KlikBCA

  1. REGISTRASI INTERNET BANKING BCA
    1. Setiap Nasabah yang menyimpan dana di BCA ("Nasabah") dan mempunyai kartu yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi perbankan di mesin Anjungan Tunai Mandiri (“ATM”) BCA ("Kartu ATM BCA") berhak untuk menikmati fasilitas Internet Banking BCA ("IB BCA").
    2. Untuk dapat menggunakan fasilitas IB BCA, Nasabah harus memiliki identitas pengguna IB BCA ("User ID") dan nomor identifikasi pribadi IB BCA ("Personal Identification Number/PIN") yang diperoleh pada saat Nasabah melakukan registrasi di mesin ATM BCA,kantor cabang BCA,mesin Electronic Data Capture (EDC) BCA tertentu atau melalui sarana lainnya yang akan diberitahukan oleh BCA dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
    3. Dalam hal Nasabah melakukan registrasi fasilitas IB BCA di Customer Service kantor cabang BCA, User ID akan dikirimkan melalui e-mail yang didaftarkan pada saat registrasi dan PIN yang digunakan pertama kali adalah PIN Kartu ATM BCA.
  2. TRANSAKSI MENGGUNAKAN INTERNET BANKING BCA
    1. Untuk melakukan transaksi finansial melalui IB BCA, Nasabah harus memiliki KeyBCA.
    2. Nasabah harus mengisi semua data yang dibutuhkan untuk setiap transaksi secara benar dan lengkap.
    3. Pada setiap transaksi finansial, sistem akan selalu melakukan konfirmasi terhadap data yang di-input Nasabah dan Nasabah mempunyai kesempatan untuk membatalkan data tersebut dengan menekan tombol 'Cancel' atau 'Batal'.
    4. Nasabah selain meng-input User ID dan PIN wajib pula meng-input angka yang dihasilkan dari KeyBCA sebagai tanda persetujuan atas instruksi transaksi finansial.
    5. Setiap informasi yang mendapat konfirmasi 'Submit' atau 'Kirim' dari Nasabah yang tersimpan dalam pusat data BCA merupakan data yang benar yang diterima sebagai bukti atas instruksi dari Nasabah kepada BCA untuk melakukan transaksi yang dimaksud, kecuali Nasabah dapat membuktikan sebaliknya.
    6. BCA menerima dan menjalankan setiap instruksi dari Nasabah sebagai instruksi yang sah berdasarkan penggunaan User ID, PIN dan KeyBCA dan untuk itu BCA tidak mempunyai kewajiban untuk meneliti atau menyelidiki keaslian maupun keabsahan atau kewenangan pengguna User ID, PIN, dan KeyBCA atau menilai maupun membuktikan ketepatan maupun kelengkapan instruksi dimaksud, dan oleh karena itu instruksi tersebut sah mengikat Nasabah dengan sebagaimana mestinya, kecuali Nasabah dapat membuktikan sebaliknya.
    7. Untuk transaksi dengan tanggal efektif hari ini, Nasabah tidak dapat membatalkan semua transaksi yang telah diotorisasi oleh Nasabah dengan menggunakan KeyBCA dan yang atas transaksi tersebut BCA telah mendapat konfirmasi "Kirim" atau "Submit" dari Nasabah, karena dalam waktu yang sama BCA langsung memproses transaksi tersebut.
    8. Untuk transaksi dengan tanggal hari yang akan datang atau transaksi berkala, Nasabah masih dapat membatalkan transaksi tersebut dengan mengotorisasi pembatalan menggunakan KeyBCA selambat-lambatnya 1 (satu) hari kalender sebelum tanggal efektif/jatuh tempo transaksi yang bersangkutan.
    9. Transaksi dengan tanggal hari yang akan datang atau transaksi berkala akan diproses setiap awal hari. Dalam transaksi berkala, bila tanggal kedaluwarsa jatuh pada tanggal yang sama dengan tanggal efektif berkala yang ditentukan, maka transaksi berkala yang jatuh pada tanggal kedaluwarsa tersebut tidak akan diproses.
    10. Untuk transaksi transfer dana ke rekening bank lain dalam negeri, jika tanggal efektif transaksi jatuh pada hari libur bank, maka transaksi akan diproses pada hari kerja bank berikutnya.
    11. Transaksi transfer dana antara 2 (dua) rekening dalam mata uang yang berbeda menggunakan kurs Telegraphic Transfer (TT) yang berlaku di BCA.
    12. Untuk setiap instruksi tertentu dari Nasabah atas transaksi yang berhasil dijalankan oleh BCA, Nasabah akan mendapatkan bukti transaksi berupa nomor referensi sebagai bukti transaksi tersebut telah dijalankan oleh BCA.
    13. Nasabah wajib memastikan bahwa saldo dalam rekening Nasabah mencukupi sebelum instruksi transaksi finansial dilaksanakan oleh BCA. BCA berhak untuk tidak melaksanakan instruksi dari Nasabah jika saldo Nasabah di BCA tidak mencukupi.
    14. Nasabah wajib dan bertanggung jawab untuk memastikan ketepatan dan kelengkapan instruksi transaksi. BCA tidak bertanggung jawab terhadap segala akibat apapun yang timbul karena ketidaklengkapan, ketidakjelasan data atau ketidaktepatan instruksi dari Nasabah.
  3. KURS
    Kurs, suku bunga dan keterangan terkait lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada, kutipan bursa yang disediakan di IB BCA hanya merupakan indikasi dari kurs, kutipan atau informasi yang sebenarnya dan dapat diubah sewaktu-waktu oleh BCA tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  4. REGISTRASI NOMOR TELEPON SELULER (MOBILE PHONE)
    1. BCA berhak meminta Nasabah untuk terlebih dahulu mendaftarkan nomor telepon seluler (mobile phone) Nasabah sebelum Nasabah melakukan transaksi tertentu melalui IB BCA, antara lain pendaftaran rekening tujuan transfer dana antar rekening bank lain dalam negeri.
    2. Pendaftaran nomor telepon seluler (mobile phone) dapat dilayani di ATM/ANT/ATM STAR atau sarana lainnya yang akan diberitahukan oleh BCA dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
    3. Nasabah wajib mendaftarkan nomor telepon seluler (mobile phone) milik Nasabah sendiri yang masih aktif, tidak terblokir dan dapat menerima SMS (Short Message Service) yang dikirimkan BCA melalui operator seluler di Indonesia (berada dalam jangkauan area (area coverage) pengiriman SMS oleh operator seluler di Indonesia).
    4. BCA berhak menolak pendaftaran nomor telepon seluler (mobile phone) oleh Nasabah apabila data Nasabah tidak dapat diverifikasi sesuai ketentuan yang berlaku di BCA.
    5. BCA tidak bertanggung jawab atas kebenaran nomor telepon seluler (mobile phone) yang didaftarkan oleh Nasabah.
    6. Nomor telepon seluler (mobile phone) yang didaftarkan Nasabah akan digunakan BCA untuk pengiriman kode tertentu dari BCA yang diperlukan Nasabah untuk melakukan transaksi tertentu melalui IB BCA sebagaimana akan diberitahukan oleh BCA dalam bentuk dan melalui sarana apapun dan atau untuk pengiriman informasi lainnya dari BCA.
    7. Nasabah akan dikenakan biaya pengiriman SMS oleh operator seluler untuk setiap pengiriman SMS oleh BCA ke nomor telepon seluler (mobile phone) Nasabah. Besarnya biaya SMS beragam sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh masing-masing operator seluler.
    8. Nasabah bertanggung jawab sepenuhnya atas segala akibat yang timbul sehubungan dengan:
      1. pendaftaran nomor telepon seluler (mobile phone) oleh Nasabah;
      2. pengiriman atau kegagalan pengiriman SMS oleh BCA terkait dengan penggunaan IB BCA ke nomor telepon seluler (mobile phone) yang didaftarkan oleh Nasabah;
      3. penggunaan maupun penyalahgunaan kode yang dikirimkan oleh BCA ke nomor telepon seluler (mobile phone) yang telah didaftarkan oleh Nasabah.
