabah.
  7. Transaksi adalah transaksi yang dapat dilakukan oleh Nasabah dengan menggunakan Sakuku seperti pembayaran transaksi belanja pada Merchant, inquiry (info) saldo, inquiry (info) mutasi, isi pulsa, permintaan isi pulsa dan transaksi lain sesuai ketentuan yang berlaku di BCA yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Nasabah dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

B. REGISTRASI SAKUKU

  1. Nasabah dapat memperoleh aplikasi Sakuku dengan mengunduh (download) aplikasi Sakuku melalui toko aplikasi, kecuali dalam ponsel tersebut sudah ter-install aplikasi Sakuku. Nasabah dapat melakukan registrasi dengan memasukkan data yang diperlukan seperti nama, tanggal lahir, dan alamat email pada aplikasi Sakuku.
  2. Untuk bertransaksi menggunakan Sakuku, Nasabah dapat terlebih dahulu melakukan transfer atau top up (mengisi uang) ke Sakuku melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BCA, KlikBCA Individu, dan/atau channel BCA lainnya yang ditentukan oleh BCA.

C. KETENTUAN PENGGUNAAN

  1. Nomor Sakuku adalah nomor ponsel Nasabah yang digunakan pada smartphone yang digunakan Nasabah untuk mendapatkan aplikasi Sakuku. Selanjutnya nomor ponsel Nasabah tersebut akan digunakan sebagai sarana otorisasi Transaksi.
  2. Nasabah wajib mendaftarkan dan menggunakan nomor ponsel milik Nasabah sendiri. Segala akibat yang timbul karena didaftarkannya nomor ponsel milik pihak lain menjadi tanggung jawab Nasabah sepenuhnya dan Nasabah dengan ini membebaskan BCA dari segala macam tuntutan, gugatan, dan/ atau tindakan hukum lainnya dari pihak manapun.
  3. Nasabah bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan nomor ponsel Nasabah, termasuk dalam hal terjadi penyalahgunaan atas nomor ponsel Nasabah tersebut.
  4. Transaksi dapat dilakukan Nasabah melalui aplikasi Sakuku pada smartphone Nasabah dan/atau melalui sarana lain sesuai ketentuan yang berlaku di BCA yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Nasabah dalam bentuk dan melalui sarana apapun.
  5. Nasabah wajib melakukan peningkatan versi (upgrade) aplikasi Sakuku atas permintaan BCA.
  6. Kelalaian Nasabah dalam melakukan peningkatan versi (upgrade) aplikasi Sakuku mengakibatkan Nasabah tidak dapat menggunakan aplikasi Sakuku atau hanya dapat mengakses fitur tertentu di aplikasi Sakuku.
  7. Setiap kali Nasabah melakukan Transaksi, Nasabah harus memasukkan PINsebagai otorisasi transaksi.
  8. Nasabah wajib menjaga kerahasiaan PIN. Nasabah bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan PIN, termasuk dalam hal terjadi penyalahgunaan PIN
  9. Nasabah akan dikenakan biaya pengiriman SMS untuk setiap transaksi yang memerlukan SMS seperti proses registrasi dan verifikasi. Besarnya biaya SMS adalah sesuai dengan yang ditentukan oleh Operator Seluler.
  10. Dalam hal SIM Card ponsel Nasabah dengan nomor ponsel yang terdaftar sebagai nomor Sakuku dicuri atau hilang, maka Nasabah wajib untuk secepatnya menghubungi Halo BCA.
  11. Setiap pemberitahuan mengenai pencurian atau kehilangan SIM Card ponsel Nasabah dengan nomor ponsel yang terdaftar sebagai nomor Sakuku, akan diikuti dengan pemblokiran oleh BCA terhadap nomor Sakuku yang bersangkutan. Pemblokiran tersebut akan tetap dilakukan oleh BCA sampai BCA menerima pengajuan pembukaan pemblokiran atas nomor Sakuku dari Nasabah. Selama pemberitahuan pencurian atau kehilangan belum diterima oleh BCA, maka setiap Transaksi yang dilakukan dengan nomor ponsel yang terdaftar sebagai nomor Sakuku yang dicuri atau hilang menjadi tanggung jawab Nasabah sepenuhnya.
  12. Pengajuan pembukaan pemblokiran atas nomor Sakuku milik Nasabah yang dilaporkan hilang SIM Card-nya dengan nomor ponsel yang terdaftar sebagai nomor Sakuku tersebut dapat diajukan oleh Nasabah ke Halo BCA. BCA berhak untuk melakukan verifikasi atas identitas Nasabah pada saat Nasabah mengajukan pembukaan pemblokiran atas nomor Sakuku.
  13. Dana di Sakuku tidak mendapatkan bunga dan tidak dikenakan pajak.
  14. Apabila terdapat perbedaan antara saldo pada Sakuku dengan saldo atau catatan yang tercatat pada pembukuan BCA, maka sebagai acuan dipergunakan saldo atau catatan yang tercatat pada pembukuan BCA, kecuali dapat dibuktikan sebaliknya.
  15. Nasabah wajib menanggung biaya-biaya yang timbul sehubungan dengan pembukaan dan transaksi dengan Sakuku serta biaya-biaya Transaksi dan biaya-biaya lainnya yang berlaku di BCA yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Nasabah dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Biaya-biaya tersebut akan langsung didebet oleh BCA dari Sakuku Nasabah.
  16. BCA berhak menentukan saldo minimum atau maksimum Sakuku dan pembatasan nominal Transaksi yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Nasabah dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
  17. Nasabah wajib memberitahukan secara tertulis kepada BCA apabila terdapat perubahan data Nasabah.
  18. Nasabah dengan ini memberikan persetujuan kepada BCA untuk memberikan data Nasabah kepada pihak lain di luar BCA, yang bekerja sama dengan BCA, dalam rangka kegiatan promosi atau untuk tujuan komersial lainnya.
  19. BCA berhak melakukan koreksi atas saldo Nasabah jika terjadi kesalahan posting (pencatatan)yang dilakukan oleh BCA.
  20. Penutupan Sakuku dapat dilakukan oleh Nasabah melalui Halo BCA.
  21. Data terkait Sakuku di BCA akan disimpan BCA sesuai ketentuan yang berlaku.
  22. Dana yang ada di Sakuku bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam undang-undang mengenai perbankan sehingga dana yang tersimpan pada Sakuku tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
  23. Dengan membuka Sakuku, maka Nasabah tunduk dan menyetujui ketentuan-ketentuan ini. BCA berhak untuk mengubah ketentuan-ketentuan terkait Sakuku yang akan diberitahukan oleh BCA dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
  24. Nasabah setuju bahwa BCA berhak untuk menyimpan dan menggunakan data yang melekat pada atau ditransmisikan oleh telepon seluler (handphone) yang digunakan Nasabah untuk mengunduh aplikasi Sakuku antara lain untuk kenyamanan dan keamanan Nasabah dalam bertransaksi.
  25. Nasabah setuju bahwa BCA berhak untuk menyimpan dan menggunakan data yang melekat pada atau ditransmisikan oleh telepon seluler (handphone) yang digunakan Nasabah untuk mengunduh aplikasi Sakuku Plus antara lain untuk kenyamanan dan keamanan Nasabah dalam bertransaksi.


