Edukatips - Total Value KPR BCA

Banyak diantara kita yang ingin memiliki rumah pribadi tetapi merasa bingung karena saat ini banyak bank yang menawarkan promo bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk nasabah yang ingin membeli rumah pribadi dengan cara dicicil. Dengan banyaknya penawaran KPR yang ditawarkan masing-masing bank, kita harus pintar-pintar mengetahui dan memilih produk KPR mana yang memberikan total value yang maksimal. 

Menghitung Total Value sebuah Produk

Untuk menghitung total value sebuah produk kita harus me-list beberapa benefit yang kita dapatkan dan cost yang perlu kita keluarkan atau relakan. Benefit dan cost disini tidak melulu diukur dari nilai uang yang kita keluarkan (functional), tetapi juga dari sisi emosional yang kita rasakan (emotional).

Total benefit terdiri dari 2 jenis yaitu functional benefit dan emotional benefit. Contoh dari functional benefit seperti bunga yang dibayarkan, besarnya DP, cara pembayaran, dll. Sedangkan contoh dari emotional benefit antara lain tentang pelayanan yang diberikan, kepercayaan (trust) terhadap kinerja bank yang menawarkan produk KPR, dan lain sebagainya. Kredibilitas sebuah bank, layanan cepat, dan teknologi yang diberikan agar kita bisa mengetahui simulasi kredit / perkembangan outstanding kredit kita, adalah aspek-aspek yang dapat meningkatkan sebuah emotional benefit.

Total cost terdiri dari 2 jenis yaitu functional cost dan emotional cost. Contoh dari functional cost misalnya bunga floating yang tinggi dan naik terus tiap bulannya, ketika pelunasan dipercepat biaya pinalti dan biaya adminnya selangit. Sedangkan emotional cost misalnya pelayanan yang buruk, informasi yang tidak transparan, bank yang tidak bonafide, dll.

Dari list yang sudah kita buat, selanjutnya kita dapat menghitung Total Value untuk menilai produk KPR yang terbaik. Untuk menghitung Total Value kita dapat menjumlahkan Total Benefit dikurangi dengan Total Cost yang dikeluarkan. 

Program KPR BCA

BCA hadir menawarkan program KPR dengan segudang manfaat dan kemudahan yang diberikan. Apabila Anda mengajukan KPR di BCA, Anda dapat memilih suku bunga dan fitur sesuai dengan kebutuhan Anda dengan angsuran yang ringan dan suku bunga floating yang relative rendah dan juga stabil. Selain itu, apabila Anda melunasi kredit Anda di tengah jangka waktu kredit (pelunasan dipercepat), Anda bisa terbebas dari penalti (kecuali untuk suku bunga dalam masa Fix 3 tahun, 5 tahun, Fix & Cap). Dengan KPR BCA kenaikan suku bunga Fix & Cap terkendali karena setelah masa fix, suku bunga tidak melebihi suku bunga Cap. Anda juga dapat melakukan Top Up pinjaman dengan jaminan yang sama dengan pinjaman pertama selama ketentuan LTV (Loan to Value) masih mencukupi. Tak ketinggalan, BCA juga bank terpercaya yang banyak bekerjasama dengan berbagai developer dan broker terpercaya.

Jadi, tunggu apalagi? Dapatkan rumah pribadi impian Anda dengan KPR BCA!

Cek Promo KPR Special HUT BCA di sini

  Share biar yang lain tahu


Simak Edukatips Lainnya