    9. BCA tidak bertanggung jawab atas kerahasiaan dan atau penyalahgunaan segala informasi dan atau data yang dikirim oleh BCA terkait dengan setiap transaksi yang dilakukan Nasabah melalui IB BCA setelah informasi dan atau data tersebut dikirimkan keluar dari sistem BCA.
    10. Apabila Nasabah tidak lagi menggunakan atau hendak mengganti nomor telepon seluler (mobile phone) yang sebelumnya telah didaftarkan di BCA, maka Nasabah wajib melakukan penghapusan atau pengkinian data nomor telepon seluler (mobile phone) yang telah didaftarkan tersebut. Penghapusan atau pengkinian data nomor telepon seluler (mobile phone) tersebut dapat dilakukan di ATM/ANT/ATM STAR atau sarana lainnya yang akan diberitahukan oleh BCA dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
      Segala akibat yang timbul sehubungan dengan kelalaian Nasabah dalam melakukan penghapusan atau pengkinian data nomor telepon seluler (mobile phone) tersebut menjadi tanggung jawab Nasabah sepenuhnya
    11. Atas setiap pendaftaran dan perubahan nomor telepon seluler (mobile phone), Nasabah akan mendapatkan notifikasi SMS yang akan dikirimkan ke nomor telepon seluler (mobile phone) yang telah didaftarkan, sebagai bukti registrasi nomor telepon seluler (mobile phone) telah selesai dilakukan. Atas pengiriman SMS tersebut, Nasabah akan dikenakan biaya pengiriman SMS sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh masing-masing operator seluler.
    12. BCA berhak menghapus nomor telepon seluler (mobile phone) Nasabah yang terdaftar dalam data nomor telepon seluler (mobile phone) di BCA antara lain apabila nomor telepon seluler (mobile phone) tersebut telah diaktivasi oleh Nasabah lain, nomor telepon seluler (mobile phone) Nasabah tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu sesuai ketentuan yang berlaku di BCA yang akan diberitahukan oleh BCA dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang berlaku, dan / atau berdasarkan data yang diterima BCA nomor telepon seluler (mobile phone) tersebut tidak tercatat atas nama Nasabah yang bersangkutan.
  5. REGISTRASI REKENING TUJUAN TRANSFER
    1. Nasabah yang hendak melakukan transfer atau pengiriman dana ke rekening lain di BCA maupun di bank lain dalam negeri wajib terlebih dahulu mendaftarkan rekening tujuan transfer/pengiriman dana di IB BCA.
    2. Pada saat melakukan pendaftaran rekening tujuan transfer, Nasabah wajib memastikan:
      1. Nomor telepon seluler (mobile phone) yang telah didaftarkan Nasabah berikut perangkat telepon seluler (mobile phone) yang digunakan Nasabah berada dalam kondisi aktif;
      2. Nomor telepon seluler (mobile phone) berada dalam jangkauan area (area coverage) pengiriman SMS;
      3. Pulsa atau limit pemakaian nomor telepon seluler (mobile phone) Nasabah mencukupi untuk menerima SMS;
      4. Inbox message pada telepon seluler (mobile phone) Nasabah tidak penuh.
    3. Untuk keperluan pendaftaran rekening tujuan transfer, Nasabah wajib menggunakan SMS ID dan angka tertentu yang dikirimkan BCA ke nomor telepon seluler (mobile phone) yang telah didaftarkan Nasabah sesuai instruksi yang diberikan BCA.
    4. SMS ID dan angka yang dikirimkan BCA ke nomor telepon seluler (mobile phone) yang telah didaftarkan oleh Nasabah hanya dapat digunakan pada hari yang sama dengan hari Nasabah melakukan pendaftaran rekening tujuan transfer dan hanya berlaku untuk satu kali transaksi.
    5. BCA akan mengirimkan bukti pendaftaran rekening tujuan transfer yang berhasil, antara lain berupa nomor dan nama pemilik dari rekening tujuan yang berhasil didaftarkan, ke alamat e-mail yang telah didaftarkan Nasabah.
  6. PEMBUKTIAN
    1. Setiap instruksi transaksi dari Nasabah yang tersimpan pada pusat data BCA dalam bentuk apapun, termasuk namun tidak terbatas pada catatan,tape/cartridge, printout komputer/perangkat, komunikasi yang dikirimkan secara elektronik antara BCA dan Nasabah, merupakan alat bukti yang sah, kecuali Nasabah dapat membuktikan sebaliknya.
    2. Nasabah menyetujui semua komunikasi dan instruksi dari Nasabah yang diterima oleh BCA merupakan alat bukti yang sah meskipun tidak dibuat dokumen tertulis ataupun dikeluarkan dokumen yang ditandatangani.
  7. USER ID, PIN, KEYBCA DAN KEWAJIBAN NASABAH
    1. Nasabah wajib tidak meninggalkan terminal dalam keadaan aktif (logon), dengan kata lain Nasabah harus melakukan logout setiap kali meninggalkan terminal.
    2. Nasabah wajib mengamankan User ID dan PIN dengan cara:
      • Tidak memberitahukan User ID dan PIN kepada orang lain untuk mendapatkan hadiah atau tujuan apapun lainnya termasuk kepada anggota keluarga atau sahabat, kecuali untuk melakukan transaksi-transaksi tertentu yang mengharuskan Nasabah untuk memberitahukan User ID milik Nasabah, antara lain untuk transaksi pembelian barang atau jasa secara online.
      • Tidak menuliskan User ID dan PIN pada meja atau terminal atau menyimpannya dalam bentuk tertulis atau pada aplikasi komputer/perangkat atau sarana penyimpanan lainnya yang memungkinkan User ID dan PIN diketahui oleh orang lain.
      • Menggunakan User ID dan PIN dengan hati-hati agar tidak terlihat oleh orang lain.
      • Tidak menggunakan PIN yang diberikan oleh orang lain atau yang mudah diterka seperti tanggal lahir atau kombinasinya, nomor telepon dan lain-lain.
      • Menggunakan komputer/perangkat pribadi dalam mengakses IB BCA. Tidak menggunakan komputer/perangkat yang diakses oleh banyak orang.
    3. User ID yang diberikan oleh BCA bersifat permanen dan tidak dapat diubah, kecuali rekening ditutup.
    4. Nasabah diberikan kebebasan untuk membuat PIN-nya sendiri pada saat registrasi di mesin ATM BCA/mesin EDC BCA tertentu.
    5. Nasabah dapat melakukan inquiry (pengecekan) User ID-nya sendiri melalui menu registrasi IB BCA di mesin ATM BCA/mesin EDC BCA tertentu, apabila Nasabah tidak mengingat User ID-nya.
    6. Nasabah bertanggung jawab sepenuhnya terhadap semua instruksi transaksi yang terjadi berdasarkan penggunaan User ID, PIN dan KeyBCA yang dimiliki oleh Nasabah, kecuali Nasabah dapat membuktikan sebaliknya.
    7. BCA berhak untuk memberikan User ID dengan kombinasi huruf dan angka tanpa harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari Nasabah.
    8. Nasabah wajib untuk segera memberitahukan kepada BCA apabila User ID dan atau PIN Nasabah telah diketahui orang lain atau berpotensi disalahgunakan. Segala instruksi transaksi berdasarkan penggunaan User ID, PIN dan KeyBCA yang terjadi sebelum pejabat yang berwenang dari BCA menerima secara tertulis laporan tersebut merupakan tanggung jawab sepenuhnya dari Nasabah.
    9. Apabila Nasabah melakukan penggantian Kartu ATM BCA karena hilang/rusak, pada saat Nasabah mendapat Kartu ATM BCA baru, Nasabah dapat langsung melakukan login dengan menggunakan User ID yang lama. Selanjutnya pada saat pertama kali login Nasabah akan diminta untuk melakukan penggantian PIN.
  8. LIMIT
    1. Berikut ini adalah Limit transaksi finansial:
    2. Transaksi Besar limit
      Transfer dari Rupiah ke Rupiah