D. PENANGANAN KELUHAN (PENGADUAN)

  1. Keluhan/pengaduan kepada BCA sehubungan dengan Sakuku dapat disampaikan oleh Nasabah kepada Halo BCA. Untuk keperluan penanganan keluhan/pengaduan tersebut, BCA berhak meminta Nasabah untuk menyerahkan fotokopi identitas diri Nasabah dan dokumen pendukung lainnya.
  2. BCA akan menanggapi keluhan tersebut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
  3. Setiap keluhan terkait penggunaan Sakuku harus disampaikan oleh Nasabah kepada BCA selambat-lambatnya 3 (tiga) bulan sejak tanggal Transaksi.


Ketentuan Sakuku BCA ini telah disesuaikan
dengan ketentuan peraturan perundang-undangan termasuk ketentuan peraturan
Otoritas Jasa Keuangan



Ketentuan Sakuku Plus
PT Bank Central Asia Tbk ("BCA")

A. DEFINISI

  1. Sakuku adalah uang elektronik dalam mata uang Rupiah dengan menggunakan aplikasi resmi dari BCA dan berbasis server serta menggunakan nomor telepon seluler (ponsel) sebagai nomor Sakuku dengan maksimal saldo sebesar Rp 2.000.000 (dua juta Rupiah) mulai 6 Juli 2018.
  2. Sakuku Plus adalah layanan Sakuku dengan data nasabah yang tercatat di BCA (registered) dengan maksimal saldo sebesar Rp 10.000.000. (sepuluh juta Rupiah).
  3. Nasabah adalah perorangan yang telah men-download aplikasi Sakuku dan telah melakukan registrasi sebagai pengguna Sakuku.
  4. PIN (Personal Identification Number) adalah nomor identifikasi pribadi yang wajib digunakan Nasabah setiap kali melakukan transaksi Sakuku.
  5. Operator Seluler adalah perusahaan yang menyediakan layanan jaringan telepon seluler.
  6. SMS (Short Message Service) adalah pesan singkat dalam bentuk teks yang dapat diterima dan/atau dikirimkan Nasabah melalui ponsel dan terlihat di layar ponsel.
  7. Merchant adalah nasabah perorangan atau badan yang ditunjuk BCA untuk menerima Transaksi yang dilakukan oleh Nasabah.
  8. Transaksi Sakuku Plus adalah transaksi yang dapat dilakukan oleh Nasabah dengan menggunakan Sakuku seperti pembayaran transaksi belanja pada Merchant, inquiry (info) saldo, inquiry (info) mutasi, isi pulsa, permintaan isi pulsa, transfer, permintaan transfer, split bill (berbagi tagihan), dan transaksi lain sesuai ketentuan yang berlaku di BCA yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Nasabah dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

