Back to Pressroom
26 Apr 2022

Sambut Idulfitri 1443H bersama BCA #LahirBatinReady

Jakarta, 26 April 2022 – Momentum menyambut Hari Raya Idulfitri 2022 terasa berbeda setelah pemerintah memberikan kelonggaran bagi masyarakat Indonesia yang ingin melakukan mudik setelah hampir dua tahun Pandemi melanda. Sebagai salah satu perbankan nasional, PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) senantiasa menjaga komitmennya untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh nasabah di periode libur Lebaran kali ini. Berikut penyesuaian operasional kantor cabang BCA selama libur Idulfitri 2022:

Tanggal Keterangan

29 April

LIBUR – Cabang tidak beroperasi

30 April

Weekend Banking beroperasi di cabang tertentu *

1-3 Mei 2022

LIBUR – Cabang tidak beroperasi

4-5 Mei 2022

Beroperasi di cabang tertentu *

6-8 Mei 2022

LIBUR – cabang tidak beroperasi

9 Mei 2022

Seluruh cabang beroperasi normal

* Melayani semua transaksi kecuali Valuta Asing, SKNBI & RTGS

Kendati operasional sejumlah cabang disesuaikan, nasabah tetap dapat melakukan transaksi dengan maksimal melalui berbagai channel electronic banking BCA seperti BCA mobile, internet banking (KlikBCA), serta akses terhadap 18.050 jaringan ATM BCA. Sementara itu, bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi setoran atau tarikan uang tunai dapat menggunakan 11.568 unit mesin ATM Setor Tarik BCA yang telah tersebar di berbagai lokasi. Nasabah juga dapat memanfaatkan fasilitas Tarik Tunai Tanpa Kartu yang dapat diakses melalui BCA mobile dan Sakuku.

Untuk transaksi B2B Pertamina tetap dapat dilayani pada 30 April dan 4-5 Mei pukul 09.00 hingga 14.00 di BCA KCU Semarang, BCA KCU Medan, BCA KCU Palembang, BCA KCU Madiun, BCA KCU Matraman, dan BCA KCU Blitar. Sementara itu, untuk pemenuhan pembayaran fasilitas kredit yang jatuh tempo di masa hari libur Idulfitri, nasabah diharapkan menyediakan dana di rekening autodebet sebelum 29 April 2022.

Selama momen Idulfitri, BCA telah mempersiapkan uang tunai untuk mengantisipasi kenaikan permintaan masyarakat terhadap uang tunai. “Kami menyediakan uang tunai sebesar Rp58,12 triliun untuk Lebaran tahun ini, meningkat 7% dibandingkan tahun 2021. Hal ini untuk mengantisipasi kenaikan permintaan masyarakat terhadap uang tunai untuk keperluan Lebaran,” kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja.

Untuk memudahkan nasabah mengakses layanan contact center Halo BCA, masyarakat dapat mengunduh aplikasi haloBCA yang telah tersedia di PlayStore dan AppStore. Nantinya nasabah dapat mengubungi Halo BCA kapan pun dan di mana pun, termasuk dari luar negeri atau pelosok negeri, tanpa harus khawatir kehabisan pulsa. Sebab, aplikasi haloBCA dilengkapi fitur VoIP Call yang berbasis internet sehingga tidak akan menyedot pulsa telepon.

Selain mengunduh aplikasi haloBCA, nasabah juga tetap dapat mengakses contact center Halo BCA melalui nomor 1500888 atau WhatsApp Halo BCA 0811 1500 998 atau twitter @HaloBCA yang ada centang birunya. Nasabah diharapkan untuk tetap berhati-hati dengan modus penipuan yang mengatasnamakan BCA, dengan tidak memberikan data yang bersifat rahasia seperti Personal Identification Number (PIN), One Time Password (OTP), response KeyBCA atau Card Verification Code/Card Verification Value (CCV/CVV). Petugas BCA tidak pernah meminta data rahasia tersebut kepada nasabah.

“Pada perayaan Idulfitri tahun ini, masyarakat Indonesia diajak untuk kembali ke kehidupan normal. Meski masih ada sejumlah pembatasan dan protokol kesehatan yang harus kita taati, keadaan ini harus tetap disambut dengan penuh rasa syukur. Sebagai perbankan nasional, BCA akan terus senantiasa hadir untuk memberikan pelayanan terbaik di masa libur Idulfitri tahun ini melalui #LahirBatinReady,” papar Jahja.

Program #LahirBatinReady turut melengkapi perayaan lebaran bersama BCA. Program ini menghadirkan sejumlah penawaran istimewa seperti diskon di merchant food & beverages, e-commerce dan groceries. Nasabah dapat menemukan ragam program menarik dengan diskon hingga 50% untuk menyemarakkan perayaan Idulfitri tahun ini di https://www.bca.co.id/ramadanready.

Menemani Idulfitri dengan menjalankan berbagai tradisi yang ada juga dapat dilakukan melalui beragam fitur menarik BCA. Sejumlah fitur dari BCA yang dapat dimanfaatkan selama merayakan lebaran, antara lain:

  • BagiBagi, nasabah dapat dengan mudah mengirimkan uang THR dengan jumlah tertentu dalam waktu yang bersamaan melalui fitur BagiBagi, dan dapat memilih design kartu ucapan.
  • QRIS, nasabah dapat memanfaatkan dengan maksimal fitur QRIS untuk bertransaksi seperti untuk transaksi di merchant food & beverages maupun e-commerce.
  • BCA Lifestyle, nasabah dapat memanfaatkan fitur ini untuk melakukan pembayaran Zakat hingga bertransaksi kebutuhan sehari-hari, termasuk pembelian voucher game.
  • Flazz, nasabah dapat memanfaatkan fitur Flazz untuk mengisi ulang Flazz di mana pun berada, sehingga tidak perlu khawatir kehabisan saldo saat membayar tol.

Dalam momentum yang penuh kehangatan dan keberkahan ini, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mewakili Dewan Komisaris, Direksi dan karyawan Grup BCA mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1443 H. “Kami mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1443 H. Mohon maaf lahir dan batin,” tutup Jahja.

Nasabah dapat mendapatkan informasi terkait dengan:

  • Daftar cabang beroperasi periode libur Idulfitri 2022, klik di sini
  • Lokasi ATM dan Cabang BCA, klik di sini
  • Lokasi cabang Weekend Banking, klik di sini
  • Informasi Halo BCA Chat, klik di sini

Informasi selengkapnya dapat menghubungi layanan 24 jam Halo BCA di telepon 1500888 atau ketik #halobca melalui Whatsapp di 0811 1500 998 dan Halo BCA Chat di www.bca.co.id.

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2022)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Maret 2022, BCA melayani sekitar 30 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 60 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.241 kantor cabang, 18.050 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan Bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat & Komunikasi Perusahaan
Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Related Activities

Hubungi Biro Humas BCA