      Rp 100 juta atau ekuivalen Rp 100 juta per hari per User ID. Limit ini merupakan limit gabungan transfer dari Rupiah ke Rupiah, Rupiah ke Valas, Valas ke Rupiah dan Valas ke Valas yang sama.k
      Transfer dari Rupiah ke Valas
      Transfer dari Valas ke Rupiah
      Transfer dari Valas ke Valas yang sama
      Pembayaran Sesuai dengan tagihan
      Pembelian Pulsa Isi Ulang Rp 2,5 juta per hari per User ID (termasuk PPN). Limit ini merupakan limit gabungan pembelian pulsa isi ulang di ATM/ Mobile Banking/Pulsa Isi Ulang via SMS.
    3. Limit transaksi tersebut merupakan limit yang terpisah dari limit Kartu ATM BCA yang digunakan untuk melakukan registrasi IB BCA. BCA atas pertimbangannya sendiri berhak untuk setiap saat mengubah besar limit untuk setiap transaksi.
  9. ELECTRONIC MAIL ("E-MAIL")
    1. Alamat E-Mail yang didaftarkan oleh Nasabah pada saat login pertama kali di IB BCA digunakan oleh BCA untuk mengirim informasi transaksi yang telah dilakukan oleh Nasabah melalui IB BCA.
    2. BCA hanya mengirimkan informasi ke alamat E-Mail yang telah dikonfirmasikan kebenarannya oleh Nasabah kepada BCA dan BCA tidak bertanggung jawab atas kebenaran alamat E-Mail tersebut maupun pengiriman data dan informasi yang ditujukan ke alamat E-Mail tersebut.
    3. BCA tidak menjamin keamanan informasi atau data yang dikirim kepada BCA melalui E-Mail yang tidak terdapat pada menu IB BCA, yang tidak dalam format yang aman yang disetujui atau ditentukan oleh BCA.
  10. BIAYA & KUASA DEBET REKENING
    1. BCA berhak untuk mendebet biaya administrasi bulanan (apabila ada) dan biaya transaksi yang dibebankan atas penggunaan fasilitas IB BCA dan transaksi yang dilakukan melalui IB BCA.
    2. BCA berhak atas pertimbangannya sendiri untuk mengubah, menambah atau menarik biaya-biaya yang dibebankan kepada Nasabah atas penggunaan fasilitas IB BCA.
    3. Nasabah dengan ini memberikan kuasa kepada BCA untuk mendebet rekening Nasabah di BCA atas semua transaksi yang diinstruksikan Nasabah kepada BCA melalui IB BCA dan untuk pembayaran biaya administrasi bulanan (apabila ada) serta biaya transaksi atas penggunaan fasilitas IB BCA.
    4. Kuasa tersebut di atas tidak akan berakhir karena alasan apapun termasuk karena alasan-alasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata sampai segala kewajiban Nasabah kepada BCA berdasarkan Syarat dan Ketentuan IB BCA ini sudah terpenuhi.
  11. PEMBLOKIRAN USER ID
    1. User ID Nasabah akan diblokir jika terjadi hal-hal berikut:
      • Nasabah salah memasukkan PIN sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut pada saat login.
      • Nasabah salah memasukkan angka dari KeyBCA sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut pada saat melakukan transaksi.
      • Nasabah melaporkan kehilangan Kartu ATM BCA.
      • Nasabah melaporkan User ID dan atau PIN telah diketahui atau disalahgunakan oleh orang lain.
      • Hasil penelitian BCA mengindikasikan adanya kemungkinan User ID dan PIN Nasabah telah diketahui oleh orang lain atau disalahgunakan.
    2. Apabila terjadi pemblokiran User ID, Nasabah harus menghubungi Halo BCA dan melakukan registrasi ulang IB BCA.
  12. FORCE MAJEURE
    Nasabah dengan ini membebaskan BCA dari segala tuntutan dan gugatan dalam bentuk apapun, dalam hal BCA tidak dapat melaksanakan instruksi dari Nasabah baik sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan BCA, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem yang tidak berfungsi atau transmisi yang gagal, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijaksanaan pemerintah, serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain di luar kekuasaan atau kemampuan BCA untuk mengatasinya.
  13. PENGAKHIRAN FASILITAS
    Fasilitas IB BCA akan berakhir jika Nasabah mengakhiri penggunaan Kartu ATM BCA yang digunakan untuk melakukan registrasi fasilitas IB BCA atau menutup semua rekening yang terhubung dengan Kartu ATM BCA tersebut
  14. KETENTUAN KEYBCA
    Nasabah dengan ini setuju untuk terikat dan tunduk pada ketentuan-ketentuan KeyBCA yang diatur oleh BCA dan segala perubahannya dalam bentuk apapun yang akan diberitahukan kepada Nasabah melalui sarana apapun.
  15. KETENTUAN LAIN-LAIN
    1. Apabila timbul perselisihan sehubungan dengan penafsiran dan pelaksanaan dari Syarat dan Ketentuan IB BCA ini, BCA dan Nasabah sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dimaksud secara musyawarah untuk mencapai mufakat. Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah, BCA dan Nasabah dengan ini sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dimaksud melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dengan tidak mengurangi hak BCA untuk mengajukan gugatan atau tuntutan melalui Pengadilan Negeri lainnya dalam wilayah Republik Indonesia.
    2. BCA setiap saat berhak mengubah, melengkapi atau mengganti Syarat dan Ketentuan IB BCA ini yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Nasabah dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
    3. Dengan menggunakan fasilitas IB BCA, Nasabah dengan ini setuju untuk tunduk dan terikat pada Syarat dan Ketentuan IB BCA dan ketentuan-ketentuan KeyBCA berikut perubahannya di kemudian hari yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Nasabah dalam bentuk dan melalui sarana apapun.
    4. Nasabah dapat melihat/men-download panduan penggunaan KlikBCA Individu pada website BCA, yaitu www.bca.co.id.