B. REGISTRASI SAKUKU PLUS

  1. Nasabah dapat memperoleh aplikasi Sakuku dengan mengunduh (download) aplikasi Sakuku melalui toko aplikasi, kecuali dalam ponsel tersebut sudah ter-install aplikasi Sakuku. Nasabah dapat melakukan registrasi dengan memasukkan data yang diperlukan seperti nama, tanggal lahir, dan alamat email pada aplikasi Sakuku sebelum Nasabah menggunakan layanan Sakuku Plus.
  2. Setelah Sakuku aktif, berikut pilihan yang dapat dilakukan Nasabah untuk mendapatkan layanan Sakuku Plus:
    1. Melalui kantor cabang BCA terdekat
    2. Melalui aplikasi Sakuku:
      1. Menu layanan aktivasi Sakuku Plus bagi pengguna m-BCA yang aktif atau sesuai dengan ketentuan lain yang ditetapkan oleh BCA; atau
      2. Menu aktivasi Sakuku Plus pada menu "Setting"
  3. Untuk bertransaksi menggunakan Sakuku Plus, Nasabah dapat terlebih dahulu melakukan transfer atau top up (mengisi uang) ke Sakuku melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BCA, KlikBCA Individu, dan/atau channel BCA lainnya yang ditentukan oleh BCA.