  1. PERSYARATAN PERMOHONAN KeyBCA
    PT Bank Central Asia Tbk (selanjutnya disebut "BCA") akan memberikan KeyBCA atas permintaan calon pemegang KeyBCA dengan syarat calon pemegang KeyBCA:
    1. Telah memiliki rekening:
      • Tahapan
      • Tapres
      • Tahapan Xpresi
      • Giro
      • BCA Dollar
    2. Telah melakukan registrasi fasilitas Internet Banking BCA, BCA by Phone dan electronic delivery channel lainnya (selanjutnya disebut "Fasilitas Electronic Banking BCA").
    3. Memiliki KTP/SIM/PASPOR.
    4. Telah membayar biaya administrasi untuk setiap permohonan KeyBCA sesuai dengan tarif yang akan diberitahukan terlebih dahulu oleh BCA kepada calon pemegang KeyBCA dalam bentuk dan melalui sarana apapun. Biaya tersebut akan langsung didebet dari rekening calon pemegang KeyBCA. Calon pemegang KeyBCA dengan ini memberikan kuasa kepada BCA untuk mendebet rekening calon pemegang KeyBCA sebesar biaya administrasi tersebut. Kuasa ini tidak akan berakhir selama pemegang KeyBCA masih mempunyai kewajiban terhadap BCA.
  2. SYARAT DAN KETENTUAN PEMEGANG KeyBCA
    Atas setiap pemberian KeyBCA oleh BCA, nasabah pemegang KeyBCA (selanjutnya disebut "Pemegang KeyBCA") wajib tunduk pada ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
    1. KeyBCA tetap milik BCA dan segera harus dikembalikan kepada BCA jika diminta oleh BCA.
    2. KeyBCA hanya digunakan untuk keperluan Pemegang KeyBCA dan tidak boleh dipindahtangankan dengan cara apapun juga.
    3. KeyBCA tidak dapat dipergunakan untuk tujuan-tujuan lain selain untuk transaksi-transaksi yang telah ditentukan oleh BCA.
    4. Pemegang KeyBCA wajib memelihara kondisi KeyBCA antara lain namun tidak terbatas pada penggantian baterai jika KeyBCA telah menunjukkan indikasi untuk segera melakukan penggantian baterai. Biaya penggantian baterai ditanggung oleh Pemegang KeyBCA.
    5. BCA akan memberikan nomor sandi pribadi/Personal Identification Number(PIN) KeyBCA kepada Pemegang KeyBCA.
    6. Pemegang KeyBCA wajib merahasiakan dengan sebaik-baiknya PIN KeyBCA dengan cara:
      • Tidak memberitahukan PIN tersebut kepada siapapun juga.
      • Tidak menuliskan PIN pada meja, mobile phone atau menyimpannya dalam bentuk tertulis atau pada aplikasi komputer/perangkat atau sarana penyimpanan lainnya yang memungkinkan PIN diketahui oleh orang lain.
    7. Segala akibat penyalahgunaan PIN adalah tanggung jawab Pemegang KeyBCA sepenuhnya. Pemegang KeyBCA dengan ini membebaskan BCA dari segala tuntutan yang timbul baik dari pihak lain maupun dari Pemegang KeyBCA sendiri sebagai akibat penyalahgunaan PIN.
    8. BCA menerima dan menjalankan setiap instruksi Pemegang KeyBCA sebagai instruksi yang sah berdasarkan penggunaan KeyBCA dan untuk itu BCA tidak mempunyai kewajiban untuk meneliti atau menyelidiki keaslian maupun keabsahan atau kewenangan pengguna KeyBCA atau menilai maupun membuktikan ketepatan maupun kelengkapan instruksi dimaksud dan oleh karena itu instruksi tersebut sah mengikat Pemegang KeyBCA, kecuali Pemegang KeyBCA dapat membuktikan sebaliknya.
    9. KeyBCA akan terblokir jika Pemegang KeyBCA salah memasukkan PIN sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut.
    10. Dalam hal KeyBCA terblokir karena kesalahan memasukkan PIN sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut, Pemegang KeyBCA wajib datang ke kantor cabang BCA untuk melakukan penggantian KeyBCA baru.
    11. Dalam hal KeyBCA dicuri atau hilang, maka Pemegang KeyBCA wajib memberitahukan secepatnya ke kantor cabang BCA terdekat selama jam kerja BCA dengan disertai penegasan secara tertulis yang ditandatangani oleh Pemegang KeyBCA dalam bentuk dan isi yang dapat diterima oleh BCA. Jika Pemegang KeyBCA tidak dapat langsung ke kantor cabang BCA, maka pencurian atau kehilangan tersebut dapat diberitahukan ke Halo BCA. Pemegang KeyBCA wajib menyerahkan surat pernyataan pemblokiran kepada BCA dalam waktu selambat-lambatnya 2 (dua) hari kerja BCA berikutnya setelah adanya pemberitahuan pencurian atau kehilangan tersebut. Selama pemberitahuan belum diterima oleh BCA, maka BCA tidak bertanggung jawab atas setiap transaksi yang dilakukan dengan KeyBCA yang hilang/dicuri dan Nasabah tidak dapat mengajukan permohonan KeyBCA yang baru.
    12. Dalam hal KeyBCA rusak, maka Pemegang KeyBCA wajib melaporkan kepada BCA dan menyerahkan KeyBCA yang rusak untuk diganti.
    13. Biaya administrasi KeyBCA baik untuk permohonan baru maupun penggantian karena rusak, hilang atau dicuri adalah sesuai dengan tarif yang akan diberitahukan terlebih dahulu oleh BCA kepada Pemegang KeyBCA dalam bentuk dan melalui sarana apapun.
    14. Jika Pemegang KeyBCA salah memasukkan Kode Respons 3 (tiga) kali berturut-turut pada Fasilitas Electronic Banking BCA, maka Fasilitas Electronic Banking BCA tersebut akan terblokir.
    15. Dalam hal Fasilitas Electronic Banking BCA terblokir karena kesalahan memasukkan Kode Respons sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut maka Pemegang KeyBCA dapat menghubungi Halo BCA untuk meminta pembukaan blokir atas Fasilitas Electronic Banking BCA.
    16. Semua transaksi yang dilakukan dengan mempergunakan KeyBCA, menjadi tanggung jawab penuh Pemegang KeyBCA.
    17. Keluhan dan/atau sanggahan dari Pemegang KeyBCA hanya dapat dilayani bilamana keluhan dan/atau sanggahan atas penggunaan KeyBCA diajukan ke BCA dalam tenggang waktu 3 (tiga) bulan terhitung sejak tanggal transaksi dilakukan.
    18. Pemegang KeyBCA hanya dapat menggunakan KeyBCA untuk otorisasi transaksi sebagaimana dimaksud di dalam butir B.3 ketentuan ini selama saldo Pemegang KeyBCA pada BCA mencukupi.
    19. Untuk pemegang rekening Giro Gabungan maupun Tahapan Gabungan yang penarikannya dilakukan sendiri (rekening gabungan dengan status “atau”), maka BCA hanya dapat memberikan KeyBCA kepada salah satu pemegang rekening sesuai persetujuan kedua pemegang rekening tersebut.
    20. Nasabah akan membebaskan BCA dari segala tuntutan dan gugatan dalam bentuk apapun, dalam hal BCA tidak dapat melaksanakan instruksi dari Pemegang KeyBCA baik sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan BCA, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, perang, huru-hara, tidak berfungsinya sistem atau kegagalan transmisi, kerusakan dan/atau kegagalan bekerjanya KeyBCA dan/atau Fasilitas Electronic Banking BCA, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijaksanaan pemerintah, serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain di luar kekuasaan atau kemampuan BCA untuk mengatasinya.
    21. BCA setiap saat berhak untuk memblokir, membatalkan, menarik atau memperbaharui KeyBCA dan/atau memblokir rekening Pemegang KeyBCA, bilamana Pemegang KeyBCA tidak lagi memenuhi syarat dan ketentuan Pemegang KeyBCA.
    22. Apabila Pemegang KeyBCA tidak lagi berkeinginan untuk menggunakan KeyBCA, maka Pemegang KeyBCA wajib memberitahukan hal tersebut kepada BCA secara tertulis dan mengembalikan KeyBCA kepada BCA. Pengakhiran atas penggunaan KeyBCA tersebut berlaku sejak KeyBCA dan surat pemberitahuan pengakhiran penggunaan KeyBCA yang ditandatangani oleh Pemegang KeyBCA diterima oleh BCA.
    23. Selama status KeyBCA "hilang", "rusak", "tutup", atau "non aktif", maka Pemegang KeyBCA tetap dapat melakukan transaksi di Fasilitas Electronic Banking BCA dengan kondisi seperti nasabah yang tidak memiliki KeyBCA.
    24. Setiap penggunaan KeyBCA setelah meninggalnya Pemegang KeyBCA, jika ada, menjadi tanggung jawab dari ahli waris yang sah dari Pemegang KeyBCA.
    25. Penggunaan KeyBCA harus tunduk pada ketentuan-ketentuan dan peraturan-peraturan yang berlaku pada BCA serta syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang mengatur semua jasa fasilitas dan transaksi yang dicakup oleh KeyBCA, termasuk setiap perubahan yang akan diberitahukan terlebih dahulu oleh BCA dalam bentuk dan melalui sarana apapun.
    26. BCA setiap saat berhak mengubah, melengkapi atau mengganti syarat dan ketentuan bagi Pemegang KeyBCA ini yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Pemegang KeyBCA dalam bentuk dan melalui sarana apapun. Setiap perubahan atas syarat dan ketentuan bagi Pemegang KeyBCA ini mengikat Pemegang KeyBCA.
    27. Pembuktian:
      • Pemegang KeyBCA setuju untuk tidak membantah keabsahan, kebenaran atau keaslian bukti transaksi yang menggunakan KeyBCA dan/atau Fasilitas Electronic Banking BCA dan/atau komunikasi yang dikirimkan secara elektronik antara kedua belah pihak, termasuk dokumen dalam bentuk catatan komputer/perangkat atau bukti transaksi yang tersimpan di BCA, tape/cartridge, printout komputer/perangkat, salinan atau bentuk penyimpanan informasi yang lain yang ada di BCA yang merupakan satu-satunya alat bukti yang sah atas transaksi yang dijalankan BCA berdasarkan instruksi dengan menggunakan KeyBCA dan/atau melalui Fasilitas Electronic Banking BCA, kecuali Pemegang KeyBCA dapat membuktikan sebaliknya.
      • Tidak menuliskan PIN Dengan melakukan transaksi dengan menggunakan KeyBCA dan/atau melalui Fasilitas Electronic Banking BCA, Pemegang KeyBCA mengakui semua komunikasi dan instruksi dari Pemegang KeyBCA yang diterima BCA akan diperlakukan sebagai alat bukti yang sah meskipun tidak dibuat dokumen tertulis ataupun dikeluarkan dokumen yang ditandatangani.
      • Tidak menuliskan PIN Penggunaan PIN pada KeyBCA mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan perintah tertulis yang ditandatangani oleh Pemegang KeyBCA.

A. DEFINISI

  1. BCA adalah PT Bank Central Asia Tbk.
  2. BCA KlikPay adalah fasilitas yang disediakan oleh BCA untuk memproses pembayaran atas Transaksi melalui situs BCA KlikPay.
  3. Akun BCA KlikPay adalah akun yang diperoleh Pengguna BCA KlikPay setelah melakukan registrasi BCA KlikPay dan aktivasi Jenis Pembayaran.
  4. Jenis Pembayaran adalah pilihan cara pembayaran Transaksi yang terdiri dari pembayaran melalui KlikBCA Individu dan atau Kartu Kredit BCA.
  5. Kartu Kredit BCA adalah kartu kredit BCA yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran Transaksi melalui BCA KlikPay yang akan ditentukan dari waktu ke waktu oleh BCA. Untuk saat ini Kartu Kredit BCA yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran Transaksi adalah BCA Card.
  6. Kode Aktivasi adalah kombinasi kode yang dikirimkan oleh sistem BCA ke alamat e-mail dan nomor telepon selular (handphone) yang didaftarkan oleh Pengguna BCA KlikPay pada situs BCA KlikPay untuk melakukan aktivasi Jenis Pembayaran.
  7. Pengguna BCA KlikPay adalah nasabah pemegang User ID KlikBCA Individu dan atau pemegang Kartu Kredit BCA yang telah memiliki Akun BCA KlikPay.
  8. Merchant adalah pengusaha yang menjual/menawarkan produk dan atau jasanya melalui situs yang menerima pembayaran melalui BCA KlikPay.
  9. One Time Password atau OTP adalah kode sandi yang bersifat unik yang dihasilkan oleh sistem BCA dan dikirimkan dalam bentuk Short Message Service (SMS) ke telepon selular (handphone) Pengguna BCA KlikPay yang telah terdaftar di BCA KlikPay untuk melakukan transaksi tertentu di situs BCA KlikPay.
  10. Transaksi adalah transaksi elektronik pembelian produk dan atau jasa yang dilakukan oleh Pengguna BCA KlikPay melalui situs Merchant yang bekerja sama dengan BCA.