C. KETENTUAN PENGGUNAAN

  1. Nomor Sakuku Plus adalah nomor ponsel Nasabah yang digunakan pada smartphone yang digunakan Nasabah untuk mendapatkan aplikasi Sakuku Plus. Selanjutnya nomor ponsel Nasabah tersebut akan digunakan sebagai sarana otorisasi Transaksi.
  2. Nasabah wajib mendaftarkan dan menggunakan nomor ponsel milik Nasabah sendiri. Segala akibat yang timbul karena didaftarkannya nomor ponsel milik pihak lain menjadi tanggung jawab Nasabah sepenuhnya dan Nasabah dengan ini membebaskan BCA dari segala macam tuntutan, gugatan, dan/ atau tindakan hukum lainnya dari pihak manapun.
  3. Nasabah bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan nomor ponsel Nasabah, termasuk dalam hal terjadi penyalahgunaan atas nomor ponsel Nasabah tersebut.
  4. Transaksi dapat dilakukan Nasabah melalui aplikasi Sakuku Plus pada smartphone Nasabah dan/atau melalui sarana lain sesuai ketentuan yang berlaku di BCA yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Nasabah dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
  5. Nasabah wajib melakukan peningkatan versi (upgrade) aplikasi Sakuku atas permintaan BCA.
  6. Kelalaian Nasabah dalam melakukan peningkatan versi (upgrade) aplikasi Sakuku mengakibatkan Nasabah tidak dapat menggunakan aplikasi Sakuku atau hanya dapat mengakses fitur tertentu di aplikasi Sakuku.
  7. Setiap kali Nasabah melakukan Transaksi, Nasabah harus memasukkan PINsebagai otorisasi transaksi.
  8. Nasabah wajib menjaga kerahasiaan PIN. Nasabah bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan PIN, termasuk dalam hal terjadi penyalahgunaan PIN
  9. Nasabah akan dikenakan biaya pengiriman SMS untuk setiap transaksi yang memerlukan SMS seperti proses registrasi dan verifikasi. Besarnya biaya SMS adalah sesuai dengan yang ditentukan oleh Operator Seluler.
  10. Dalam hal SIM Card ponsel Nasabah dengan nomor ponsel yang terdaftar sebagai nomor Sakuku Plus dicuri atau hilang, maka Nasabah wajib untuk secepatnya menghubungi Halo BCA.
  11. Setiap pemberitahuan mengenai pencurian atau kehilangan SIM Card ponsel Nasabah dengan nomor ponsel yang terdaftar sebagai nomor Sakuku Plus, akan diikuti dengan pemblokiran oleh BCA terhadap nomor Sakuku Plus yang bersangkutan. Pemblokiran tersebut akan tetap dilakukan oleh BCA sampai BCA menerima Pengajuan pembukaan pemblokiran atas nomor Sakuku Plus dari Nasabah. Selama pemberitahuan pencurian atau kehilangan belum diterima oleh BCA, maka setiap Transaksi yang dilakukan dengan nomor ponsel yang terdaftar sebagai nomor Sakuku Plus yang dicuri atau hilang menjadi tanggung jawab Nasabah sepenuhnya.
  12. Pengajuan pembukaan pemblokiran atas nomor Sakuku Plus milik Nasabah yang dilaporkan hilang SIM Card-nya dengan nomor ponsel yang terdaftar sebagai nomor Sakuku Plus tersebut dapat diajukan oleh Nasabah ke Halo BCA. BCA berhak untuk melakukan verifikasi atas identitas Nasabah pada saat Nasabah mengajukan pembukaan pemblokiran atas nomor Sakuku Plus.
  13. Dana di Sakuku Plus tidak mendapatkan bunga dan tidak dikenakan pajak.
  14. Apabila terdapat perbedaan antara saldo pada Sakuku Plus dengan saldo atau catatan yang tercatat pada pembukuan BCA, maka sebagai acuan dipergunakan saldo atau catatan yang tercatat pada pembukuan BCA, kecuali dapat dibuktikan sebaliknya.
  15. Nasabah wajib menanggung biaya-biaya yang timbul sehubungan dengan pembukaan dan transaksi dengan Sakuku Plus serta biaya-biaya Transaksi dan biaya-biaya lainnya yang berlaku di BCA yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Nasabah dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Biaya-biaya tersebut akan langsung didebet oleh BCA dari Sakuku Plus Nasabah.
  16. BCA berhak menentukan saldo minimum atau maksimum Sakuku Plus dan pembatasan nominal Transaksi yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Nasabah dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
  17. Nasabah wajib memberitahukan secara tertulis kepada BCA apabila terdapat perubahan data Nasabah.
  18. Nasabah dengan ini memberikan persetujuan kepada BCA untuk memberikan data Nasabah kepada pihak lain di luar BCA, yang bekerja sama dengan BCA, dalam rangka kegiatan promosi atau untuk tujuan komersial lainnya.
  19. BCA berhak melakukan koreksi atas saldo Nasabah jika terjadi kesalahan posting(pencatatan)yang dilakukan oleh BCA.
  20. BCA berhak melakukan pemblokiran Sakuku Plus, menolak transaksi terhadap Sakuku Plus, dan/atau menutup hubungan usaha dengan Nasabah dalam hal:
    1. Nasabah tidak memenuhi ketentuan hukum yang berlaku;
    2. Nasabah tidak memenuhi ketentuan permintaan informasi dan dokumen pendukung sesuai ketentuan hukum yang berlaku;
    3. Nasabah diketahui dan/atau patut diduga menggunakan dokumen palsu dan/atau memberikan data yang tidak benar kepada BCA;
    4. Nasabah menyampaikan informasi yang diragukan kebenarannya; dan/atau
    5. Nasabah memiliki sumber dana transaksi yang diketahui dan/atau patut diduga berasal dari hasil tindak pidana.
  21. Penutupan Sakuku Plus dapat dilakukan oleh Nasabah melalui Halo BCA.
  22. Data terkait Sakuku Plus di BCA akan disimpan BCA sesuai ketentuan yang berlaku.
  23. Dana yang ada di Sakuku Plus bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam undang-undang mengenai perbankan sehingga dana yang tersimpan pada Sakuku Plus tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
  24. Dengan membuka Sakuku Plus, maka Nasabah tunduk dan menyetujui ketentuan-ketentuan ini. BCA berhak untuk mengubah ketentuan-ketentuan terkait Sakuku Plus yang akan diberitahukan oleh BCA dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
  25. Nasabah setuju bahwa BCA berhak untuk menyimpan dan menggunakan data yang melekat pada atau ditransmisikan oleh telepon seluler (handphone) yang digunakan Nasabah untuk mengunduh aplikasi Sakuku Plus antara lain untuk kenyamanan dan keamanan Nasabah dalam bertransaksi.

D. PENANGANAN KELUHAN (PENGADUAN)

  1. Keluhan/pengaduan kepada BCA sehubungan dengan Sakuku Plus dapat disampaikan oleh Nasabah kepada Halo BCA. Untuk keperluan penanganan keluhan/pengaduan tersebut, BCA berhak meminta Nasabah untuk menyerahkan fotokopi identitas diri Nasabah dan dokumen pendukung lainnya.
  2. BCA akan menanggapi keluhan tersebut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
  3. Setiap keluhan terkait penggunaan Sakuku Plus harus disampaikan oleh Nasabah kepada BCA selambat-lambatnya 3 (tiga) bulan sejak tanggal Transaksi.

Ketentuan Sakuku Plus ini telah disesuaikan
dengan ketentuan peraturan perundang-undangan termasuk ketentuan peraturan
Otoritas Jasa Keuangan