B. REGISTRASI BCA KLIKPAY DAN AKTIVASI JENIS PEMBAYARAN

  1. Untuk dapat memperoleh Akun BCA KlikPay calon Pengguna BCA KlikPay wajib melakukan registrasi BCA KlikPay dan aktivasi Jenis Pembayaran.
  2. Pada saat registrasi BCA KlikPay, calon Pengguna BCA KlikPay wajib:
    1. memasukkan antara lain:
      1. alamat e-mail yang masih aktif. Jika Jenis Pembayaran yang akan dipilih adalah KlikBCA Individu, maka calon Pengguna BCA KlikPay wajib memasukkan alamat e-mail yang terdaftar pada KlikBCA Individu;
      2. kata sandi (Password ); dan
      3. nomor telepon seluler (handphone) yang masih aktif. Jika Jenis Pembayaran yang akan dipilih adalah Kartu Kredit BCA, calon Pengguna BCA KlikPay wajib memasukkan nomor telepon seluler (handphone) yang tercatat pada database pemegang Kartu Kredit BCA.
    2. memilih Jenis Pembayaran yang akan dihubungkan pada Akun BCA KlikPay, dengan ketentuan:
      1. Untuk Jenis Pembayaran melalui KlikBCA Individu, fasilitas KlikBCA dan KeyBCA calon Pengguna BCA KlikPay harus aktif atau tidak terblokir;
      2. Untuk Jenis Pembayaran melalui Kartu Kredit BCA, Kartu Kredit BCA calon Pengguna BCA KlikPay valid, masih aktif, atau tidak terblokir.
  3. BCA tidak akan memproses registrasi BCA KlikPay apabila tidak memenuhi ketentuan tersebut di atas atau karena sebab-sebab lainnya sesuai kebijakan BCA.
  4. Calon Pengguna BCA KlikPay bertanggung jawab sepenuhnya atas segala akibat yang timbul atas penyalahgunaan data yang didaftarkan pada saat registrasi BCA KlikPay.
  5. Setelah registrasi BCA KlikPay berhasil diproses, calon Pengguna BCA KlikPay wajib melakukan aktivasi sesuai Jenis Pembayaran yang dipilih dengan memasukkan Kode Aktivasi.
  6. Aktivasi BCA KlikPay dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Aktivasi Jenis Pembayaran KlikBCA Individu dilakukan melalui https://ibank.klikbca.com pada menu Administrasi - Aktivasi BCA KlikPay. Apabila User ID KlikBCA Individu Pengguna BCA KlikPay terhubung dengan lebih dari 1 (satu) rekening, maka Pengguna BCA KlikPay harus memilih rekening yang akan didebet untuk pembayaran Transaksi.
    2. Aktivasi Jenis Pembayaran Kartu Kredit BCA dilakukan melalui situs BCA KlikPay yaitu https://klikpay.klikbca.com pada menu Administrasi - Aktivasi BCA KlikPay.
  7. Pengguna BCA KlikPay dapat mengubah, menambah, atau menghapus Jenis Pembayaran yang telah diaktivasi sebelumnya melalui situs BCA KlikPay.

C. PEMBAYARAN

  1. Setelah selesai melakukan Transaksi dan memilih BCA KlikPay sebagai metode pembayaran, maka Pengguna BCA KlikPay akan diarahkan ke situs BCA KlikPay untuk proses pembayaran Transaksi.
  2. Untuk dapat melakukan pembayaran melalui situs BCA KlikPay, Pengguna BCA KlikPay wajib melakukan login atas Akun BCA KlikPay dengan memasukkan alamat e-mail dan Password yang telah didaftarkan.
  3. Pada saat melakukan pembayaran Transaksi, Pengguna BCA KlikPay harus mengaktifkan telepon selular (handphone) yang terdaftar di BCA KlikPay untuk keperluan pengiriman OTP.
  4. BCA tidak menjamin atau tidak wajib memeriksa keabsahan data Transaksi yang diterima dari Merchant.
  5. Pengguna BCA KlikPay wajib memeriksa data Transaksi yang ditampilkan di SMS dan situs BCA KlikPay sebelum melakukan pembayaran Transaksi. Pembayaran Transaksi yang telah diproses BCA tidak dapat dibatalkan. Segala akibat yang timbul sehubungan dengan dijalankannya pembayaran Transaksi menjadi tanggung jawab Pengguna BCA KlikPay sepenuhnya.
  6. Pembayaran akan dilakukan dalam mata uang rupiah (IDR).
  7. Pengguna BCA KlikPay wajib memastikan bahwa saldo dalam rekening Pengguna BCA KlikPay mencukupi (untuk Jenis Pembayaran KlikBCA Individu) atau limit Kartu Kredit BCA mencukupi (untuk Jenis Pembayaran Kartu Kredit BCA) sebelum melakukan pembayaran.
  8. BCA berhak untuk menolak pembayaran Transaksi melalui BCA KlikPay antara lain apabila:
    1. data yang di-input Pengguna BCA KlikPay tidak valid;
    2. KlikBCA Individu, Kartu Kredit BCA, dan atau Kartu PASPOR BCA milik Pengguna BCA KlikPay yang terkoneksi dengan rekening Pengguna BCA KlikPay yang didaftarkan pada BCA KlikPay tidak dapat digunakan untuk bertransaksi sesuai ketentuan yang berlaku di BCA;
    3. rekening sumber dana yang terdaftar pada BCA KlikPay dormant atau terblokir;
    4. saldo rekening sumber dana yang terdaftar pada BCA KlikPay tidak mencukupi;
    5. limit Kartu Kredit BCA Pengguna BCA KlikPay tidak mencukupi;
    6. limit harian Transaksi Akun BCA KlikPay tidak mencukupi;
    7. Transaksi melampaui limit yang ditentukan Merchant;
    8. Jenis Pembayaran yang dipilih untuk melakukan Transaksi tidak diterima oleh Merchant.
  9. BCA akan mengirimkan notifikasi pembayaran Transaksi yang telah diproses BCA ke alamat e-mail  Pengguna BCA KlikPay.
  10. Limit pembayaran Transaksi per Akun BCA KlikPay adalah minimal sebesar Rp 10.000,00 (sepuluh ribu rupiah) dan maksimal sebesar Rp 100.000.000,00 (seratus juta rupiah) per hari. Keberlakuan limit dimaksud tetap memperhatikan:
    1. pembatasan nilai nominal Transaksi; 
    2. ketersediaan saldo di rekening sumber dana pembayaran Transaksi atau limit Kartu Kredit BCA yang digunakan untuk melakukan pembayaran Transaksi.
  11. BCA atas pertimbangannya sendiri berhak untuk setiap saat mengubah limit pembayaran Transaksi tersebut di atas, perubahan mana akan diberitahukan oleh BCA kepada Pengguna BCA KlikPay dalam bentuk dan melalui sarana apapun.
  12. Transaksi dapat dibayar lunas (non cicilan) atau dengan cara cicilan sesuai dengan metode pembayaran yang disediakan oleh Merchant .
  13. Pembayaran dengan cara cicilan hanya dapat dilakukan dengan menggunakan Kartu Kredit BCA.
  14. Transaksi yang dilakukan pada satu sesi internet dapat dibayar lunas dengan menggunakan hanya satu Jenis Pembayaran yang tersedia.

D. PEMBUKTIAN

  1. Pengguna BCA KlikPay menyetujui bahwa setiap data dan instruksi yang dikirimkan oleh Pengguna BCA KlikPay yang tersimpan dalam database BCA dalam bentuk apapun dan komunikasi yang ditransmisi secara elektronik antara BCA dan Pengguna BCA KlikPay merupakan data yang benar dan merupakan alat bukti yang sah atas instruksi dari Pengguna BCA KlikPay kepada BCA meskipun tidak dibuat dokumen tertulis ataupun dikeluarkan dokumen yang ditandatangani, kecuali Pengguna BCA KlikPay dapat membuktikan sebaliknya.
  2. Pengguna BCA KlikPay menyetujui bahwa setiap instruksi yang diterima dan berhasil diproses oleh BCA merupakan instruksi yang sah dari Pengguna BCA KlikPay. BCA tidak berkewajiban untuk melakukan verifikasi apakah pihak yang memberikan instruksi adalah Pengguna BCA KlikPay yang benar, menilai atau membuktikan ketepatan maupun kelengkapan instruksi dimaksud. Setiap instruksi yang diterima oleh BCA tersebut sah mengikat dan menjadi tanggung jawab Pengguna BCA KlikPay sepenuhnya, kecuali Pengguna BCA KlikPay dapat membuktikan sebaliknya.

E. KEAMANAN AKUN BCA KLIKPAY DAN DATA PENGGUNA BCA KLIKPAY

  1. Pengguna BCA KlikPay wajib menjaga keamanan Akun BCA KlikPay antara lain dengan cara:
    1. Tidak memberitahukan Password,  Kode Aktivasi, dan OTP kepada orang lain untuk mendapatkan hadiah atau untuk tujuan apapun termasuk kepada anggota keluarga, sahabat, karyawan BCA, dan atau Merchant .
    2. Tidak menuliskan Password,  Kode Aktivasi, dan OTP pada meja, terminal atau menyimpannya dalam bentuk tertulis atau pada aplikasi komputer atau handphone atau sarana penyimpanan lainnya yang memungkinkan untuk diketahui oleh orang lain.
    3. Password,  Kode Aktivasi, dan OTP harus digunakan dengan hati-hati agar tidak terlihat oleh orang lain.
    4. Tidak menggunakan Password  yang diberikan oleh orang lain atau yang mudah diterka seperti tanggal lahir atau kombinasinya, nomor telepon, dan nama Pengguna BCA KlikPay.
    5. Menggunakan komputer atau perangkat elektronik pribadi dalam mengakses BCA KlikPay.
  2. Jika Pengguna BCA KlikPay sudah tidak menggunakan alamat e-mail atau nomor telepon selular (handphone) yang sebelumnya didaftarkan pada saat registrasi BCA KlikPay, Pengguna BCA KlikPay wajib menutup Akun BCA KlikPay untuk menghindari potensi kerugian bagi Pengguna BCA KlikPay yang timbul akibat penyalahgunaan alamat e-mail dan nomor handphone Pengguna BCA KlikPay. Segala transaksi yang dilakukan sebelum Pengguna BCA KlikPay menutup Akun BCA KlikPay menjadi tanggung jawab Pengguna BCA KlikPay sepenuhnya. Untuk dapat kembali menggunakan BCA KlikPay, Pengguna BCA KlikPay wajib melakukan registrasi ulang.
  3. Jika Pengguna BCA KlikPay menduga Password-nya telah diketahui oleh orang lain, Pengguna BCA KlikPay wajib segera mengganti Password pada situs BCA KlikPay. Segala akibat yang timbul sehubungan dengan tidak dilakukannya penggantian Password dimaksud menjadi tanggung jawab Pengguna BCA KlikPay sepenuhnya.
  4. Penggantian atau pembuatan Password baru dapat dilakukan oleh Pengguna BCA KlikPay pada situs BCA KlikPay. Selanjutnya BCA akan mengirimkan email yang memuat link untuk keperluan penggantian atau pembuatan Password baru ke alamat email Pengguna BCA KlikPay yang terdaftar pada BCA KlikPay. Pengguna BCA KlikPay wajib untuk segera mengakses link yang diberikan BCA tersebut untuk melakukan pembuatan Password baru dalam jangka waktu yang ditentukan BCA.
  5. Pengguna BCA KlikPay bertanggung jawab sepenuhnya atas segala instruksi yang dilakukan dengan menggunakan data alamat e-mail, Password, dan OTP yang diproses BCA sebelum Pengguna BCA KlikPay menutup Akun BCA KlikPay. Dengan ini Pengguna BCA KlikPay membebaskan BCA dari segala macam tuntutan, gugatan, dan atau tindakan hukum lainnya dari pihak manapun terkait dengan dijalankannya instruksi dimaksud.
  6. BCA berhak untuk tidak mengirimkan Kode Aktivasi atau OTP apabila Pengguna BCA KlikPay salah memasukkan Kode Aktivasi atau OTP sampai jumlah tertentu.
  7. Demi keamanan Pengguna BCA KlikPay, BCA berhak untuk memblokir Akun BCA KlikPay, rekening Pengguna BCA KlikPay, dan atau Kartu Kredit BCA Pengguna BCA KlikPay apabila Pengguna BCA KlikPay salah memasukkan data sampai dengan jumlah tertentu.
  8. OTP yang dikirimkan BCA hanya dapat digunakan untuk 1 (satu) kali transaksi selama sesi internet atas transaksi dimaksud berlangsung. Setelah OTP digunakan atau sesi dimaksud berakhir, OTP yang telah dikirimkan sebelumnya tidak dapat digunakan kembali. Jika Pengguna BCA KlikPay hendak mengulang transaksi dimaksud, Pengguna BCA KlikPay wajib memasukkan OTP yang baru.

F. PEMBLOKIRAN AKUN BCA KLIKPAY

  1. Akun BCA KlikPay akan diblokir antara lain jika Pengguna BCA KlikPay salah memasukkan OTP sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut pada saat melakukan pembayaran Transaksi.
  2. Pembukaan pemblokiran Akun BCA KlikPay dapat dilakukan oleh Pengguna BCA KlikPay dengan menghubungi Halo BCA.

G. E-MAIL  dan NOMOR HANDPHONE 

  1. Alamat e-mail yang didaftarkan oleh Pengguna BCA KlikPay pada saat registrasi BCA KlikPay akan digunakan oleh BCA untuk mengirim informasi atas pembayaran Transaksi, Kode Aktivasi yang telah dilakukan oleh Pengguna BCA KlikPay melalui BCA KlikPay, dan notifikasi lainnya terkait dengan transaksi yang dilakukan melalui BCA KlikPay.
  2. Nomor telepon selular (handphone) yang didaftarkan oleh Pengguna BCA KlikPay pada saat registrasi BCA KlikPay akan digunakan oleh BCA untuk mengirim Kode Aktivasi dan OTP.
  3. Pengguna BCA KlikPay akan dikenakan biaya Short Message Service (SMS) oleh operator telepon selular (handphone) setiap kali menerima informasi Transaksi, Kode Aktivasi, OTP, dan atau informasi lainnya yang dikirimkan oleh BCA ke nomor telepon selular (handphone) Pengguna BCA KlikPay. Besarnya biaya SMS beragam tergantung kebijakan masing-masing operator telepon selular (handphone).
  4. BCA tidak bertanggung jawab atas kebenaran alamat e-mail maupun nomor telepon selular (handphone) yang didaftarkan oleh Pengguna BCA KlikPay.
  5. Pengguna BCA KlikPay bertanggung jawab sepenuhnya atas segala akibat yang timbul sehubungan dengan:
    1. pengiriman informasi Transaksi, Kode Aktivasi dan atau OTP ke alamat e-mail dan atau nomor telepon selular (handphone) dan pengiriman informasi lainnya terkait dengan penggunaan BCA KlikPay ke alamat e-mail yang didaftarkan oleh Pengguna BCA KlikPay;
    2. kegagalan pengiriman informasi Transaksi, Kode Aktivasi dan atau OTP ke alamat e-mail dan atau nomor telepon selular (handphone) maupun kegagalan pengiriman informasi lainnya terkait dengan penggunaan BCA KlikPay ke alamat e-mail yang didaftarkan oleh Pengguna BCA KlikPay yang bukan disebabkan kesalahan BCA.
  6. BCA tidak menjamin keamanan informasi atau data yang dikirim oleh BCA melalui alamat e-mail  lain selain alamat e-mail  yang ditentukan oleh BCA yang akan diberitahukan oleh BCA dari waktu ke waktu.
  7. BCA tidak bertanggung jawab atas kerahasiaan dan atau penyalahgunaan segala informasi dan atau data yang dikirim oleh BCA terkait dengan setiap transaksi yang dilakukan melalui BCA KlikPay setelah informasi dan atau data tersebut dikirimkan keluar dari sistem BCA.

H. PENDEBETAN REKENING DAN PEMBEBANAN KARTU KREDIT

  1. BCA berhak untuk membebankan biaya atas penggunaan BCA KlikPay oleh Pengguna BCA KlikPay.
  2. BCA berhak atas pertimbangannya sendiri untuk sewaktu-waktu mengubah dan atau menambah biaya-biaya yang dibebankan kepada Pengguna BCA KlikPay yang akan diberitahukan kepada Pengguna BCA KlikPay dalam bentuk dan melalui sarana apapun.
  3. Pengguna BCA KlikPay dengan ini memberikan kuasa kepada BCA untuk mendebet rekening Pengguna BCA KlikPay di BCA dan atau membebankan tagihan Kartu Kredit BCA Pengguna BCA KlikPay untuk keperluan pemrosesan Transaksi yang dilakukan oleh Pengguna BCA KlikPay serta untuk pemenuhan kewajiban-kewajiban Pengguna BCA KlikPay lainnya yang timbul sehubungan dengan Transaksi dan atau penggunaan BCA KlikPay oleh Pengguna BCA KlikPay, yang cukup dibuktikan antara lain dengan invoice, bukti pengiriman, atau log Transaksi.
  4. Kuasa sebagaimana tersebut di atas tidak dapat berakhir karena alasan apapun termasuk karena alasan-alasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata selama Pengguna BCA KlikPay masih memiliki kewajiban kepada BCA terkait dengan Transaksi dan penggunaan BCA KlikPay oleh Pengguna BCA KlikPay.

I. PENGAKHIRAN PENGGUNAAN BCA KLIKPAY

Penggunaan BCA KlikPay berakhir antara lain jika:

  1. Pengguna Akun BCA KlikPay melakukan penutupan Akun BCA KlikPay;
  2. Akun BCA KlikPay ditutup oleh BCA atas pertimbangan tertentu;
  3. Atas pertimbangan tertentu BCA menghentikanpemberian BCA KlikPay;
  4. Adanya ketentuan hukum yang membatasi dan atau melarang pemberian BCA KlikPay.

J. FORCE MAJEURE 

BCA tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang timbul sehubungan keterlambatan dan atau tidak dapat dilaksanakannya instruksi dari Pengguna BCA KlikPay oleh BCA baik sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan BCA (force majeure), termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, perang, huru-hara, tidak berfungsinya peralatan dan sistem, gangguan pada transmisi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, dan kebijakan pemerintah. Pengguna BCA KlikPay dengan ini membebaskan BCA dari segala tuntutan, gugatan, dan atau tindakan hukum lainnya terkait dengan keterlambatan dan atau tidak dapat dilaksanakannya instruksi Pengguna BCA KlikPay yang disebabkan karena peristiwa force majeure.

L. LAIN-LAIN

  1. Pengguna BCA KlikPay memahami sepenuhnya bahwa:
    1. produk dan atau jasa yang pembayarannya dilakukan melalui situs BCA KlikPay bukan merupakan produk dan atau jasa BCA. Segala sesuatu yang berkaitan dengan produk dan jasa yang ditawarkan melalui situs Merchant seperti kualitas, harga, penyerahan dan pengiriman produk dan jasa merupakan tanggung jawab Merchant sepenuhnya. Segala perselisihan yang timbul sehubungan dengan Transaksi adalah di luar tanggung jawab BCA dan wajib diselesaikan oleh Pengguna BCA KlikPay dengan Merchant.
    2. Kebenaran informasi yang tercantum pada situs Merchant merupakan tanggung jawab Merchant sepenuhnya.
  2. Pengguna BCA KlikPay dengan ini membebaskan BCA dari segala macam tuntutan, gugatan, atau tindakan hukum lainnya dalam bentuk apapun dan dari pihak manapun termasuk dari Pengguna BCA KlikPay sendiri terkait dengan produk dan atau jasa yang ditawarkan melalui situs Merchant.
  3. Pengguna BCA KlikPay telah memahami sepenuhnya isi dari Syarat dan Ketentuan BCA KlikPay PT Bank Central Asia Tbk ini ("Syarat dan Ketentuan").
  4. BCA setiap saat berhak untuk mengubah, melengkapi atau mengganti Syarat dan Ketentuan ini yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Pengguna BCA KlikPay dalam bentuk dan melalui sarana apapun.
  5. Dengan menggunakan BCA KlikPay, Pengguna BCA KlikPay setuju untuk tunduk dan terikat pada Syarat dan Ketentuan, Kebijakan Privasi dan Pengamanan, maupun prosedur lainnya yang berlaku di BCA yang mengatur mengenai pemberian BCA KlikPay, termasuk setiap perubahan Syarat dan Ketentuan, Kebijakan Privasi dan Pengamanan, maupun prosedur yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Pengguna BCA KlikPay dalam bentuk dan melalui sarana apapun.
  6. Apabila timbul perselisihan sehubungan dengan penafsiran dan pelaksanaan dari Syarat dan Ketentuan ini, BCA dan Pengguna BCA KlikPay sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dimaksud secara musyawarah untuk mencapai mufakat.
  7. Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah, BCA dan Pengguna BCA KlikPay dengan ini sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dimaksud melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dengan tidak mengurangi hak BCA untuk mengajukan gugatan atau tuntutan melalui Pengadilan Negeri lainnya dalam wilayah Republik Indonesia.